Mengenal Apa Itu Aplikasi Clubhouse serta Cara Menggunakannya 

Sumber: unsplash.com

Aplikasi Clubhouse adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk terlibat dalam percakapan pada topik tertentu. Meskipun masih terbilang baru, aplikasi yang dikembangkan oleh Paul Davison & Rohan Seth ini telah banyak digunakan oleh orang-orang hebat dari seluruh dunia. Bagaimana dengan Anda?

Seperti yang sudah kita ketahui, aplikasi Clubhouse sedang menjadi trend dan banyak orang yang membicarakannya. Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang tertarik dengan aplikasi ini dan ingin mengetahui bagaimana cara kerjannya.

Secara sekilas, pengguna aplikasi Clubhouse akan seperti sedang mendengarkan sebuah podcast yang membahas sebuah topik ketika menggunakannya. Perbedaannya, podcast tersebut dilakukan secara live dan Anda dapat terlibat di dalamnya.

Jadi, sebenarnya apa itu aplikasi Clubhouse? Bagaimana cara kerjanya ? Berikut kami sediakan informasinya untuk Anda.

Apa itu Aplikasi Clubhouse?

Aplikasi Clubhouse adalah media sosial untuk obrolan audio. Anda dapat membuat atau bergabung dengan room yang memungkinkan Anda untuk bisa mengobrol dengan orang lain melalui panggilan konferensi yang besar. Di dalam aplikasi ini, Anda tidak akan menemukan video, gambar, ataupun teks. Jadi, pengguna hanya akan fokus pada suara audio saja. 

Proses pengembangan aplikasi Clubhouse dilakukan pada tahun 2020 oleh pengusaha Silicon Valley Paul Davison dan Rohan Seth. Ketika mengembangkan aplikasi ini, mereka ingin menciptakan pengalaman sosial yang berfokus pada koneksi, pembelajaran, dan percakapan otentik. Mereka juga ingin menciptakan aplikasi yang dapat memperdalam persahabatan serta memberikan pengalaman bertemu orang baru dan terpelajar.

Aplikasi ini menjadi populer dan tenar setelah kemunculan Elon Musk yang mengadakan sesi obrolan dengan CEO Robinhood Vlad Tenev. 

Perlu diketahui, sampai saat ini, aplikasi Clubhouse baru tersedia untuk pengguna iOS. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika dalam beberapa waktu kedepan, aplikasi Clubhouse juga akan dikembangkan untuk pengguna Android. 

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Clubhouse?

Hal pertama yang perlu diketahui adalah Clubhouse bersifat khusus undangan. Jadi, Anda hanya bisa menggunakannya ketika Anda mendapatkan undangan dari pengguna Clubhouse yang sudah ada. 

Pengguna yang sudah ada harus mengirim undangan dari aplikasi dalam bentuk link yang memungkinkan pengguna baru masuk. Link tersebut akan dikirimkan melalui SMS. Sampai saat ini, belum ada cara lain untuk dapat menggunakannya selain melalui undangan. Meskipun demikian, pihak pengembang Clubhouse sudah menginformasikan bahwa mereka akan menyelesaikan aplikasi pada tahap beta dan membuka Clubhouse untuk umum.

Jika Anda adalah pengguna iPhone, Anda dapat mengunduh aplikasi Clubhouse dan mendaftarkan nama pengguna Anda. Setelah itu, Anda akan masuk ke dalam waiting list. Anda baru bisa bergabung dengan aplikasi Clubhouse setelah ada seseorang yang sudah bergabung sebelumnya memberikan undangan kepada Anda untuk masuk. Untuk saat ini, pengguna aplikasi Clubhouse akan memperoleh kesempatan untuk mengundang 1-2 orang untuk bisa masuk.

Baca Juga: Apa Itu Shadowban di Instagram? Bagaimana Cara Mengatasinya?

clubhouse app
Sumber: joinclubhouse.com

Bagaimana Cara Bergabung dengan Room?

Ketika Anda akhirnya mendapatkan akses, aplikasi ini menawarkan room yang penuh dengan topik percakapan yang menarik untuk diikuti. Terdapat topik yang membicarakan olahraga, teknologi, dan lain-lain.

Jadi, setelah Anda mendapat undangan untuk masuk ke dalam aplikasi, Anda akan diminta untuk memilih orang atau topik yang ingin Anda ikuti. Kemudian, berdasarkan topik yang Anda pilih tersebut, Anda dapat menelusuri daftar diskusi yang sedang berlangsung ataupun diskusi yang akan datang.

Di dalam aplikasi ini, Anda dapat melihat chat rooms yang dipandu oleh berbagai pengguna yang berbeda mulai dari selebritis, politisi, sampai businessman. Jadi, jangan kaget jika Anda akan berada di dalam satu room yang sama dengan orang-orang terkenal di dunia. Setelah Anda mengetahui room mana yang ingin Anda dengarkan, Anda dapat mengetuk “Join Room” untuk masuk room tersebut. Anda juga bisa menekan tombol “Leave quietly” untuk meninggalkan room secara diam-diam.

Di dalam room tersebut, Anda dapat terlibat dengan topik yang sedang dibahas. Jika Anda ingin mengajukan pertanyaan atau ingin menyampaikan pendapat, ANda dapat menekan emoji raised hand. Ketika diizinkan oleh moderator, Anda dapat berbicara secara langsung. 

Perlu dicatat, bahwa aplikasi ini tidak menyediakan fitur untuk merekam dan menyimpan obrolan audio yang Anda ikuti. Pihak pengembang sengaja melakukan hal tersebut karena ingin menciptakan media yang aman untuk diskusi atau debat tanpa rasa takut jika komentar yang dilontarkan pengguna terekam dan disebarluaskan.

Kontroversi di Aplikasi Clubhouse

Clubhouse telah menerima beberapa laporan penyalahgunaan aplikasi dimana penggunanya dibully dan dilecehkan oleh pengguna lain. Selain itu ada juga laporan dimana rooms chat menjadi kacau karena rasisme. Melihat hal tersebut, pihak ClubHouse berjanji untuk terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan aplikasi mereka.

Baca Juga: Ingin Beriklan di TikTok? Ini Dia Cara Dan Jenis-Jenis TikTok Ads 

Kesimpulan

Aplikasi Clubhouse merupakan media sosial yang berguna untuk mendapatkan berbagai informasi menarik. Anda dapat berdiskusi dengan orang-orang penting di dalamnya. Meskipun demikian, aplikasi ini masih memiliki akses yang terbatas. 

Itu dia penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai aplikasi Clubhouse yang sedang populer saat ini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya ? 

LOGIQUE Digital Indonesia menyediakan jasa pembuatan aplikasi mobile serta digital marketing untuk bisnis Anda. Tertarik dengan layanan kami ? Silakan klik Layanan LOGIQUE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts