4 Aplikasi Absensi Online Terbaik Untuk Produktivitas Karyawan

Salah satu aturan dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) adalah membatasi jumlah karyawan di kantor. Kondisi ini tentu amat menyulitkan divisi HR dalam memantau absensi dan kinerja para karyawan. Karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi absensi online yang dapat digunakan secara fleksibel sehingga mampu memantau kinerja para karyawan meski sedang bekerja di rumah agar tetap produktif.

Seperti diketahui, absensi sangat penting untuk dilakukan agar para karyawan tetap disiplin dan produktif. Selain itu, absensi juga sangat penting untuk melakukan penghitungan cuti, lembur, shift dan berbagai aktivitas karyawan lainnya.

Melihat potensi bisnis yang sangat menggiurkan karena adanya aturan PPKM, membuat banyak perusahaan yang membuat sebuah aplikasi absensi online yang berfungsi untuk melakukan pemantauan produktivitas para karyawan yang kerja dari rumah sekaligus memberikan nilai dari kinerja para karyawan secara transparan.

Manfaat Aplikasi Absensi Online Bagi Karyawan

Aplikasi ini selain bertugas untuk memantau kinerja para karyawan, ternyata mempunyai beberapa manfaat yang tidak Anda sadari, antara lain yaitu:

  • Tingkat kedisiplinan para karyawan meningkat
  • Produktivitas para karyawan menjadi lebih meningkat
  • Sebagai penilaian untuk menentukan nominal gaji yang didapatkan oleh setiap karyawan
  • Tingkat kesadaran dan kepatuhan karyawan terhadap peraturan yang dibuat oleh perusahaan meningkat

Manfaat Absensi Online Bagi Perusahaan

Baca Juga: Dokodemo Kerja : Aplikasi Absensi Karyawan untuk WFH & Kerja Remote

Selain manfaatnya bagi karyawan, aplikasi absensi online juga memberikan kemudahan bagi perusahaan, terutama untuk divisi Human Resources Department. Beberapa manfaat tersebut antara lain yaitu:

Kemudahan dalam proses rekapitulasi kehadiran

Salah satu tugas dan tanggung jawab divisi Human Resources adalah merekapitulasi kehadiran para karyawan, mulai dari data kehadiran hingga keterlambatan. Jika biasanya hal ini dilakukan oleh mesin fingerprint saat seluruh karyawan datang ke kantor, namun bagaimana dengan karyawan yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH)?

Karena itulah dibuat sebuah sistem aplikasi absensi online yang mempunyai tugas dan fungsi yang sama layaknya mesin fingerprint sehingga divisi HRD dapat dengan mudah melakukan pencatatan serta rekapitulasi data secara otomatis dan efisien tanpa perlu menghabiskan waktu untuk mendatanya secara manual.

Transparansi & Realtime

Melalui aplikasi ini, tentunya divisi HRD dapat mengecek kehadiran para karyawan secara realtime dan transparan karena seluruhnya tercatat secara otomatis pada sebuah sistem secara akurat.

Selain itu, aplikasi absensi ini ternyata juga membantu tim personalia untuk melakukan update terbaru secara langsung tanpa perlu memindahkannya secara manual dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Hal ini dikarenakan seluruhnya dapat diakses, baik melalui desktop device maupun mobile device atau smartphone.

Menghitung jam kerja secara akurat

Dengan adanya sistem aplikasi absensi secara online ini tentunya membuat perhitungan jam kerja menjadi semakin akurat dan sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan mengingat banyak oknum karyawan yang memanfaatkan waktu jam kerja tidak sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Menjadi Dasar Penentuan Gaji Karyawan

Melalui sistem aplikasi ini, perusahaan dapat mengetahui karyawan mana saja yang bekerja secara produktif dan mana yang tidak. Dengan melihat hal ini, perusahaan dapat dengan mudah menentukan besaran gaji dari setiap karyawan atau bahkan membuat pembaharuan kesepakatan dengan karyawan dalam hal gaji.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Remote Working Tools untuk Kerja Remote atau WFH

Bukan hanya itu saja, melalui aplikasi ini, perusahaan juga dapat menggaji karyawan secara adil dan transparan sesuai dengan perhitungan jam kerja yang dilakukan oleh masing-masing karyawan.

Menghemat Biaya dan Waktu

Dengan menggunakan sistem aplikasi absensi secara online, perusahaan akan menghemat waktu dan biaya mereka. Bayangkan saja, jika menggunakan mesin fingerprint, perusahaan perlu mengeluarkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit, belum lagi dengan biaya maintenance atau perawatannya.

Sedangkan dengan menggunakan aplikasi atau HR information system, perusahaan tidak perlu lagi repot-repot membeli perangkat dalam jumlah banyak. Perusahaan hanya cukup membeli aplikasi dan menginstalnya sehingga perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya.

Aplikasi Absensi Online Terbaik

Berikut ini adalah beberapa aplikasi absensi online terbaik yang ada di Indonesia dan telah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia, baik yang free maupun yang berbayar serta beberapa detail yang ditawarkan, antara lain yaitu:

LinovHR

Merupakan sebuah aplikasi absensi online yang dibuat oleh Linov Roket Prestasi untuk divisi Human Resource sehingga mempermudah mereka dalam mengelola data absensi serta penggajian karyawan tanpa perlu membebani divisi IT dalam merekapitulasi absensi para karyawan.

LinovHR merupakan sebuah software berbasis cloud dan dirancang khusus untuk memantau berbagai aktivitas harian karyawan hingga memantau lokasi karyawan ketika meeting di luar kantor.

Aplikasi ini telah digunakan di beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia, seperti Advan, ILOTTE, Smartfren, hingga PP Properti.

AbsenKu

Merupakan sebuah aplikasi yang mendukung tugas dan tanggung jawab dari divisi HR yang berfungsi sebagai absensi para karyawan. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik, seperti fitur GPS untuk memantau karyawan yang melakukan meeting hingga fitur check-in dan out yang berfungsi untuk melaporkan kepada perusahaan apakah karyawan telah selesai meeting atau belum.

Baca Juga: Pandemic Edition: Panduan Mengelola Performa Karyawan Saat Work From Home

Hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi AbsenKu adalah fitur untuk membuat laporan berbagai aktivitas yang telah dilakukan oleh karyawan setiap harinya hingga informasi gaji yang didapatkan.

Dokodemo-Kerja

Merupakan sebuah aplikasi absensi online buatan Logique Digital Indonesia, salah satu perusahaan startup asal Jepang yang ada di Indonesia. Melalui aplikasi ini Anda dapat mengetahui secara transparan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh karyawan karena aplikasi memanfaatkan fitur screenshot dengan resolusi rendah.

Melalui fitur ini, perusahaan dapat memantau para karyawan apakah telah bekerja secara maksimal tanpa harus terganggu dengan privasi mereka. Dokodemo-Kerja mempunyai dua model, yaitu sistem berbasis web dan aplikasi yang dapat dengan mudah Anda instal melalui aplikasi Google Play Store.

Talenta

Diantara banyak aplikasi HRIS lainnya, Talenta merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan paling populer di Indonesia. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah hadirnya fitur GPS, fitur manajemen payroll, hingga database karyawan dengan menggunakan basis cloud.

Di Google Play, aplikasi ini telah di download sebanyak 4600 kali dan diberi rating sebesar 4.0 oleh seluruh pengguna yang telah mendownloadnya. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi lainnya adalah terdapatnya fitur live chat di dalamnya sehingga jika terjadi gangguan atau kesalahan sistem, para penggunanya dapat langsung berkomunikasi untuk mencari solusi yang terbaik.

Atenda

Sama seperti LinovHR, Atenda merupakan salah satu aplikasi absensi online yang juga banyak dicari oleh perusahaan. Namun yang membedakan adalah aplikasi ini ternyata mempunyai fitur payroll di dalamnya sehingga membantu para pengusaha dan pebisnis agar usaha dan bisnisnya terus berkembang. 

Beberapa fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini seperti absensi karyawan, pembuatan jadwal, bertukar jadwal, dan beberapa fitur lainnya. Meski secara tampilan terbilang rumit, namun telah tersedia tutorial hingga video demo yang bisa dipergunakan oleh pengguna untuk memahami sistem pada aplikasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts