IT Support: Pengertian, Jenjang Karir, dan Besaran Gaji

Pernahkah Anda mendengar istilah IT Support saat mencari lowongan pekerjaan? Dan tahukah Anda jenis pekerjaan seperti apa IT Support itu dan apa saja tugas dan tanggung jawab sebagai IT Support? Nah, dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu IT Support serta berapa besaran gaji sebagai IT Support.

Pengertian IT Support

Information Technology Support merupakan salah satu bidang pekerjaan di dunia IT yang bertanggung jawab dalam proses pengembangan sistem jaringan, peningkatan, serta melakukan evaluasi terhadap kinerja komputer yang digunakan oleh seluruh karyawan perusahaan, instalasi, hingga software.

Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

Berdasarkan pengertian di atas, kami merincikan beberapa tugas dan tanggung jawab IT Support yang harus dilakukan, antara lain yaitu:

  • Memastikan seluruh komputer yang terdapat di perusahaan bekerja dengan normal dan berjalan sebagaimana mestinya
  • Memastikan bahwa seluruh komputer telah terhubung ke jaringan dan dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar
  • Memastikan seluruh aplikasi yang terinstal dapat berfungsi normal dan berfungsi sebagaimana mestinya
  • Memastikan keamanan dari seluruh data user sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tanpa seizin user
  • Mengecek dan melakukan update jika ada pembaharuan sistem operasi ataupun aplikasi
  • Melakukan backup data dari seluruh user agar seluruh data tetap aman jika suatu saat terjadi gangguan sistem.
  • Bertanggung jawab terhadap seluruh mesin pendukung pekerjaan user dari printer, scanner, dan berbagai mesin pendukung lainnya
  • Bertanggung jawab menjaga seluruh keamanan sistem ke berbagai tools dengan melakukan scanning antivirus dan berbagai hal lainnya.
  • Melakukan pengaturan browser
  • Bertanggung jawab mengecek dan memperbaiki tools atau komputer yang bermasalah

Seluruh rincian tugas dan tanggung jawab ini berbeda-beda di setiap perusahaan akibat kebijakan dan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri.

Baca Juga: PHP 8 Sudah Resmi Dirilis. Apa Saja Fitur-fiturnya ?

Latar Belakang Pendidikan

Pada saat Anda melamar jenis pekerjaan sebagai IT Support, biasanya hal pertama yang ditanyakan oleh pihak interview adalah latar belakang pendidikan Anda.

Pada umumnya, minimal latar belakang pendidikannya adalah D3 atau S1 yang berasal dari jurusan Information Technology. Meski begitu, terdapat juga beberapa perusahaan yang menerima lulusan SMK yang mempunyai kemampuan teknis setara dengan lulusan D3 atau S1 untuk pekerjaan tersebut.

Kemampuan atau Skill IT Support

Jika Anda ingin berkarir sebagai seorang IT Support, diperlukan beberapa kemampuan atau skill yang mendukung pekerjaan tersebut. Beberapa kemampuan yang dibutuhkan selain hard skills adalah kemampuan soft skills-nya, seperti kemampuan teknis dalam mengoperasikan operating systems, server, maintain data reports, application logs, dan beberapa kemampuan soft skills lainnya.

Meski harus bekerja dengan mesin serta software, seorang IT Support juga harus mendengarkan setiap keluhan yang berasal dari user. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dari berbagai aplikasi dan tools yang biasanya mereka operasikan sehingga jika suatu saat terjadi masalah, Anda sudah dapat memahami penyebabnya sekaligus memberikan solusi terbaik agar software dan tools tersebut dapat beroperasi dengan normal kembali.

Kemampuan lain yang perlu Anda miliki sebagai seorang IT Support, antara lain yaitu:

  • Kemampuan melakukan analisa dan pengoperasian PC atau laptop
  • Kemampuan mengoperasikan Mac
  • Kemampuan mengoperasikan Linux/Unix
  • Kemampuan memahami berbagai operating systems
  • Kemampuan melakukan maintain data reports
  • Kemampuan melakukan programming
  • Mempunyai pengetahuan sistem dasar
  • Kemampuan memahami database server
  • Mempunyai pengetahuan mengenai support ticket
  • Menguasai dan memahami Microsoft SQL server
  • Kemampuan melakukan analisa terhadap application logs

Jenjang Karir sebagai IT Support

Layaknya jenis pekerjaan lainnya, seorang IT Support juga mempunyai jenjang karir jika Anda mau terus belajar dan mempunyai pengetahuan baru, terutama mengenai inovasi-inovasi teknologi terbaru lainnya. Berikut ini adalah jenjang karir dari seorang IT Support, antara lain yaitu:

Baca Juga: Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Sales Admin di Perusahaan IT ?

Customer Support

Customer Support pada umumnya masuk ke dalam team technical support dan bertanggung jawab dalam hal login, instalasi, mengatasi error, melakukan update software, dan berbagai hal teknis lainnya. 

Bukan hanya itu saja, Customer Support juga mempunyai tugas yang cukup penting karena harus menampung berbagai masalah yang dialami oleh para customer support. Masalah yang dialami mulai dari tahapan yang ringan hingga yang paling berat. Seluruh masalah tersebut nantinya akan didistribusikan kepada para ahli yang telah berkompeten agar dapat dicarikan solusi yang paling tepat

Technical Support

Jenjang karir selanjutnya dari seorang IT Support adalah menjadi seorang Technical Support. Jika IT Support tidak membutuhkan sertifikasi khusus, maka technical support sebaliknya, Anda perlu membutuhkan sertifikasi khusus karena mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda dibandingkan dengan IT Support.

Technical Support mempunyai fungsi untuk memantau kinerja server, melakukan pertolongan pertama ketika server down, dan beberapa fungsi lainnya. Secara umum, technical support bertugas untuk membantu klien, baik dalam hal konfigurasi hingga troubleshooting yang diberikan melalui email, chat, website, telepon, dan beberapa media lainnya.

Advanced Support

Jenjang karir selanjutnya adalah sebagai Advanced Support yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melakukan evaluasi, analisa, hingga memberikan solusi yang tepat terhadap sistem ketika mengalami masa kritis. Pada tahapan ini, Anda perlu mempunyai banyak pengetahuan di dunia IT, mulai dari melakukan konfigurasi, instalasi, merancang program, hingga mempertahankan integritas data yang terdapat di dalam server.

Orang yang telah mencapai tahap ini biasanya telah memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni sehingga mampu memberikan solusi secara tepat dan terarah ketika terjadi sebuah masalah, baik hardware maupun software.

Perusahaan yang Membutuhkan IT Support

Karena perannya yang cukup vital dan penting, membuat banyak perusahaan yang mencari dan membutuhkan seorang Information Technology Support mengingat hampir seluruh bidang bisnis yang ada di Indonesia telah mengimplementasikan IT ke dalam perusahaannya.

Baca Juga: Mengenal Tugas dan Peran Technical Consultant di Perusahaan IT

Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang banyak membutuhkan IT Support, antara lain yaitu:

  • Perusahaan software
  • Perusahaan perbankan dan finansial
  • Perusahaan elektronik
  • Perusahaan UKM dengan bisnis berskala besar dan telah mengimplementasi sistem IT
  • Sekolah dan universitas
  • Organisasi publik
  • dll

Gaji IT Support

Seperti jenis pekerjaan di dunia IT lainnya, seorang IT Support juga mempunyai besaran penghasilan yang berbeda-beda tergantung dari posisi hingga besaran penghasilan di kota yang Anda tempati atau lebih dikenal dengan sebutan UMR (Upah Minimum Regional).

Biasanya seorang IT Support akan diberikan gaji di atas UMR dengan kisaran angka mulai dari 6 hingga 7 juta rupiah, tergantung kebijakan dari masing-masing organisasi atau perusahaan, terutama dalam hal tugas dan tanggung jawab yang mereka emban.

Bagi Anda yang ingin mencari seorang IT Support profesional yang tepat bagi perusahaan Anda, dapat menggunakan sebuah sistem perekrutan karyawan dari PT Logique Digital Indonesia yang bernama Sugoi Saiyo.

Sistem perekrutan ini membantu divisi HR dalam melakukan proses seleksi calon karyawan di perusahaan Anda. Untuk mengetahui mengenai sistem Sugoi Saiyo ini, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts