8 Tips Membuat Website Restoran Agar Menarik Untuk Pelanggan

Tips membuat website restoran yang paling utama adalah persiapkan website agar mampu menarik pelanggan / target audience yang sesuai dengan konsep restoran yang Anda bangun. Pahami siapa target audience, sehingga segala aspek mulai dari desain sampai dengan konten dapat Anda create dengan baik & terarah.

Banyak pemilik restoran yang ingin menyediakan website untuk bisnisnya namun tidak mengetahui bagaimana cara membuat website restoran yang menarik. Jika Anda adalah salah satunya, artikel berikut ini akan membantu Anda.

Saat ini, bisnis kuliner di Indonesia sudah semakin menjamur sehingga persaingan bisnis juga menjadi semakin ketat. Sebagai pemilik restoran, Anda harus terus berinovasi dalam memasarkan produk agar tidak tertinggal dengan kompetitor yang lain. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan pembuatan website.

Dengan menyediakan website, bisnis Anda akan terbantu dalam menjangkau target audiens yang lebih luas serta memudahkan pelanggan untuk mengetahui berbagai info mengenai restoran Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan berbagai fitur di dalamnya sehingga mampu meningkatkan kualitas layanan Anda.

Mengapa Restoran Membutuhkan Website?

Terdapat beberapa alasan mengapa restoran Anda membutuhkan website.

1. Teknologi yang sudah semakin maju

Perlu Anda ingat bahwa sekarang teknologi digital sudah semakin maju. Orang-orang mencari berbagai informasi melalui perangkat digital mereka seperti smartphone ataupun laptop. Jika Anda tidak bertransformasi ke arah digital, maka bisnis akan kesulitan untuk mempromosikan produk-produknya. 

Sebagai contoh, Anda adalah pemilik rumah makan Jepang di Jakarta, ketika pelanggan mencari informasi mengenai hal tersebut melalui Google, mereka tidak menemukan list website Anda di dalam hasil pencarian. Akibatnya, pelanggan beralih ke rumah makan lain yang menjadi kompetitor bisnis Anda. Jika hal ini terus terjadi, maka rumah makan Anda akan kehilangan banyak peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.

2. Memberi peluang untuk bisa bersaing dengan bisnis yang lebih besar

Restoran yang kecil mungkin memiliki anggaran yang lebih sedikit untuk melakukan pemasaran. Namun dengan memiliki situs website yang sudah menerapkan optimasi SEO di dalamnya, maka restoran kecil akan memiliki peluang untuk bersaing dengan restoran-restoran besar lainnya.

3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Sebelum mendatangi restoran, pelanggan akan mencari berbagai informasi terlebih dahulu seperti menu masakan yang disediakan, harga menu, suasana restoran, jam operasional, dan masih banyak lagi. Dengan memiliki website, Anda dapat menyediakan berbagai informasi tersebut di dalam satu tempat.

Untuk meyakinkan para calon pelanggan, Anda juga bisa menyediakan testimoni pelanggan yang merasa puas dengan menu dan layanan Anda.

4. Menjangkau lebih banyak pelanggan lokal

Ketika Anda memiliki sebuah website, Anda dapat melakukan optimasi local SEO untuk pencarian local. Jadi, ketika pelanggan mencari informasi dengan kata kunci “restoran terdekat”, maka website Anda akan ditampilkan. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk menjangkau target audiens Anda di wilayah lokal.

5. Memungkinkan proses reservasi online

Dengan memiliki website, Anda dapat menambahkan fitur yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan reservasi online dengan efektif dan efisien. Pelanggan cukup membuka situs web restoran, memesan layanan sesuai dengan tanggal yang mereka inginkan, memilih menu, mengisi formulir, dan melakukan online payment. Sistem reservasi juga dapat memperbarui data secara real time sehingga pelanggan tidak lagi perlu menghubungi customer service secara manual untuk menanyakan ketersediaan meja untuk tanggal yang mereka pesan.

 

Baca Juga: Fitur yang Harus Disediakan Saat Membuat Aplikasi Delivery Makanan

Bagaimana Cara Membuat Website Restoran yang Menarik?

1. Analisis target audience

Cara membuat website restoran yang mampu menarik pelanggan adalah dengan memahami siapa target audience restoran Anda. Jika saat ini Anda baru saja membuka restoran, mengetahui target audiens Anda dapat dilakukan dengan melihat lokasi di sekitar restoran. Jika restoran Anda berada di wilayah perkantoran, maka kemungkinan besar orang-orang sibuk seperti pebisnis atau karyawan perkantoran yang akan datang ke restoran Anda. Dengan demikian maka website harus Anda design dengan tampilan yang elegan, fancy,  atau profesional.

Namun jika lokasi restoran berada di sekitar kampus atau sekolah, maka target audiens Anda adalah anak-anak muda. Maka web design yang disediakan harus memiliki tampilan yang stylish, fun, atau casual.

2. Tampilkan kelebihan restoran di halaman web

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini persaingan bisnis kuliner memang sudah semakin ketat. Untuk menarik minat pelanggan, Anda harus bisa menampilkan apa yang menjadi kelebihan restoran Anda seperti menu masakan, suasana, atau yang lain.

Untuk mengetahui kelebihan restoran, Anda juga bisa bertanya kepada para pelanggan. Tanyakan kepada mereka apa yang menjadi daya tarik restoran, sehingga mereka terus datang kembali.

3. Menu navigasi harus mudah digunakan

Menu navigasi adalah seperangkat link yang mengarahkan ke halaman internal website. Perlu Anda tahu, menu ini memiliki peran penting dalam menentukan cara pelanggan berinteraksi dengan web Anda.

Perlu diketahui, pelanggan mengunjungi website restoran karena memiliki tujuan tertentu. Contohnya seperti ingin melihat menu masakan, ingin mengetahui jam operasional, atau alamat restoran. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan navigasi yang dapat memudahkan pelanggan untuk bisa menemukan informasi tersebut.

Untuk menyediakan menu navigasi yang baik, Anda harus menempatkannya pada posisi yang mudah ditemukan pelanggan. Selain itu, berikan label menu dengan jelas agar pelanggan dapat mengetahui halaman apa yang akan terbuka ketika mereka memilihnya.

membuat website restoran
Sumber: pixabay.com/@ritae

4. Gambar berkualitas dan Instagram Feed

Orang-orang dapat tertarik dengan suatu menu masakan melalui sebuah gambar. Oleh karenanya, ketika membuat website restoran, maka Anda harus menyediakan gambar menu masakan yang ada di restoran ke dalam halaman website tersebut.

Perlu Anda ingat untuk selalu mengunggah foto berkualitas tinggi ke dalam halaman website. Sediakan juga deskripsi untuk menjelaskan menu masakan tersebut kepada para pelanggan. 

Salah satu cara agar Anda bisa memposting menu masakan secara rutin di halaman website adalah dengan menampilkan feed Instagram ke dalam situs website. Untuk melakukannya, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu :

  • Menggunakan API Instagram resmi
  • Menggunakan API alternatif
  • Dengan plugin situs website

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak jasa web developer yang dapat membantu Anda untuk mengerjakannya.

5. Sediakan menu masakan restoran

Cara membuat website restoran yang mampu menarik lebih banyak kunjungan pelanggan adalah dengan menyediakan menu masakan yang disediakan oleh restoran Anda. Sediakan harga masakan dengan jelas, agar pelanggan dapat mengetahui kisaran biaya yang perlu mereka keluarkan ketika berkunjung ke restoran Anda.

Seringkali, website restoran menginformasikan menu masakan mereka namun tidak menyediakan harga dengan jelas. Akibatnya, pengunjung web yang awalnya tertarik dengan menu masakan Anda, menjadi ragu-ragu untuk mendatangi restoran.

Pastikan menu yang Anda sediakan dirancang secara menarik dengan menyertakan foto masakan di dalamnya. Untuk pemilihan jenis font, Anda dapat menggunakan jenis font yang dapat merepresentasikan image restoran Anda. Namun perlu Anda ingat, font yang dipergunakan harus mudah dibaca karena pengunjung web seringkali membuka website menggunakan perangkat smartphone mereka. Jika menggunakan font yang rumit, mereka akan merasa tidak nyaman ketika membaca menu melalui layar smartphone yang kecil.

6. Sediakan halaman kontak dan map

Semua situs website membutuhkan informasi kontak di dalamnya, namun untuk website restoran halaman kontak merupakan bagian penting. Informasi inilah yang akan membantu pengunjung web untuk bisa datang ke restoran Anda. Jadi, sediakan informasi lengkap mengenai restoran Anda mulai dari jam operasional, alamat email, nomor telepon, dan alamat restoran.

Untuk memudahkan pengunjung untuk bisa datang ke restoran, Anda juga bisa menampilkan Google Map di halaman web Anda. Dengan demikian, website dapat memberi petunjuk arah secara instan.

7. SEO

Agar website Anda dapat bersaing dengan restoran besar, Anda dapat menggunakan strategi pemasaran digital menggunakan optimasi SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah praktik untuk mengoptimalkan performa website agar lebih mudah ditemukan oleh target audiens di halaman mesin pencari Google.

Jadi, ketika target pelanggan Anda mencari sebuah keyword, maka website Anda yang akan ditampilkan sebagai hasil dari pencarian yang mereka lakukan. Sebagai contoh, melalui optimasi SEO Anda dapat menargetkan kata kunci “rumah makan suasana alam” untuk website Anda. Dengan demikian, ketika ada calon pelanggan yang mencari informasi mengenai keyword tersebut, maka web restoran Anda akan ditampilkan.

Untuk meningkatkan kunjungan ke restoran, Anda juga bisa menerapkan optimasi local SEO. Strategi pemasaran ini dapat meningkatkan visibilitas website untuk pencarian lokal. Dengan strategi ini, sebuah bisnis dapat mempromosikan layanan mereka kepada target konsumen di wilayah lokal sehingga kunjungan pelanggan dapat ditingkatkan.

8. Fitur reservasi online

Seiring perkembangan teknologi, saat ini sudah semakin banyak bisnis yang menerima pemesanan online. Anda juga bisa menyediakan layanan tersebut melalui website dengan membuat fitur reservasi online

Selain dapat dipergunakan sebagai fitur untuk memesan makanan, Anda juga bisa membuat fitur reservasi online untuk melayani pemesanan meja atau ruangan pada tanggal tertentu. Jika dibandingkan dengan cara konvensional, sistem booking online ini  dinilai jauh lebih efektif. Hanya dengan beberapa klik saja pelanggan sudah bisa membuat reservasi dengan mudah.

Baca Juga: 5 Keunggulan dan Kekurangan Progressive Web App (PWA)

Kesimpulan

Saat ini semakin banyak orang yang ingin menjalankan bisnis kuliner. Jika Anda tidak segera melakukan inovasi, bisnis Anda dapat kalah saing dengan bisnis kuliner yang lain.

Dengan membuat website restoran, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti memudahkan pelanggan untuk menemukan lokasi restoran, memungkinkan Anda untuk menerima pemesanan online, dan meningkatkan kemampuan Anda untuk bersaing dengan restoran yang lebih besar.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat web restoran yang mampu menarik banyak pelanggan, Anda dapat berkonsultasi dengan LOGIQUE Digital Indonesia. Kami sudah sangat berpengalaman dalam mengembangkan website beserta fitur-fitur di dalamnya.

Silakan klik Layanan Pembuatan Web Restoran kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Anda juga bisa menghubungi tim kami untuk menerima penjelasan secara langsung. Yuk hubungi kami sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts