Interview (Panin Dai-ichi Life): Perkembangan Teknologi Asuransi di Indonesia

Panin Life adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 40 tahun dan merupakan bagian dari Panin Group yang bergerak di industri jasa keuangan. Sedangkan Dai-ichi Life merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang yang sudah mempunyai pengalaman lebih dari 110 tahun dalam industri asuransi jiwa dengan jaringan bisnis internasional di berbagai negara di dunia. Dai-ichi Life juga terdaftar sebagai perusahaan publik di Jepang dengan peringkat “A+” dari Fitch dan peringkat “A+” dari Standard & Poor’s (per Desember 2020).

Pada tahun 2013, Panin Life dan Dai-ichi Life membentuk kerjasama joint-venture yang kuat dengan nama Panin Dai-ichi Life. Melalui rangkaian produk yang inovatif dan komprehensif, Panin Dai-ichi Life menyediakan berbagai pilihan program proteksi yang disesuaikan bagi kebutuhan nasabah individu maupun korporat, terutama produk asuransi jiwa, investasi, dan Syariah. Panin Dai-ichi Life berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan produk-produk dalam memenuhi kebutuhan masyarakat serta menjaga kualitas pelayanannya.

Bekal Hidup adalah web e-commerce untuk pembelian asuransi yang disediakan oleh Panin Dai-ichi Life. Di phase 1, LOGIQUE Digital Indonesia membantu Panin Dai-Ichi Life mengembangkan situs web e-commerce tersebut agar bisa digunakan untuk membeli 1 produk asuransi yang bernama Bekal Proteksi Pandai.

Kemudian di phase 2, LOGIQUE Digital Indonesia kembali mengembangkan web e-commerce Bekal Hidup agar lebih dinamis untuk pemilihan produknya yaitu dengan menyediakan fitur yang memudahkan Admin Panin Dai-ichi Life agar bisa menambahkan produk lainnya pada website e-commerce tersebut.

Interview LOGIQUE bersama Panin Dai-ichi Life

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk kami. Hari ini, kami bermaksud untuk melakukan interview kepada ibu Winnie selaku Project Manager yang memimpin pengembangan Bekal Hidup, sebuah terobosan digital dalam hal penjualan asuransi jiwa oleh Panin Dai-ichi Life.

Q: Pertama-tama, bisakah Anda bercerita kepada kami tentang “Bekal Hidup”?

A: Awalnya Bekal Hidup adalah sebuah proyek yang kami usung untuk menanggapi semakin berkembangnya era digitalisasi. Kami melihat adanya peluang dan prospek tidak terbatas yang dapat dicapai melalui digitalisasi, sehingga perusahaan memutuskan untuk mengambil langkah baru dengan Bekal Hidup untuk memperluas bisnis. Sebagai langkah awal, kami membuat Bekal Hidup menjadi sebuah platform website e-commerce yang mampu menjembatani para kaum millenials dan masyarakat yang aktif sebagai pengguna platform digital agar lebih mudah menjangkau produk asuransi kami secara online.

Q: Secara umum kami melihat banyak masyarakat Indonesia masih menganggap asuransi bukan sesuatu hal yang dibutuhkan, bagaimana menurut Anda? Bagaimana Panin Dai-ichi Life menanggapi ini?

A: Saya setuju bahwa pada dasarnya masyarakat Indonesia masih menganggap asuransi jiwa bukan hal yang penting untuk saat ini. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya edukasi ke masyarakat akan pentingnya manfaat dan memiliki asuransi sejak dini. Padahal selain manfaat perlindungan yang kita dapatkan, sebenarnya semakin muda kita mengambil asuransi maka premi yang perlu dibayarkan akan lebih murah. Oleh karena itu, melalui platform digital kami ingin menjangkau dan mengedukasi masyarakat sebanyak-banyaknya untuk mempersiapkan diri sejak awal dengan asuransi sebagai bekal hidup mereka di masa depan. Kami yakin bahwa pengguna platform digital khususnya smartphone dari waktu ke waktu terus bertambah jadi inilah waktu yang tepat masuk ke pasar ini.

Q: Selain itu, kami melihat saat ini masih cukup banyak asuransi yang mengandalkan agen mereka. Apakah penjualan asuransi dengan tatap muka sudah tidak efektif?

A: Penjualan melalui agen dengan tatap muka masih sangat efektif, namun ada beberapa keterbatasan yang perlu diatasi, seperti area jangkauan atau bahkan untuk mencari waktu bertemu dengan calon nasabah di sela-sela kesibukan. Diharapkan, melalui website e-commerce ini kami dapat membantu mengatasi keterbatasan tersebut, khususnya untuk para pengguna smartphone yang dapat lebih mudah mengakses informasi.

Q: Bagaimana jika dilihat dari sisi kompetitor? Saat ini sudah cukup banyak perusahaan asuransi yang melakukan penjualan secara online, apa keunggulan Bekal Hidup dibandingkan dengan layanan asuransi online dari perusahaan asuransi lainnya?

A: Sebenarnya dari awal kami sudah melihat berkembangnya tren penjualan asuransi online ini dan saat itu masih belum banyak perusahaan asuransi jiwa yang melakukannya. Untuk itu, kami berinisiatif untuk mengembangkan media digital dan akan terus berinovasi dalam memberikan manfaat dari beragam produk yang ditawarkan serta pelayanan dalam memenuhi kebutuhan para nasabahnya di setiap tahap kehidupan. Kami juga berusaha memberikan pengalaman berbelanja yang mudah dan transparan sehingga proses untuk mendapatkan produk kami dapat dilakukan dengan cepat dan jelas. Selain itu, kami juga berusaha untuk mengembangkan fitur-fitur pada platform digital kami secara berkelanjutan untuk kenyamanan dan kemudahan nasabah.

Q: Membangun sebuah E-Commerce merupakan langkah penting bagi Panin Dai-ichi Life, bukan? Mengapa Anda memilih LOGIQUE sebagai mitra yang Anda percaya untuk menangani langkah penting tersebut?

A: Benar, dan proses pemilihan vendor harus melalui beberapa tahap seleksi yang komprehensif dan detil. Beberapa hal yang kami perhatikan dalam pemilihan vendor adalah pengalaman, kompetensi dan komitmen dalam menjalankan suatu proyek. Tentu pilihan untuk bekerjasama dengan LOGIQUE merupakan hasil dari proses dan pertimbangan yang sesuai kriteria kami, khususnya pengalaman dalam pengembangan media E-Commerce dan Sistem penjualan produk secara online. Kami percaya bahwa LOGIQUE memiliki kredibilitas dan pengalaman yang dapat mendukung dalam mengembangkan platform digital ini.

Q: Dalam pelaksanaannya pengembangan Bekal Hidup memerlukan waktu yang lebih panjang dari rencana awal. Menurut Anda apakah tantangan yang paling berat dalam pelaksanaan tersebut?

A: Kalau mengenai tantangan pasti ada ya, baik faktor dari internal maupun eksternal. Kami menyadari bahwa untuk melakukan pengembangan konsep baru dari nol bukan sesuatu hal yang mudah. Dalam proses perencanaan, kami mencoba melakukan estimasi terhadap segala kemungkinan dan resiko yang ada dan ini memakan waktu yang panjang karena terdapat banyak hal yang harus kami pertimbangkan.

Q: Kami berharap dapat membantu Anda lebih banyak untuk menyelesaikan pengembangan tersebut sesuai rencana awal. Kami akan berusaha lebih keras lagi di proyek selanjutnya. Berdasarkan penilaian Anda, bagaimana pekerjaan yang dilakukan dan layanan yang diberikan oleh LOGIQUE?

A: Kami sangat berterima kasih kepada LOGIQUE untuk komitmennya dalam membantu dan mengerjakan proyek ini sampai tuntas. Kami sudah melewati 2 fase pengembangan bersama, dan tantangan-tantangan yang ada selama proyek tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Dari segi pelayanan LOGIQUE juga termasuk sangat baik terutama dalam hal merespon kendala yang ada dengan memberikan solusi-solusi yang tepat dan efektif.

Q: Anda akan terus meningkatkan Bekal Hidup serta memperbesar bisnis bukan? Bisakah Anda bercerita kepada kami apa sebenarnya arah atau tujuan utama dari Bekal hidup?

A: Kami memiliki visi untuk memberikan yang terbaik kepada para nasabah kami melalui manfaat produk, pengalaman digital yang baik, serta pelayanan yang terus kami tingkatkan untuk menjadikan BekalHidup.com platform digital asuransi jiwa terbaik yang ada di Indonesia. Kami akan terus berusaha dan berinovasi untuk menjadi yang terbaik.

Q: Bagaimana pandangan Anda mengenai perkembangan industri asuransi kesehatan di Indonesia khususnya seiring dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat?

A: Dengan adanya perkembangan teknologi, saya melihat perusahaan-perusahaan asuransi tidak mau tertinggal hanya karena tetap mempertahankan cara konvensional. Jika mampu memanfaatkan tren dan perkembangan teknologi yang ada, maka kita akan bisa survive. Hal inilah yang membuat banyak perusahaan telah bergerak ke arah digitalisasi dengan pendekatan berbeda-beda tergantung target atau tujuan yang ingin dicapai. Asuransi kesehatan memang mempunyai potensi yang besar untuk terus berkembang.

Q: Menurut Panin Dai-ichi Life apakah LOGIQUE ini sudah menjadi partner yang tepat untuk mengikuti perkembangan yang ada?

A: Untuk sejauh ini yang saya jalani bersama LOGIQUE secara pribadi, saya melihat LOGIQUE sebagai mitra yang bisa dipercaya. Dari pengalaman proyek yang telah diselesaikan menurut saya pun cukup bagus.

Pada kesempatan ini, kami berterima kasih kepada Ibu Winnie yang telah memberikan berbagai cerita berharga sebagai masukan kepada kami. Kami berharap inisiatif yang dijalankan oleh Panin Dai-Ichi Life untuk masuk ke pasar online dengan BekalHidup.com dapat mengedukasi masyarakat lebih baik lagi akan pentingnya asuransi, membuat perusahaan asuransi berkompetisi dengan positif dan terus berusaha memberikan layanan dan produk yang terbaik untuk masyarakat.

LOGIQUE akan terus mendukung Panin Dai-ichi Life untuk menghasilkan terobosan-terobosan baru dari sisi digital untuk bidang asuransi jiwa dan kesehatan.

Related Posts