Rekomendasi Tools Instagram Analytics Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang paling banyak mencuri perhatian karena mempunyai lebih dari 300 juta pengguna aktif setiap bulannya. Bahkan setiap hari terdapat 70 juta foto baru yang diunggah oleh para pengguna mereka. Kondisi ini tentu dimanfaatkan oleh para digital marketing profesional untuk melakukan pemasaran melalui media sosial tersebut. Untuk melihat perkembangan pemasaran yang dilakukan, tentu membutuhkan sebuah tools untuk melakukan analisa, yang disebut dengan Instagram Analytics.

Tools Instagram Analytics membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar perkembangan bisnis Anda di Instagram sehingga Anda dapat mengetahui dengan jelas apakah strategi pemasaran yang telah Anda terapkan berhasil atau tidak.

Pengertian Instagram Analytics

Instagram Analytics merupakan salah satu tools yang berfungsi untuk menilai performa konten serta profil Instagram secara menyeluruh. Tools ini berfungsi untuk mentracking berbagai metrik dan menyajikannya dalam bentuk data sehingga mudah dipahami oleh para penggunanya.

Manfaat Instagram Analytics

Selain membantu menilai performa konten, tools ini juga mempunyai beberapa manfaat bagi perkembangan bisnis Anda. Beberapa manfaat tersebut, antara lain yaitu:

1. Mengetahui Target Audiens

Layaknya Google Analytics, tools pada Instagram Analytics juga memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengetahui data user yang berkunjung ke profil Instagram Anda, mulai dari lokasi, jenis kelamin, usia, hingga bahasa. Data ini dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui konten seperti apa yang harus Anda buat serta target audiensnya.

Baca Juga: 7 Tips Berjualan di Instagram Agar Omset Meningkatkan di Tahun 2021!

2. Mengevaluasi Strategi Pemasaran yang telah dilakukan

Melalui tools Instagram Analytics, Anda bisa melakukan evaluasi dari strategi pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Melalui Instagram Analytics, Anda akan diberitahu apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus dipertahankan sehingga Anda dapat menerapkan strategi yang tepat untuk perkembangan bisnis yang Anda kelola.

3. Hemat Sumber Daya dan Waktu

Dengan menggunakan Instagram Analytics, akan membantu Anda dalam menghemat biaya dan waktu untuk melakukan analisa sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan sekaligus menghemat waktu..

Rekomendasi Tools Instagram Analytics

Saat ini, terdapat banyak tools Instagram Analytics yang sangat direkomendasikan untuk mendukung perkembangan bisnis Anda, baik yang gratis maupun yang berbayar. Nah, berikut ini adalah beberapa tools Instagram Analytics yang bisa Anda gunakan, antara lain yaitu:

  • Iconosquare

Merupakan salah satu tools Instagram Analytics yang mempunyai fitur paling lengkap untuk akun Instagram Anda bisnis Anda. Melalui tools ini, Anda akan dapat melihat seluruh informasi mengenai like, comment per gambar, hingga tingkat keterlibatan followers dalam setiap postingan Anda.

Selain itu, terdapat fitur lain yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda, yaitu fitur promosi. Melalui fitur ini, Anda akan disarankan bagaimana cara meningkatkan jangkauan akun Instagram Anda dan beberapa hal kecil lainya.

Iconosquare merupakan sebuah aplikasi all-in-one yang ditujukan untuk para pebisnis kecil hingga menengah. Bukan hanya itu saja, tools ini juga mempunyai fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat hashtag, melakukan pencarian user, 

  • PicDeck

Merupakan sebuah tools yang mirip seperti TweetDeck yang ada pada media sosial Twitter. Namun yang membedakan adalah tools ini bekerja untuk aplikasi Instagram. Melalui tools ini, Anda akan dapat menambahkan beberapa akun Instagram secara sekaligus dalam satu dashboard sehingga memudahkan Anda dalam mengelola akun Instagram yang Anda miliki.

Meski tidak mempunyai data analisis yang lengkap, namun tools ini banyak dipilih oleh para digital marketer karena mempunyai tampilan yang mudah dipahami sehingga memudahkan para digital marketer yang ingin melihat beberapa stream foto yang berbeda dalam satu tempat.

Baca Juga: Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Bukan hanya itu saja, melalui tools ini Anda juga dapat menambahkan kolom untuk feed yang Anda ikuti untuk dapat memfollow pengguna serta memberikan hashtag tertentu yang bertujuan untuk memudahkan dalam proses monitoringnya. 

  • Twtrland

Merupakan salah satu tools untuk melakukan analisa akun Instagram Anda. Namun, tools ini bukan hanya untuk Instagram saja namun juga untuk Facebook dan Twitter. Tools ini banyak dipilih oleh para digital marketer karena mempunyai tampilan yang mudah dipahami. 

Melalui tools ini, kita bisa mendapatkan tampilan singkat dari bagaimana setiap akun Instagram bekerja. Tools ini juga banyak dipilih karena mampu membandingkan kinerja Instagram kita dengan para kompetitor yang lain.

Selain itu, tools ini juga mampu menilai setiap aktivitas yang dilakukan pada akun Instagram tersebut, mulai dari popularitas, responsif, dan beberapa data lain yang dapat mengembangkan bisnis Anda.

  • Latergramme

Adalah sebuah tools Instagram Analytics yang mempunyai fitur unggulan untuk menjadwalkan post pada akun Instagram Anda dan dapat bekerja baik di browser maupun pada aplikasi mobile. Melalui tools ini, Anda juga dapat mengelola frekuensi post pada akun Instagram Anda secara langsung.

Selain itu, Latergramme juga menyediakan analisa dasar yang perlu Anda ketahui pada akun Instagram Anda, seperti like, comment, serta beberapa foto yang menarik dari postingan Anda.

  • Ink361

Tools Instagram Analytics ini banyak digunakan oleh para digital marketing professional karena mempunyai banyak fungsi sekaligus atau biasa disebut all-in-one. Pada tools ini terdapat beberapa tab dengan beragam fungsi yang berbeda, mulai dari dashboard yang berfungsi untuk menampilkan foto dari feed kita, post terpopuler, hingga berbagai statistik lainnya.

  • Squarelovin

Merupakan salah satu tools Instagram analytics yang dapat digunakan secara gratis. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan analisis bulanan dari setiap postingan anda serta mendapatkan informasi secara rinci dari pertumbuhan akun instagram bisnis Anda. 

Pada aplikasi ini, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai riwayat konten berdasarkan jam, hari, bulan, hingga tahun. Selain itu, Squarelovin juga menawarkan hal yang menarik karena tools ini juga mentracking mengenai preferensi dan minat audiens serta waktu terbaik dan terburuk untuk melakukan postingan.

  • Crowdfire 

Adalah salah satu tools Instagram Analytics yang banyak dipilih karena mempunyai tampilan yang mendetail dan mudah dipahami karena dilengkapi dengan periode waktu tertentu, mulai dari kemarin, 7 hari, 30 hari, hingga 90 hari. 

Hal lain yang ditawarkan oleh tools ini adalah memungkinkan Anda untuk memilih metrik Instagram yang ingin Anda compare, mulai dari postingan, tampilan profil, pengikut, komentar, dan berbagai hal lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Shadowban di Instagram? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tools ini mempunyai dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Jika menggunakan versi gratisnya, Anda tidak akan mendapatkan data yang lengkap dalam periode tertentu. Melalui versi gratisnya, Anda hanya bisa mendapatkan data selama satu hari terakhir saja.

  • Hype Auditor

Merupakan salah satu tools analisa Instagram yang bekerja menggunakan artificial intelligence yang mampu mengindeks hingga 3 juta profil Instagram. Tools ini mempunyai banyak informasi yang dapat dipahami dengan mudah. Selain itu, melalui tools ini, Anda juga dapat membedakan antara influencer nyata dengan influencer palsu.

Melalui tools ini, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan influencer yang telah Anda pilih setelah melihat informasi data yang ditampilkan dari tools ini.

  • Smartmetrics

Adalah salah satu tools Instagram yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi data setiap jam dengan lebih dari 30 metrik Instagram baik mengenai cerita, pos, serta akun Instagram Anda. 

Tools ini juga dapat digunakan untuk melacak interaksi yang terjadi antara akun Anda dengan para followernya, keterlibatan tagar dari setiap postingan Anda setiap harinya, hingga memantau balasan dari cerita yang telah kamu upload.

Itulah beberapa pengertian dari Instagram Analytics serta beberapa tools analisa Instagram yang bisa Anda pergunakan untuk perkembangan bisnis Anda. Jika Anda kesulitan dalam mengembangkan bisnis Anda menggunakan media sosial Instagram, Anda dapat menggunakan jasa profesional Digital Marketing yang banyak tersebar di dunia maya.

Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan jasa digital marketing di Jakarta yang akan membantu Anda meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts