Perbedaan Whatsapp dan Telegram. Mana yang Lebih Baik ?

Sumber: pixabay.com

Apa perbedaan Whatsapp dan Telegram? Whatsapp dan Telegram saat ini sama-sama menjadi aplikasi instant messaging populer yang digunakan oleh banyak orang. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan yang diunggulkan. Lalu aplikasi mana yang sebaiknya digunakan ?

Setelah Whatsapp mengeluarkan kebijakan barunya, semakin banyak orang yang mencari alternatif instant messaging yang lain. Salah satu aplikasi yang mulai banyak dilirik adalah Telegram.

Sebenarnya sebelum Whatsapp mengumumkan kebijakan privasinya yang baru, Telegram sudah memiliki banyak pengguna. Aplikasi ini dikenal memiliki banyak fitur menarik, performa yang baik, serta menghargai privasi penggunanya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui apa perbedaan Whatsapp dan Telegram, silahkan simak informasinya berikut ini.

Whatsapp VS Telegram

Sebelum Anda mengetahui apa perbedaan Whatsapp dan Telegram, berikut kami informasikan sedikit penjelasan mengenai kedua aplikasi tersebut.

1. Whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi instant messaging yang dikembangkan oleh  Brian Acton and Jan Koum. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2009.

Anda dapat menggunakannya untuk mengirim pesan, voice note, voice call, serta video call. Popularitas WhatsApp sebagian besar disebabkan karena aksesibilitasnya, fungsionalitas lintas platform, dan fitur-fiturnya yang sederhana dan mudah digunakan. Selain itu, Whatsapp juga menjadi salah satu aplikasi seluler pertama yang menawarkan internet-based messaging secara gratis. 

2. Telegram

Telegram adalah aplikasi instant messaging berbasis cloud yang didirikan pada tahun 2013 oleh Pavel Durov dan saudaranya yaitu Nikolai. Selain untuk mengirim pesan, Telegram juga bisa digunakan untuk membuat voice chat, voice call ataupun video call.

Salah satu hal yang dikenal oleh banyak orang tentang Telegram adalah kemampuannya untuk menciptakan group dengan kapasitas 200 rb anggota. Aplikasi ini juga dikenal dengan fiturnya yang dapat melindungi privasi penggunanya. 

Baca Juga: Facebook Luncurkan Fitur Messenger Room, Bisa Diakses dari WhatsApp

Perbedaan Whatsapp dan Telegram

1. Privasi atau keamanan aplikasi

Whatsapp menggunakan end-to-end encryption untuk memastikan bahwa pesan atau panggilan yang dilakukan oleh users tidak dapat dibaca atau didengar oleh pihak lain. Meskipun demikian, perlu Anda ketahui bahwa Whatsapp tidak mengenkripsi backups (cloud dan local). Mereka juga tidak mengenkripsi metadata yang digunakan untuk membawa komunikasi di antara dua endpoint. Artinya, meskipun Whatsapp tidak akan mengetahui isi pesan atau isi panggilan, mereka akan memiliki data mengenai dengan siapa Anda berkomunikasi, kapan Anda mengirim pesan, dan lokasi ketika Anda mengirim pesan, dan lain-lain.

Jika dibandingkan dengan Telegram, aplikasi ini memang menawarkan beberapa perlindungan untuk para penggunanya. Aplikasi ini juga menggunakan end-to-end encryption untuk melindungi percakapan yang dilakukan penggunanya agar tidak terakses oleh pihak lain. Namun perlu diketahui, fitur tersebut tidak tersedia secara default, Anda harus menggunakan fitur secret chats untuk mengaktifkannya.

Telegram juga memiliki fitur “self-destructing” messages yaitu fitur yang memungkinkan agar pesan yang Anda kirim menghilang setelah beberapa waktu tertentu. Tidak seperti WhatsApp, pengguna Telegram memiliki  public username untuk memastikan bahwa privasi pengguna tetap dapat terlindungi. Dengan demikian, users dapat melakukan percakapan di Telegram tanpa memerlukan nomor telepon.  

perbedaan whatsapp dan telegram
Sumber: pixabay.com

2. Popularitas

Berdasarkan data yang diperoleh dari id.oberlo.com, jumlah pengguna aktif aplikasi Whatsapp di seluruh dunia mencapai 2 milyar. Sedangkan berdasarkan info sea.mashable.com, Telegram memiliki pengguna aktif sekitar 500 juta. Hal tersebut membuktikan bahwa salah satu perbedaan Whatsapp dan Telegram juga terletak pada kepopularitasnya. 

Sebagai informasi, jumlah pengguna Telegram mengalami kenaikan karena pengaruh dari pembaruan kebijakan Whatsapp yang menyatakan bahwa aplikasi tersebut akan berbagi info tertentu dengan Facebook. Karena alasan tersebut, banyak users mencari alternatif instant messaging lain selain Whatsapp yang mengutamakan privasi penggunanya. Salah satu aplikasi tersebut adalah Telegram.

Ketika popularitas Whatsapp jauh lebih unggul dibandingkan dengan Telegram, maka kemungkinan besar teman atau keluarga Anda akan lebih banyak yang menggunakan WhatsApp. Artinya, jika Anda memilih menggunakan Telegram, mungkin akan mengalami kesulitan ketika harus menghubungi teman atau keluarga Anda yang menggunakan Whatsapp. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat Telegram akan menjadi aplikasi instant messaging yang lebih populer daripada Whatsapp.

3. Berbagi file atau media

Aplikasi Telegram memungkinkan penggunanya untuk bisa berbagi file berukuran besar dengan size limit mencapai 2GB. Telegram juga memungkinkan penggunanya untuk bisa menyimpan gambar, teks, file multimedia, dan file dokumen ke dalam cloud. 

Berbeda dengan Whatsapp, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar, video, atau voice message dengan size limit sebesar 16 MB. Sedangkan untuk file dokumen, size yang diizinkan adalah sebesar 100 MB.

Jika dibandingkan dengan Telegram, aplikasi Whatsapp kalah unggul untuk fitur berbagai file ini. Jadi jika Anda memiliki kebutuhan untuk berbagi file berukuran besar, maka aplikasi Telegram bisa menjadi solusi untuk Anda.

Baca Juga: Fitur Apa yang Harus Disediakan Ketika Membuat Aplikasi Message ?

Kesimpulan

Itu dia perbedaan Whatsapp dan Telegram yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Masing-masing aplikasi memang memiliki kelebihan dan kelemahan. Anda dapat memilih aplikasi mana yang memiliki fitur paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Meskipun demikian, perlu Anda ingat untuk selalu membaca kebijakan privasi yang mereka sediakan. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan aplikasi dengan tenang dan nyaman tanpa perlu merasa khawatir jika data-data pribadi Anda diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Tertarik untuk mengembangkan aplikasi sendiri ? Silakan hubungi LOGIQUE. Kami akan membantu mengembangkan aplikasi dengan performa yang baik serta tingkat keamanan yang tinggi. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lengkapnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts