Pengertian dan Manfaat Menggunakan File APK

Bagi Anda pengguna Android, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah APK. Namun, tahukah Anda apa itu APK, bagaimana cara menggunakannya, dan apa saja manfaat menggunakan file APK?

APK merupakan kepanjangan dari Android Package Kit, merupakan sebuah paket software yang khusus digunakan untuk para pengguna sistem operasi Android. APK berfungsi untuk mendistribusikan aplikasi kepada para pengguna Android layaknya file EXE yang terdapat pada sistem operasi Windows.

Untuk membuat sebuah file APK, pada umumnya para mobile developer membangunnya menggunakan aplikasi Android Studio sebagai Integrated Development Environment (IDE) sehingga dapat dilakukan instalasi pada smartphone Anda.

Biasanya, file APK telah mencakup seluruh kode dan aset dari sebuah program perangkat lunak dan biasanya para mobile developer akan mengkompilasi aplikasi mereka sebelumnya ke dalam format APK sebelum diunggah ke dalam pasar aplikasi Google.

Manfaat APK

Seperti file EXE pada sistem operasi Windows, salah satu manfaat menggunakan file ini adalah Anda dapat menggunakan file tersebut di kemudian hari. Selain itu, manfaat lain dari APK adalah Anda bisa mendapatkan akses ke aplikasi sebelumnya.

Dengan APK, memungkinkan Anda untuk memasang aplikasi pada perangkat Anda pada sebuah perangkat yang tidak tersedia di dalam aplikasi Google Play. Meski begitu, dengan mengunduh file yang bukan berasal dari situs resminya bukanlah ide yang baik dan akan membahayakan device Anda.

Cara Membuka APK

Perlu diketahui, file APK dapat dibuka pada sejumlah sistem operasi. Meski begitu, file ini akan lebih maksimal jika dibuka pada perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

1. Membuka APK pada sistem Android

File APK dapat dibuka menggunakan perangkat Android dengan cara mengunduhnya saja seperti file lainnya dan membukanya ketika diminta. Namun yang menjadi masalah jika file APK berasal dari luar Google Play Store kemungkinan Anda akan di blok oleh sistem keamanan Android. 

Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mensetting navigasi agar apk dapat dibaca oleh sistem dengan melakukan tindakan OK, atau menggunakan pihak ketiga.

2. Membuka APK pada Windows

Jika Anda ingin membuka file APK menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti BlueStacks. Aplikasi ini merupakan sebuah program dinamis yang dibuat sedemikian rupa sehingga para pengguna Windows atau Mac dapat menjalankan aplikasi Android pada PC mereka.

3. Membuka APK pada Mac

Sama seperti Windows, untuk membuka file APK pada Mac adalah menggunakan ARC Welder yang merupakan sebuah ekstensi Google Chrome yang berfungsi untuk menguji aplikasi Android.

4. Membuka APK di iOS

Jika Anda merupakan pengguna iPhone, iPad, dan perangkat lain yang menggunakan sistem operasi iOS, maka sangat disayangkan, Anda tidak akan dapat membuka file ini karena kedua sistem dibangun dengan cara yang berbeda satu sama lain.

Cara Aman Mengunduh APK

Layaknya mengunduh file exe untuk sistem operasi Windows, mengunduh file APK secara sembarangan ternyata dapat membuat keamanan smartphone Anda terancam dengan masuknya virus atau malware dari file yang telah Anda download.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut kami berikan lokasi yang aman untuk mengunduh file APK, antara lain yaitu:

APKPure

Merupakan salah satu tempat untuk mengunduh beragam jenis file APK layaknya di Google Play Store. Sebelum file tersebut masuk ke APKPure, akan dilakukan pengecekan keamanan secara ketat sebelum aplikasi tersebut ditayangkan.

Kelebihan APKPure dibandingkan dengan kompetitornya yang lain adalah terdapatnya bahasa Indonesia di dalam situsnya sehingga Anda dapat mencari informasi dengan mudah. Bukan hanya itu saja, pada situs tersebut Anda juga dapat menyaring komentar berdasarkan negara.

APKMirror

Merupakan salah satu situs penyedia file APK terbaik dan paling banyak digunakan oleh para mobile developer profesional. Koleksinya pun disinyalir paling lengkap dibandingkan dengan para kompetitornya yang lain. Sebelum memunculkan aplikasi pada situs mereka, APKMirror menerapkan 4 hal, seperti:

  • Melakukan verifikasi file APK yang telah di upload
  • Sebelum diterbitkan, file APK akan lebih dahulu dilakukan pengecekan Cryptographic Signatures jika terdapat aplikasi pembaruan atau update. Sehingga user langsung mendapatkan aplikasi terbaru dan update.
  • Jika aplikasi tidak pernah di upload ke APKMirror, maka APKMirror akan melakukan pengecekan signature lain yang berasal dari pengembang yang sama. Jika signature-nya sama, maka biasanya APKMirror akan menampilkan aplikasi tersebut.

APK Downloader

Jika dibandingkan dengan 2 kompetitor sebelumnya, APK Downloader merupakan situs alternatif yang bisa Anda manfaatkan jika file APK yang Anda cari tidak terdapat pada APKMirror ataupun APKPure.

Dari sisi keamanannya, APK Downloader juga mempunyai peraturan ketat agar aplikasi atau game yang telah dibuat dapat tampil pada situs mereka. 

Cara Instal File APK

Seperti penjelasan sebelumnya, file APK hanya dapat berjalan melalui sistem operasi Android atau melalui aplikasi pihak ketiga seperti Bluestack. Terdapat dua cara untuk menginstal file APK, yaitu:

  • Melalui File Manager

Untuk menginstal file APK, Anda perlu mencari aplikasi File Manager yang biasanya terdapat pada smartphone Anda. Jika telah menemukan aplikasi yang dimaksud, langkah selanjutnya adalah dengan memperbolehkan aplikasi File Manager tersebut untuk meng-install file yang telah Anda pilih.

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan permission kepada sistem operasi Android dengan cara menyentuh “Allow from this source”, lalu tekan tombol “Install”.

  • Melalui Google Play Store

Untuk menginstall file APK melalui Google Play Store, Anda cukup mengunduh file yang Anda inginkan. Setelah selesai diunduh, langkah selanjutnya adalah dengan membuka unduhan file tersebut, lalu klik “Ya” ketika diminta.

Itulah pengertian APK dan cara menginstall file APK pada beberapa sistem operasi. Jika Anda ingin membuat file APK dan memasarkan di aplikasi pemasaran Google Play Store, maka Anda perlu menggunakan jasa mobile developer profesional. Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts