Definisi, Fungsi, dan Cara Menetapkan Goal dalam Digital Marketing

Digital marketing adalah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui berbagai media digital seperti search engines, social media, website, email, dan lainnya. Goals & Objectives menjadi poin yang sangat penting dalam digital marketing agar strategi yang dibangun dapat berjalan terarah & sesuai rencana.

Digital marketing atau pemasaran digital saat ini menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan melihat semakin ketatnya persaingan bisnis secara online. Terlepas dari ukuran bisnis Anda saat ini, digital marketing terbukti efektif dan efisien untuk menjangkau target audiens dimanapun mereka berada.

Perlu Anda ketahui, saat ini sudah semakin banyak konsumen yang berbelanja secara online, baik itu melalui marketplace, website atau social media. Dengan strategi pemasaran ini, produk dan layanan Anda tentu akan lebih mudah untuk ditemukan. 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas informasi mengenai pemasaran digital. Berikut informasinya untuk Anda.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah bentuk pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan yang dilakukan melalui berbagai media digital seperti search engines, social media, website, email, dan masih banyak lagi. 

Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional seperti menggunakan baliho, koran, ataupun brosur, digital marketing dianggap lebih efektif dan efisien. Anggapan tersebut muncul karena beberapa alasan seperti :

  • melalui pemasaran digital Anda dapat mengatur target audiens yang ingin Anda jangkau
  • iklan dapat dijangkau oleh target pasar yang lebih luas
  • menawarkan engagement yang lebih tinggi dengan pelanggan

Selain itu, ketika menjalankan strategi pemasaran digital, Anda akan memperoleh metric, insight, atau report mengenai kinerja iklan yang sedang dijalankan. Dengan informasi tersebut, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang paling tepat untuk menjangkau goals perusahaan.

Beberapa contoh strategi digital marketing yang sering digunakan adalah social media Ads, Pay Per Click, optimasi SEO, email marketing, content marketing, dan lain-lain.

Apa Peran dan Fungsi Digital Marketing bagi Bisnis ?

1.  Sebagai media untuk berinteraksi dengan target audiens

Salah satu tantangan yang dihadapi perusahaan adalah membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Sebelum digital marketing banyak dipergunakan, perusahaan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui cara tradisional seperti menghubungi lewat telepon, mengadakan event, atau datang langsung ke lokasi pelanggan. Sayangnya, hal tersebut tidak dapat berjalan dengan efektif. Bahkan tidak jarang mereka merasa terganggu dengan pendekatan tersebut.

Berbeda dengan saat ini. Kemudahan akses internet memungkinkan perusahaan untuk melakukan pendekatan untuk terus berinteraksi dengan audiens. Bahkan dengan media digital, perusahan dapat menjangkau target yang luas dengan anggaran yang minim.

Beberapa contoh strategi digital marketing yang dapat digunakan seperti :

  1. membuat email newsletter
  2. berbagi konten interaktif di social media
  3. membuat blog post yang informatif
  4. mengadakan broadcast live
  5. dan lain-lain

2. Menjaga loyalitas pelanggan

Pelanggan yang loyal merupakan aset yang perlu dijaga karena mereka akan terus melakukan pembelian. Mereka juga akan dengan senang hati merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada rekan-rekannya sehingga produk Anda akan menjadi lebih dikenal. 

Untuk menjaga loyalitas pelanggan, Anda perlu “keep in contact” dengan mereka dan pemasaran digital akan memudahkan Anda untuk melakukannya. Beberapa startegi yang dapat dilakukan seperti :

a. Email marketing :

Melalui email marketing, Anda dapat mengirimkan berbagai informasi yang berguna bagi pelanggan seperi info produk baru, promo, diskon, give away dan lain-lain.  Strategi ini tidak hanya akan membuat Anda tetap terhubung dengan pelanggan, namun juga dapat membuat pelanggan merasa lebih dihargai, serta mendorong lebih banyak penjualan.

b. Social media marketing:

Social media seperti Facebook, Instagram, atau TikTok memungkinkan sebuah bisnis untuk bisa terus berinteraksi dengan pelanggannya. Anda dapat membuat konten-konten menarik yang mampu mendorong pelanggan agar mau memberikan komentar. Melalui social media, Anda juga bisa membuat konten giveaway, info produk, tips, atau konten bermanfaat lainnya sehingga mereka mau untuk terus mengikuti akun social media perusahaan Anda.

3. Membangun brand awareness

Salah satu fungsi dari digital marketing adalah untuk membangun brand awareness. Brand awareness merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi kesuksesan penjualan sebuah produk karena sebagian besar konsumen memiliki kecenderungan untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari brand yang sudah mereka kenal. Oleh karena itulah, banyak perusahaan yang berusaha keras untuk mebangun brand awarenes sehingga produk-produk mereka dapat dikenal lebih luas.

Untuk membangun brand awareness secara efektif dan efisien, Anda dapat menggunakan strategi digital marketing. Beberapa diantaranya seperti :

a. Optimasi SEO

Melalui optimasi SEO, Anda dapat meningkatkan peringkat website di Google. Dengan demikian, ketika konsumen melakukan pencarian dengan keyword tertentu di Google, website Anda akan ditampilkan di halaman pertama.

Dengan visibilitas yang lebih baik, tentu konsumen akan lebih mudah untuk mengingat produk dan layanan Anda. Selain itu, peringkat web yang tinggi juga akan menghasilkan lebih banyak traffic sehingga produk menjadi lebih banyak dikenal.

b. Social media marketing

Social media saat ini menjadi salah satu media yang banyak dipergunakan untuk mencari informasi mengenai sebuah produk atau layanan. Oleh karena itulah, social media memiliki peranan penting dalam mengembangkan brand awareness.

Selain itu, social media juga menjadi platform yang baik untuk menjaga customer relationships. Dengan social media seperti Facebook atau Instagram, Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan Anda. Selain itu, social media juga membuka peluang untuk ditemukan oleh prospek baru karena banyak follower di akun social media yang reshareing konten serta menyebut teman mereka di kolom komentar.

Baca Juga: Twitter Marketing : Tips Meningkatkan Brand Awareness di Twitter

4. Menjangkau calon pelanggan ideal

Fungsi digital marketing yang selanjutnya adalah untuk menjangkau pelanggan yang ditargetkan. Hal ini akan sangat membantu dalam meningkatkan penjualan karena pesan pemasaran yang Anda buat akan diterima oleh orang-orang yang tertarik dengan produk atau bisnis Anda.

Beberapa contoh pemasaran digital yang dapat digunakan untuk menargetkan spesifik audiens seperti Facebook Ads, Google Ads, atau Instagram Ads.

5. Menghasilkan konversi yang lebih baik

Strategi digital marketing akan membantu bisnis Anda untuk bisa menyampaikan pesan pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan, strategi pemasaran ini juga memungkinkan Anda untuk menargetkan prospek secara spesifik.

Contohnya seperti ketika Anda menggunakan Facebook Ads, Anda diizinkan untuk mengatur lokasi, usia, jenis kelamin, serta bahasa yang digunakan oleh target Anda. Melalui pengaturan ini, pesan pemasaran yang ingin Anda sampaikan akan diterima oleh orang-orang spesifik. Ketika pesan pemasaran dijangkau oleh orang-orang yang memiliki kemungkinan besar untuk tertarik dengan produk Anda, maka perusahaan akan memperoleh lebih banyak peluang untuk menghasilkan konversi.

digital marketing
Sumber: freepik.com/@macrovector

Baca Juga: Pentingnya Digital Marketing Selama Pandemi (Contoh Strategi)

Digital Marketing Goal & Objective

Ketika menjalankan strategi pemasaran, Anda perlu menentukan terlebih dahulu apa yang menjadi goals dan objective yang ingin dicapai. 

  1. Definisi Goal

Goal merupakan hasil yang ingin Anda capai yang biasanya bersifat luas serta untuk jangka panjang. Biasanya, goals digunakan sebagai tolak ukur yang dapat membantu Anda ketika merancang strategi pemasaran yang akan dilakukan secara keseluruhan.

2. Definisi Objective

Objective adalah tindakan spesifik yang dilakukan agar bisa menjangkau goals perusahaan yang lebih besar. Pada umumnya, objective dapat ditindaklanjuti secara realitis, dapat diukuran, serta terikat oleh waktu. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki goals utama yaitu ingin meningkatkan brand awareness, maka objective marketing yang bisa dilakukan adalah mengirim newsletter ke 10 pelanggan baru setiap hari.

3. Cara Menentukan Goal & Objective

Goal dan objective menjadi komponen penting dari strategi pemasaran Anda. Selain itu, baik goal ataupun objective dapat menentukan arah yang diperlukan agar produk atau layanan Anda sukses di pasaran.

Untuk menentukan kedua komponen tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan pertimbangan SMART. Berikut penjelasannya  :

a. Specific

Tujuan yang ingin Anda capai harus spesifik dan detail. Dengan demikian,orang-orang yang terlibat untuk mencapai tujuan tersebut dapat memahami dengan baik akan hasil yang diharapkan. 

b. Measurable

Tujuan tidak boleh bersifat abstrak dan harus bisa diukur. Jika Anda tidak menetapkan “angka” pada tujuan Anda, maka perusahaan akan sulit untuk melacak apakah kemajuan tersebut sudah berhasil dicapai. 

c. Attainable

Goal atau objective juga harus bersifat attainable atau dapat dicapai. Artinya, ketika menetapkan tujuan bisnis, Anda harus mempertimbangkan apakah tujuan tersebut mmeungkinkan untuk dapat dicapai. Anda dapat menggunakan data-data perusahaan untuk melihat apakah tujuan yang ditetapkan memiliki peluang untuk bisa dicapai. 

d. Realistic 

Tujuan bisnis harus realistis. Artinya, Anda dan tim harus menetapkan tujuan bisnis yang dapat dicapai secara realistis berdasarkan sumber daya dan waktu yang tersedia. 

e. Time-bound

Tujuan yang ingin Anda capai harus memiliki tenggat waktu atau kerangka waktu tertentu. Jika tidak, maka tujuan yang sudah ditetapkan akan sulit untuk dicapai karena tidak memiliki batas waktu yang jelas.

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

Kesimpulan

Seiring dengan semakin banyaknya pelanggan yang beralih menggunakan platform digital untuk berbelanja, pemilik bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran digital dalam mempromosikan produk dan layanannya. Terdapat beragam media digital yang bisa digunakan, mulai dari website, social media, email, dan lai-lain. Anda dapat melakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui platform mana yang paling sesuai untuk menjangkau target audiens yang Anda inginkan. Dengan strategi pemasaran digital yang matang, kesuksesan penjualan tentu akan mudah untuk diraih.

Jika Anda membutuhkan tim digital marketing yang dapat membantu memasarkan produk Anda, silakan hubungi LOGIQUE. Kami akan membantu Anda mencapai goals perusahaan yang ingin Anda capai. Informasi selengkapnya silakan klik Layanan Digital Marketing LOGIQUE. Anda juga dapat menghubungi kami untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts