Pada bincang SEO bagian pertama, LOGIQUE mendapatkan berbagai informasi menarik seputar SEO dari Reza Putra, SEO Lead Tokopedia. Melalui hasil interview atau bincang SEO tersebut, berbagai insight menarik seperti pandangannya mengenai perkembangan SEO saat ini, trend SEO di tahun 2021, dan lain-lain dikupas tuntas secara detail. Anda dapat membaca hasil interview tersebut pada link berikut ini :
Bincang SEO Bersama Reza Putra Part #1: Backlinks Sudah Tidak Penting Untuk SEO?
Kali ini LOGIQUE akan kembali menyuguhkan penjelasan lain dari Reza Putra mengenai SEO yang tentunya tidak kalah menarik dari bagian pertama. Seperti, apa yang menjadi tantangan utama dari tim SEO? bagaimana concern Tokopedia terhadap SEO? dan lain-lain. Tertarik untuk mengetahui apa yang disampaikan Reza Putra? Yuk, simak bincang SEO bagian kedua berikut ini.
Table of Contents
Apa benar ranking website adalah prioritas utama dalam SEO?
Q: Sebagai seorang SEO consultant, bagaimana tanggapan atau pandangan Mas Reza ketika klien meminta agar website mereka dapat menduduki peringkat teratas?
Reza: Ok, kita di sini hadir sebagai konsultan, jadi kita juga harus bisa memberikan solusi. Katakanlah klien kita menjual sepatu baru dan ingin agar websitenya menduduki peringkat paling atas dengan kata kunci “sepatu baru”.
Kita harus memberikan informasi terlebih dahulu mengenai resiko apa saja yang akan didapatkan untuk proses optimasinya. Jika ingin menduduki peringkat teratas dengan kata kunci tersebut, artinya klien akan bersaing dengan website-website E-commerce besar. Di sisi lain, misalkan umur website perusahaan klien baru 3 bulan, apakah bisa dilakukan? Jawabannya, Bisa!
Jika diposisikan sebagai agency, maka untuk melakukan optimasi tersebut saya dapat menggunakan teknik blackhat atau yang lain. Tapi pertanyaannya yang muncul selanjutnya adalah “berapa biaya yang akan dikeluarkan?”. Apabila optimasi menggunakan teknik blackhat, lalu kita membuat backlink sebanyak mungkin dari media besar sebanyak 20-30, bisa gak? Bisa! gak ada yang mustahil di dunia digital.
Semuanya bisa. Pertanyaannya, “Berapa dana yang bisa dikeluarkan untuk mendapatkan rank tersebut?”, lalu “apakah website klien sudah siap secara teknis dan lainnya?”,
Pada posisi ini kita seperti seorang motivator, apabila ada seseorang yang ingin sukses, maka pertanyaannya apakah orang tersebut sudah siap untuk sukses? Begitu pula jika ada seseorang yang ingin kaya, apakah dia siap untuk kaya? Artinya, jika orang tersebut bisa mengatur keuangan untuk investasi, menabung, dan lainnya, maka bisa dikatakan orang tersebut siap untuk kaya.
Terdapat contoh kasus dimana seseorang tidak siap untuk menjadi kaya, seperti seorang pemulung di London yang menang undian berapa ratus miliar. Kekayaan yang didapat dihabiskan untuk beli vila, foya-foya dan hal-hal lain yang kurang bermanfaat tanpa ada perencanaan yang matang, hingga pada akhirnya orang tersebut kembali menjadi pemulung.
Sama seperti case klien yang sedang kita bicarakan, apabila website yang dimiliki ingin masuk page 1 untuk keyword “Sepatu Baru” maka sangat mungkin untuk dilakukan. Tetapi, apakah dari sisi server sudah dipersiapkan, kuat gak menahan traffic yang akan dihasilkan sebesar itu? Item atau produk yang dimiliki klien tersedia gak? Kembali lagi, goal si klien apa? Jika goalnya ranking, mengapa tidak menggunakan SEM saja?
Akan tetapi jika tujuan klien tersebut adalah untuk mengembangkan bisnis, maka terdapat plan yang bisa kita rencanakan terlebih dahulu. Jadi kita kembalikan pertanyaan ke klien. Jika website baru ya sebaiknya kita sarankan untuk fokus ke stability terlebih dahulu agar organic growth-nya naik.
Jadi, sebagai konsultan kita harus bisa memberi solusi “oh kalau bapak mau ranking, bisa ditolong pakai SEM dulu Pak. Mungkin keyword-keyword yang lebih mudah kita bisa pakai organic”. Kita bisa pakai pendekatan seperti itu sih. Selain itu mereka pun harus dapat menyesuaikan antara budget dengan objective yang ingin dicapai.
Mana yang lebih baik? Invest SEO atau Paid Ads?
Q : Karena adanya pandemi Covid-19, kami mendapat banyak inquiry dimana klien ingin invest lebih banyak di SEO daripada paid ads. Apa Tokopedia juga merasakan hal yang sama?
Reza: Kalau Tokopedia, dari awal berdiri pun sudah concern dengan SEO, sudah visioner. Jadi bukan hanya karena pandemi kita memikirkan SEO, kami memiliki divisi SEO sendiri dari Tokopedia awal berdiri.
Q: Jadi, dari geliat activitynya, Tokopedia tidak terkena dampak ya dari kondisi seperti ini?
Reza: Tidak ada, karena baik SEO ataupun paid ads, kita semua memprioritaskan bagaimana kita bisa serving user dengan sebaik mungkin. Jadi kita ngga ada pembicaraan mana yang lebih penting antara SEO dan Paid. Karena di Tokopedia sendiri, kita sudah punya 3 DNA. Apapun yang kita kerjakan point pertama dari 3 DNA Tokopedia yaitu Focus on Customer. Jadi tim SEO kita focus on customer bukan focus on backlinks.
Tantangan terbesar dari praktisi SEO
Q: Apa tantangan paling berat yang dihadapi praktisi SEO?
Reza: Lebih ke arah lingkungan. Alhamdulillah saya ada di Tokopedia yang lingkunganya open minded dan membawa dampak positif. Mereka mau menerima saran-saran yang disampaikan, “Oke, Anda ahlinya, ini mau diapain?”.
Jadi memang kembali lagi ya dengan tanggung jawab dari pekerjaan masing-masing. Saya juga gak akan berkomentar dengan hasil kerja tim designer “Wah desainnya kurang gede, ah warnanya ga bagus”, karena saya gak paham dengan design. Begitu pula dengan saya, kalau saya punya direction, tim sebaiknya dapat mengikuti arahan yang diberikan.
Di Tokopedia alhamdulillah kerjasamanya bagus, saran-saran bisa diterima dengan baik. Jadi, untuk mendapat kepercayaan manajemen itu justru menjadi skill yang perlu diasah lagi.
SEO Agency atau Team in-House?
Q: Menurut Mas Reza, sebuah bisnis sebaiknya memulai penerapan SEO menggunakan agency atau hire team in-house?
Reza: Mengenai hal tersebut, kembali lagi ke dana yang dimiliki. Misalkan kita punya pabrik skin care kecil, kita beli pabrik di Tangerang untuk membuat skin care, saya prefer menggunakan agency. Belum tentu kita sebagai pelaku bisnis hiring orang digital dan orang digital itu tahu apa yang harus dilakukan.
Saat ini banyak orang yang melabeli dirinya bisa ini itu. Sebagai orang yang punya latar belakang digital yang bagus, ketika hiring kita bisa menilai apakah orang tersebut memang bisa atau tidak. Tapi kalau misalkan saya adalah seseorang yang buta dengan teknologi dan membuat suatu perusahaan apakah bisa menilai calon tim saya itu bisa digital atau tidak ?, sebaiknya prefer ke agency. Terima beres, iya kan?
Iklan TV mempengaruhi SEO?
Q: Apa komentar mas Reza, ketika ada yang beranggapan bahwa SEO banyak terbantu karena pengaruh iklan di TV?
Reza: Sebenarnya kalau ada pernyataan seperti itu menurut saya tidak tepat, karena gak ada hubungannya SEO dengan iklan di TV. Ini cuma permasalahan orang Indonesia yang masih analog sentris. Penggunaan TV memang masih kuat di Indonesia.
Percaya atau tidak, sekitar tahun 2014, setiap ada kejadian di TV, apa yang mereka highlight akan mempengaruhi Google Trend. Sekarang kondisinya berbalik. Apa yang trending di media sosial, TV yang akan terpengaruh. Coba perhatikan deh, kalau zaman sekarang secara overall trend TV itu ya following digital trend.
Kesimpulan
Dari bincang SEO bagian kedua ini, dapat diketahui bahwa goals dan objectives dari sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan strategi digital marketing yang akan digunakan. Adapun SEO maupun Paid Ads memiliki fungsi yang sama-sama baik, penggunaannya cukup disesuaikan dengan dana dan goals bisnis yang ingin dicapai.
Dunia digital yang sudah semakin berkembang saat ini sangat mempengaruhi pola informasi. Bahkan media televisi yang awalnya dapat mengendalikan trending, saat ini sudah mulai berbalik mengikuti tren yang ada di dunia digital. Selain itu, ketika sebuah bisnis ingin beradaptasi ke arah digital, mereka harus mempertimbangkan apa yang menjadi tujuan mereka serta dana yang dimiliki..
Pada bincang SEO part selanjutnya, Reza Putra akan berbagi informasi mengenai pesan-pesan untuk teman-teman yang sedang mulai belajar SEO dari awal. Simak artikel kami berikutnya ya!