Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Mengembangakan Situs Lowongan Kerja

Sumber: freepik.com

Situs lowongan kerja dapat menjadi recruitment tool yang kuat untuk memperoleh kandidat terbaik dan sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika mengembangkannya. Berikut informasinya untuk Anda. 

Sebelum internet massive dipergunakan, perusahaan mencari kandidat dengan berbagi info lowongan pekerjaan melalui media cetak seperti koran atau brosur. Hal tersebut dinilai kurang efektif, karena info tidak dapat disebarluaskan secara cepat.

Untungnya, saat ini teknologi sudah berkembang semakin pesat. Banyak perusahaan yang mengembangkan situs lowongan kerja sehingga pencari kerja dapat lebih mudah menemukan pekerjaan yang mereka butuhkan. Selain berguna bagi para pencari kerja, mengembangkan situs lowongan kerja atau halaman karir juga dapat memudahkan perusahaan dalam menampilkan persyaratan atau kriteria kandidat yang sedang dibutuhkan secara terorganisir. 

Untuk meyakinkan Anda bahwa situs lowongan pekerjaan dapat membantu tim HR perusahaan Anda, berikut kami informasikan beberapa tantangan atau masalah yang sering dihadapi oleh HRD beserta solusinya.

Baca Juga: Dokodemo Kerja : Aplikasi Absensi Karyawan untuk WFH & Kerja Remote

3 Tantangan yang Dihadapi HRD dan Cara Situs Lowongan Kerja Mengatasinya

1. Membangun Employer Branding

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Linkedin, sebanyak 75% job seeker akan mempertimbangkan employer branding sebelum melamar pekerjaan. Oleh karena itulah, agar lowongan yang Anda posting dapat menarik minat job seeker, maka Anda perlu membangun employer branding dengan baik.

Untuk mengatasinya, Anda dapat membangun situs lowongan kerja yang dapat merepresentasikan budaya kerja di perusahaan seperti dengan menginformasikan benefit yang diperoleh karyawan, berbagi foto karyawan atau suasana kantor, dan lain-lain. Dengan situs web tersebut, Anda dapat menunjukkan kepada kandidat mengapa perusahaan Anda adalah tempat yang tepat untuk bekerja.

2. Sulit mendapat kandidat yang sesuai dengan kriteria

Tim HRD pasti setuju jika poin ini menjadi salah satu tantangan besar yang harus mereka hadapi ketika melakukan proses rekrutmen. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menyebarluaskan info lowongan pekerjaan dengan jangkauan yang lebih luas. 

Saat ini teknologi sudah semakin maju sehingga dapat membantu tugas HRD. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan situs lowongan pekerjaan yang sudah dioptimasi dengan teknik SEO. Dengan cara ini, situs web Anda akan memperoleh visibilitas yang lebih baik sehingga informasi yang Anda sampaikan dapat diterima oleh lebih banyak kandidat. Semakin banyak orang yang mengetahui lowongan pekerjaan Anda, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria.

Setelah itu, hubungkan website Anda dengan Applicant Tracking Systems  ( ATS ) untuk membantu proses screening yang lebih cepat dan mudah.

3. Menjaga proses rekrutmen yang berkesan positif

Ketika mencari kandidat yang sesuai, tim HRD juga harus bisa menjaga agar proses rekrutmen berjalan dapat dengan baik serta menghasilkan kesan yang positif. Tidak jarang proses rekrutmen yang berjalan dengan alur yang rumit dapat membuat kandidat meninggalkan perusahaan Anda.

Akibatnya, perusahaan dapat kehilangan peluang untuk mendapatkan calon karyawan terbaiknya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pwc.com, sebanyak 49% pencari kerja akan menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan jika mereka mendapat pengalaman yang buruk selama proses rekrutmen.

Untuk menciptakan suasana dan pengalaman yang menyenangkan, tim HR tentu memiliki peran besar. Mereka harus bisa menjaga komunikasi dengan baik, menjelaskan alur pekerjaan dengan jelas, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa mempergunakan teknologi untuk menyederhanakan proses rekrutmen yang rumit dan panjang.

Bagaimana melakukannya? yaitu dengan mengembangkan situs lowongan kerja dengan berbagai fitur yang berguna seperti form registrasi, menampilkan tahapan rekrutmen yang dilalui kandidat, menampilkan jadwal interview, atau fitur yang dapat memberikan pemberitahuan via email kepada kandidat. 

Diharapkan dengan penerapan teknologi,  proses seleksi karyawan yang rumit dapat berubah menjadi jauh lebih sederhana sehingga kandidat dapat merasakan pengalaman rekrutmen yang menyenangkan. 

Baca Juga: Mitos-mitos Salah Seputar HR Teknologi yang Perlu Anda Ketahui

situs lowongan kerja
Sumber: freepik.com/@katemangostar

Bagaimana cara membangun situs lowongan kerja yang menarik?

Untuk menghasilkan website rekrutmen yang menarik serta berfungsi dengan baik dalam menjaring kandidat, maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda sediakan di dalamnya, yaitu :

1. Mobile friendly

Agar situs lowongan pekerjaan dapat diakses kapanpun dan dimanapun, maka website yang Anda kembangkan harus memiliki desain yang mobile friendly. Dengan demikian, kandidat atau users dapat mencari pekerjaan melalui perangkat selulernya kapan saja mereka mau. Google sendiri juga sudah lama menginformasikan bahwa mereka akan lebih mengutamakan website yang mobile friendly ketika melakukan pengindeksan.

2. Page Speed yang baik

Untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para kandidat, maka pagespeed juga perlu Anda perhatikan. Website yang bekerja dengan lambat akan membuat kandidat merasa frustasi dan akhirnya memaksa kandidat untuk keluar dari website Anda. Jadi, meskipun situs lowongan pekerjaan sudah Anda isi dengan beragam informasi menarik, users atau kandidat tidak bisa mengetahuinya karena waktu loading yang lama. 

3. Sediakan web design yang profesional dan simple

Untuk menghasilkan kesan pertama yang baik, situs lowongan kerja harus dirancang secara profesional dan menarik secara visual. Users atau kandidat pada umumnya akan membutuhkan waktu sekitar 3 detik sebelum mereka memutuskan untuk terus menjelajah isi website.  Selain itu, website juga harus memiliki desain yang sederhana agar lebih mudah untuk dioperasikan. 

Jadi, jika desain website tidak Anda pikirkan dengan baik, Anda dapat kehilangan peluang untuk memperoleh kandidat potensial. 

4. Memiliki job search / search bar

Sebagian besar users yang mengunjungi situs lowongan kerja memiliki tujuan utama yaitu untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill yang mereka miliki. Oleh karena itu, sediakan search bar atau bilah pencarian di halaman website Anda untuk memudahkan users atau kandidat untuk menemukan lowongan pekerjaan yang mereka cari. Anda juga bisa menambahkan filter di dalam search bar agar kandidat dapat menemukan lowongan yang paling relevan. Setelah itu, tempelkan search tersebut di lokasi yang mudah dilihat oleh pengguna seperti pada bagian sisi kanan atas halaman website.

5. Konten yang dapat meningkatkan Employer Branding 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, employer brand menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh kandidat sebelum melamar pekerjaan. Oleh karena itu, isi konten website juga harus bisa meyakinkan kandidat bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang berkualitas. Beberapa konten yang bisa Anda sediakan seperti :

  • Visi misi perusahaan.
  • Budaya perusahaan.
  • Informasi mengenai aktivitas perusahaan dalam meningkatkan skill dan knowledge para karyawannya.
  • Blog tentang acara yang diadakan oleh perusahaan.
  • Testimoni dari karyawan yang berbagi pengalaman positif selama bekerja di perusahaan Anda
  • Foto tim
  • dan lain-lain

6. Job Applications

Situs lowongan pekerjaan juga harus menyediakan fitur yang dapat mempermudah kandidat untuk mengajukan lamaran pekerjaan. Untuk setiap lowongan yang Anda posting, Anda dapat menyediakan tombol “Apply” di dalamnya.

Tombol tersebut akan mengarahkan kandidat pada halaman formulir sehingga mereka dapat mengisi data diri secara langsung di situs website Anda. Pada halaman formulir tersebut, Anda juga harus menyediakan fitur untuk mengupload Curriculum Vitae atau resume kandidat. 

Perlu Anda ketahui, ketika user mengoperasikan sebuah website, mereka ingin mengetahui proses apa yang sedang terjadi di dalam sistem. Oleh karena itu, setelah kandidat berhasil mengirimkan lamaran mereka, sediakan notifikasi atau feedback pada situs website Anda seperti dengan menampilkan pesan berbunyi “Terimakasih! Surat lamaran Anda sudah kami terima”.

7. Lakukan optimasi SEO

Anda tentu ingin lowongan yang Anda posting di halaman website Anda dapat ditemukan oleh banyak orang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan optimasi SEO.

Optimasi SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya untuk mengoptimalkan performa website agar memperoleh peringkat yang tinggi di halaman pencarian Google. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar website menduduki peringkat teratas seperti penggunaan kata kunci yang relevan, link building, pembuatan meta description, pembuatan konten yang berkualitas, dan masih banyak lagi. 

Jika Anda kesulitan untuk melakukan optimasi SEO sendiri, saat ini sudah banyak penyedia jasa SEO yang siap membantu Anda.

8. Social Media Integration

Agar info lowongan pekerjaan dapat disebarkan dengan jangkauan yang lebih luas, situs website Anda juga bisa Anda integrasikan dengan social media seperti Twitter, Facebook, atau yang lain. Selain dapat mempermudah penyebaran informasi, fitur ini juga dapat meningkatkan web traffic di situs web Anda. 

Baca Juga: Tips Menggunakan Teknologi untuk Menarik Tenaga Kerja dari Generasi Z

Kesimpulan

Perlu Anda ketahui, saat ini generasi milenial dan generasi Z merupakan kelompok usia yang mendominasi dunia kerja. Mereka adalah kelompok yang tumbuh dengan perkembangan teknologi di sekitarnya. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin menarik minat kelompok usia tersebut untuk mau bekerja di perusahaan Anda, maka perusahaan harus mengaplikasikan penggunaan teknologi di lingkungannya. Salah satunya adalah dengan menyediakan situs lowongan kerja sehingga kandidat dapat melamar pekerjaan dengan cepat dan mudah. Di sisi lain, penggunaan teknologi juga akan memudahkan perusahaan untuk mengelola proses rekrutmen menjadi lebih efektif dan efisien. 

Jika Anda ingin mengembangkan website rekrutmen namun belum mengetahui apa saja yang perlu Anda persiapkan, silakan hubungi LOGIQUE. Tim kami akan dengan senang hati membantu Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan klik Jasa Pembuatan Website Rekrutmen.

LOGIQUE juga menyediakan sistem rekrutmen bernama Sugoi Saiyo yang dapat dipergunakan untuk memperoleh karyawan berkualitas. Melalui sistem ini, proses screening CV, interview, test, dan pengumuman kelulusan dapat dikelola dengan mudah. Cek di sini untuk mendapatkan detail informasinya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts