Berkenalan Dengan LiteSpeed dan Manfaatnya Bagi Website Anda

Jika Anda adalah seorang developer website, Anda tentu pernah mendengar istilah LiteSpeed atau LSWS? Jika pernah, tahukah Anda dari pengertian istilah tersebut dan apa hubungannya dengan web server?

Pengertian LiteSpeed atau LSWS

LiteSpeed atau LSWS merupakan salah satu web server terbaik yang ada saat ini dan sangat penting bagi Anda yang ingin membuat website, baik website usaha, e-commerce, maupun website lainnya. Melalui web server tersebut, si pemilik website akan dapat dengan mudah mengatur website dan mendesainnya.

LiteSpeed sebenarnya merupakan salah satu software terbaik dan paling terkenal di dunia web server. Bahkan beberapa sumber juga mengatakan bahwa saat ini, web server ini termasuk ke dalam web server paling terkenal dan terpopuler di dunia. LSWS sendiri merupakan salah satu produk dari LiteSpeed Technologies yang dirilis sejak tahun 2013 lalu. 

Sistem kerja software ini mirip dengan Apache karena perilisannya bertujuan untuk mengganti software tersebut. Kondisi inilah yang akhirnya membuat LSWS menjadi semakin terkenal karena website yang telah hadir sebelum LSWS muncul tidak perlu melakukan format ulang untuk mendapatkan tampilan yang sama seperti website yang telah menggunakan LSWS tersebut.

Salah satu kelebihan LSWS dibandingkan dengan Apache adalah sistem control panel yang lebih mudah digunakan. Bukan hanya itu saja, software LiteSpeed ini juga berperan untuk mengganti fungsi program Apache dan memberikan event driven approach sehingga software tersebut dapat menjalankan perintah-perintah tertentu.

Baca Juga: Kerentanan Keamanan Website di Sistem Apache HTTP Server ( Jan 2019 )

Salah satu keuntungan menggunakan event driven approach adalah sistem kalibrasi formatnya tidak akan serumit saat Anda menggunakan Apache. Bukan hanya itu saja, formatnya pun mudah dipelajari dan dikendalikan meski oleh web developer pemula.

Fitur LiteSpeed

Sebagai salah satu web server yang terkenal dan terpopuler dengan performa yang menjanjikan dibandingkan dengan Apache, membuat web server ini mampu untuk digunakan dengan CMS terpopuler, seperti WordPress, Joomla, dan Drupal serta beberapa CMS populer lainnya.

LiteSpeed sendiri mempunyai beberapa fitur unggulan yang dapat Anda pergunakan, beberapa fitur tersebut antara lain yaitu,

  • Fitur Server APIs

Agar dapat melakukan komunikasi dengan web server menggunakan aplikasi eksternal, seperti Python, PHP, atau Ruby, maka LSWS mendukung penggunaan API server untuk membuat performanya menjadi lebih optimal.

  • Fitur Gzip Compression

LiteSpeed memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menghemat bandwidth mereka dengan cara mengecilkan file yang ingin mereka kirimkan kepada klien. Fitur tersebut adalah fitur Gzip Compression yang memungkinkan Anda untuk menghemat bandwidth saat mengirimkan suatu file.

  • Kompatibel dengan seluruh Sistem Operasi

Salah satu keunggulan dari web server ini adalah kompatibel dengan dengan seluruh sistem operasi yang ada saat ini, seperti Linux, Solaris, Mac OSX, dan FreeBSD.

  • Fitur Konfigurasi Apache

Software LiteSpeed juga menyediakan tools yang berfungsi untuk mematikan httpd.conf serta .htaccess. Keuntungan dengan mematikan kedua settingan tersebut adalah pengguna tidak perlu lagi melakukan konfigurasi ulang ketika akan melakukan perpindahan web server. Selain itu, web server tersebut juga telah menggunakan settingan yang sebelumnya telah mereka miliki dan memprosesnya menggunakan event driven architecture.

  • Control Panels

Keuntungan lain dari Litespeed adalah seluruh control panel yang digunakan di Apache dapat bekerja dengan sangat baik di LSWS. Beberapa contoh control panel yang kompatibel, seperti cPanel, DirectAdmin, dan Plesk. Beberapa plugin tersebut memungkinkan para pengguna untuk melakukan kontrol fungsi web server yang tersedia di panel, termasuk mengontrol cache.

Keuntungan LiteSpeed

LiteSpeed diketahui mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dapat dilakukan oleh kompetitor lainnya. Beberapa keunggulan tersebut antara lain yaitu,

  • Tidak memerlukan hardware yang lebih besar

Terdapat kaitan erat antara resources dengan hardware yang digunakan. Dengan kebutuhan hardware yang lebih rendah, tentu Anda perlu memiliki resources yang bagus namun tidak berat saat digunakan. Karena itu, dengan menggunakan LiteSpeed membuat kebutuhan hardware Anda menjadi dapat ditekan.

Baca Juga: Berkenalan dengan OWASP Top 10, Standar Keamanan Website Dunia
  • Mudah dipelajari

Karena Litespeed formatnya menggunakan Apache, membuat web server ini mudah untuk dipelajari dan digunakan. Selain itu, dari segi tampilannya juga lebih mudah dikenal sehingga fungsi panel dapat diingat menjadi lebih cepat dibandingkan saat Anda menggunakan Apache.

  • Mempunyai Customer Server dan komunitas yang sangat baik

Jika Anda mendapatkan masalah saat menggunakan web server ini, Anda dapat menghubungi CS untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, layanan customer server juga dikenal cepat, ramah dan tepat sasaran. Jika CS sulit dihubungi, Anda bisa menggunakan layanan komunitas LSWS atau forum yang ada di dunia maya dan selalu siap membantu kesulitan Anda.

  • Transaksi lebih mudah

Salah satu alasan perilisan LSWS (LiteSpeed Web Server) adalah karena kemudahannya dalam melakukan proses transisi, sehingga dengan kemampuan pemakaian panel dan kemampuan software yang sangat baik tanpa perlu memikirkan pergantian format, membuat banyak user yang merasa terbantu setelah mereka melakukan transisi dari sistem Apache dengan menggunakan software ini.

  • Keamanan Lebih Terjamin

LSWS telah dilengkapi dengan mode keamanan khusus untuk litespeed. Mode keamanan ini dirancang khusus untuk menghindari serangan DDos serta connection throttling sehingga membuat pengguna menjadi semakin nyaman.

Selain itu, LiteSpeed Web Server juga menjadi salah satu alternatif pilihan bagi para pengguna yang masih kesulitan untuk beradaptasi dengan format Apache dan hanya mempunyai budget terbatas.

Manfaat LiteSpeed

Sebagai web server dan pengganti Apache, Litespeed mempunyai fungsi yang sama dengan Apache agar sebuah situs web bisa tetap berjalan sebagaimana mestinya. Meski begitu, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Litespeed, antara lain yaitu:

1. Performa Website Lebih Cepat

Dengan adanya fitur-fitur seperti concurrent connections, gzip compression, dan arsitektur event-driven yang telah dikembangkan oleh LiteSpeed membuat web server tersebut dapat bekerja lebih cepat jika dibandingkan dengan web server lainnya.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Remote Server dan Aplikasi Pendukungnya

Dengan fitur seperti gzip compression, membuat Anda dapat dengan lebih mudah mengecilkan ukuran file sebelum dikirim dan ditampilkan ke dalam browser secara otomatis. Berbeda dengan web server lain yang tidak melakukan proses kompresi terlebih dahulu sebelum dikirim dan ditampilkan ke browser sehingga membutuhkan proses loading yang lebih lama dan membutuhkan bandwidth yang cukup besar.

2. Memberikan Keamanan 

Dengan proteksi sistem keamanan yang dikembangkan oleh LiteSpeed untuk mencegah serangan DDOS melalui pembatasan bandwidth. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi IP yang terlalu banyak melakukan koneksi dan permintaan atau melakukan permintaan terlalu banyak pada bandwidth. Dengan melakukan pemblokiran tersebut, tentu akan langsung menghentikan penyerang sebelum mereka dapat masuk ke dalam sistem server.

Selain mengamankan website Anda dari serangan DDOS, LiteSpeed ternyata juga mampu mengamankan website Anda dari serangan brute force yang pada umumnya menyerang wp-login.php atau menyerang xmlrpc.php pada WordPress..

Jika Anda ingin website Anda mendapatkan perlindungan yang optimal, maka LiteSpeed adalah pilihan yang tepat dan PT Logique Digital Indonesia adalah salah satu perusahaan jasa pembuatan website yang menyediakan layanan tersebut. Kunjungi website Logique sekarang juga dan dapatkan layanan terbaik dari LOGIQUE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts