Tips Cara Mengatasi Cyber Crime Serta Langkah Pencegahannya

Jika Anda merupakan salah seorang pelaku di dunia digital, tentu tidak akan asing dengan istilah cyber crime. Namun, tahukah Anda tentang pengertian cyber crime tersebut? Lalu bagaimana cara mengatasi cyber crime tersebut?

Pengertian Cyber Crime

Secara umum, cyber crime diartikan sebagai aktivitas kejahatan yang dilakukan oleh orang lain menggunakan komputer atau jaringan komputer. Terdapat banyak pola dan cara yang dilakukan oleh para pelaku cyber crime untuk melakukan kejahatan dunia maya. Meski begitu, terdapat pula banyak pola dan langkah yang dapat Anda gunakan untuk mencegah kejadian tersebut.

Beberapa contoh kasus cyber crime, seperti bullying, pornografi, dan penculikan menggunakan teknologi digital. Bahkan menurut penelitian, terdapat 10 hingga 15 kasus cyber crime setiap detiknya yang terjadi di seluruh dunia.

Permasalahan Cyber Crime di Indonesia

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa masalah cyber crime yang seringkali terjadi dan grafiknya selalu meningkat setiap tahunnya. Berikut ini adalah beberapa masalah cyber crime yang sering terjadi di Indonesia, yaitu:

  • Pencurian dan penggunaan akun internet orang lain

Dibandingkan pencurian lain dalam bentuk fisik, kasus kehilangan akun data biasanya melibatkan hacker yang melakukan pencurian informasi akun orang lain dan melakukan penyalahgunaan data tersebut tanpa sepengetahuan dan seizin si pemilik akun yang asli.

Baca Juga: 3 Kasus Cyber Crime Terpopuler yang Pernah Terjadi
  • Pembajakan situs web

Pembajakan situs web adalah salah satu dari kejahatan dunia maya atau yang sering disebut dengan cyber crime. Bahkan di tahun 2020 lalu, pernah terjadi pembajakan website salah satu situs provider terkemuka di Indonesia yang dilakukan oleh seorang hacker yang bernada protes dengan mengubah tampilan berandanya.

  • Probing dan port scanning

Dalam melakukan pencurian data atau pembajakan, biasanya seorang hacker akan melakukan pengintaian terlebih dahulu dengan cara mengidentifikasi server dan sistem keamanan yang sedang digunakan. Hal ini sama seperti seorang pencuri yang sebelum melakukan aksinya akan melakukan pengintaian terlebih dahulu, seperti merek pintu atau jendela yang digunakan, dan beberapa kebiasaan lain dari si pemilik rumah. Biasanya cyber crime yang menggunakan probing dan port scanning ini akan mengganggu kenyamanan si pemilik rumah.

  • Virus 

Kejadian cyber crime selanjutnya adalah penyebaran virus yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang disisipkan melalui data atau file yang akhirnya membuat perangkat Anda menjadi lambat. Bahkan beberapa virus juga dibuat untuk memberikan ancaman kepada pihak yang dirugikan untuk membayar sejumlah uang agar data-data penting yang mereka miliki tidak hilang.

  • Denial of Service (DoS) dan serangan Distributed Dos (DDos)

Diantara banyak serangan hacker yang dilakukan, jenis serangan Dos dan DDos adalah yang paling dihindari oleh para teknisi IT karena serangan ini bertujuan untuk melumpuhkan website sehingga website tersebut tidak dapat diakses oleh siapapun. Biasanya cyber crime jenis ini banyak terjadi pada industri finansial atau keuangan.

Cara Mengatasi Cyber Crime

Pada umumnya perangkat yang Anda gunakan telah disediakan berbagai tools untuk menjaga keamanan perangkat Anda dari berbagai aktivitas kejahatan dunia maya. Meski begitu, terdapat beberapa langkah yang dapat mencegah terjadinya kejahatan dunia maya atau cyber crime, antara lain yaitu:

  • Selalu mengupdate security software

Langkah pencegahan paling mudah yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan update security yang terdapat pada perangkat Anda secara berkala. Pada umumnya, beberapa perangkat PC atau smartphone seringkali mengeluarkan update security secara berkala yang berfungsi untuk menutup celah keamanan yang terdapat pada perangkat Anda. 

  • Membuat password yang kuat

Cara mengatasi cyber crime lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat password yang kuat pada beberapa akun Anda. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan campuran antara karakter dengan angka agar kata sandi akun Anda menjadi lebih kuat.

Baca Juga: 4 Jenis Cyber Crime yang Dapat Mengancam Bisnis Anda
  • Menginstall software antivirus

Cara pencegahan lain yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari cyber crime adalah dengan menginstall software antivirus. Software ini selain mencegah tindakan cyber crime, juga dapat mendeteksi dan menghilangkan beberapa malware, seperti virus, ransomware, keyloggers, trojan horse, worms, spyware, rootkits dan beberapa virus lainnya. 

Jika Anda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang finansial atau keuangan, maka sangat disarankan untuk menginstall aplikasi ini pada perangkat Anda sehingga seluruh data pelanggan Anda dapat tersimpan dengan aman.

  • Melakukan backup data

Agar seluruh data tetap aman meskipun perangkat Anda terkena virus, sebaiknya Anda mempunyai backup dari seluruh dokumen-dokumen penting Anda. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan data-data Anda jika suatu hari perangkat Anda terkena cyber crime dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Menggunakan jasa konsultan keamanan

Untuk menjaga keamanan dan privasi Anda secara keseluruhan, Anda dapat menggunakan jasa konsultan keamanan agar bisnis Anda tetap aman dari aktivitas cyber crime. Salah satu jasa konsultan keamanan IT profesional yang bisa Anda gunakan adalah PT Logique Digital Indonesia. Untuk informasi lengkapnya, silakan berkunjung ke website Logique Digital Indonesia.

  • Menggunakan fitur keamanan website (SSL/ HTTPS)

Jika bisnis Anda menggunakan media website sebagai promosi dan penyimpanan data-data penting lainnya, sebaiknya menggunakan fitur keamanan website yang telah disediakan oleh Google, seperti layanan SSL atau HTTPS.

Pencegahan Cyber Crime

Baca Juga: Mengetahui 3 Contoh Kasus Cyber Crime di Indonesia

Dengan semakin meningkatkan aktivitas cyber crime terutama di Indonesia, tentu dibutuhkan beberapa langkah pencegahan agar seluruh data-data penting Anda dapat terlindungi dengan aman. Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah cyber crime, antara lain yaitu:

Mengedukasi User

Cara mengatasi cyber crime selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus cyber crime pada perusahaan bisnis Anda adalah dengan melakukan edukasi terhadap seluruh karyawan Anda agar selalu berhati-hati sebelum melakukan tindakan yang dapat merugikan perusahaan, seperti mengklik email spam yang berasal dari sumber yang tidak jelas, dan berbagai hal lainnya.

Berpikir Layaknya Hacker

Jika perangkat Anda telah diretas oleh hacker, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan berpikir layaknya hacker yang ingin meretas perangkat Anda. Hal ini diperlukan untuk mengetahui tindakan seperti apa yang perlu dilakukan untuk mengamankan sistem.

Memperkuat sistem keamanan website dan mematuhi peraturan yang berlaku

Agar sistem keamanan website Anda menjadi lebih kuat, sebaiknya Anda menggunakan security pihak ketiga dan mematuhi seluruh aturan dari pemerintah sehingga seluruh sistem keamanan menjadi terjamin dan seluruh data-data penting menjadi aman.

Jangan menggunakan software bajakan

Agar seluruh data-data penting Anda merasa aman, sebaiknya Anda menggunakan peranti lunak resmi dibandingkan bajakan. Sebab, software bajakan biasanya ditanami banyak malware yang jika masuk ke dalam perangkat Anda akan membuat masalah pada perangkat Anda.

Rajin mengganti kata sandi

Untuk terus menjaga data-data penting klien dan perusahaan Anda, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan rajin mengganti kata sandi pada akun-akun penting Anda secara berkala. Sangat direkomendasikan dalam membuat kata sandi dengan mengkombinasikan antara karakter huruf, angka dan simbol sehingga tidak mudah ditebak dan diretas.

Itulah beberapa cara mengatasi cyber crime yang dapat Anda lakukan agar seluruh data-data penting Anda terus aman dan tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts