Memahami Arti Trademark dan Peran Pentingnya bagi Sebuah Bisnis

Sumber: Unsplash.com

Trademark adalah karakteristik sebuah produk yang ditampilkan dalam bentuk frasa, kata, slogan, atau simbol yang berfungsi untuk membedakan keaslian sebuah produk dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Dengan adanya trademark, pelanggan dapat lebih mudah dalam menemukan produk yang benar-benar mereka inginkan.

Trademark atau merek dagang menjadi komponen penting untuk semua jenis bisnis di berbagai bidang industri. Seperti yang Anda ketahui, persaingan bisnis saat ini sudah semakin ketat. Sebuah perusahaan dapat memproduksi jenis produk yang sama dengan perusahaan yang lain. Namun mereka memiliki trademark masing-masing yang dapat menunjukan sebuah identitas atau keunikan pada produk yang mereka pasarkan.

Agar Anda dapat lebih memahami apa arti trademark sebenarnya, berikut kami sediakan penjelasannya untuk Anda.

Arti Trademark

Trademark atau merek dagang adalah lambang, frasa, kata, slogan, ataupun simbol yang digunakan dan diadopsi oleh produsen atau perusahaan untuk mengidentifikasi produk-produknya serta membedakannya dari produk yang dijual oleh produsen atau perusahaan lain.

Trademark dapat membantu meningkatkan brand awareness sehingga produk yang Anda tawarkan akan terlihat lebih menonjol dan mudah untuk diingat. Jadi, ketika pelanggan melihat trademark perusahan Anda, mereka dapat dengan mengetahui apa yang Anda jual.

Perlu Anda ketahui, trademark yang Anda pergunakan perlu Anda daftarkan terlebih dahulu agar tidak digunakan oleh perusahaan lain. 

Contoh-contoh Trademark

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, trademark dapat berupa logo, frasa, slogan, atau karakteristik lain. Berikut beberapa contoh trademark perusahaan terkenal di dunia :

Simbol 

  • Trademark McDonald’s berupa simbol golden arches atau lengkungan emas berbentuk M.
  • Trademark Nike berupa tanda centang atau simbol swoosh.

Slogan

  • Slogan McDonald’s yang berbunyi “i’m lovin’ it”
  • Nike dengan slogan yang berbunyi “just do it”.

Nama Perusahaan 

  • Nama-nama pendiri perusahan yang menjadi trademark atau merek dagang adalah Louis Vuitton, Chanel, Dior, dan lain-lain.

Brand Mascot

  • Mickey Mouse merupakan brand mascot yang menjadi trademark The Walt Disney Company.
arti trademark
Sumber: unsplash.com/@cordulaaa

Baca Juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Perkembangan Usaha Anda

3 Alasan Mengapa Trademark penting bagi bisnis

 1. Trademark menjadi alat komunikasi yang efektif  

Logo sebagai salah satu bentuk dari trademark dapat menjadi tool yang efektif untuk mengkomunikasikan informasi bisnis kepada target market Anda. Ketika melihat logo bisnis, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui produk apa yang Anda jual tanpa harus berbicara langsung.

Sebagai contoh ketika melihat sebuah laptop dengan logo buah apel yang tergigit, konsumen akan dengan mudah mengetahui bahwa laptop tersebut diproduksi oleh Perusahaan teknologi bernama Apple. Mereka juga dapat dengan mudah menilai bagaimana reputasi dan kualitas produk tersebut.

2. Memudahkan pelanggan untuk menemukan produk-produk Anda

Karena trademark berfungsi untuk membedakan produk Anda dengan pesaing bisnis Anda, maka trademark dapat memudahkan pelanggan untuk menemukan produk-produk milik Anda. Sebagai contoh, ketika berada di sebuah mall, terdapat beberapa outlet yang menjual sneakers. Ketika konsumen mencari sneaker dari Nike, mereka akan mengunjungi outlet yang menunjukan simbol “Swoosh” di dalamnya. 

Selain itu, di era digital seperti saat ini, sebagian besar pelanggan akan mencari informasi atau bahkan berbelanja melalui internet. Dengan banyaknya bisnis online saat ini, pemilikan trademark akan mempermudah pelanggan untuk menemukan produk-produk Anda. Mereka dapat melakukan pencarian menggunakan nama merek yang Anda gunakan.

3. Menghindari plagiarisme

Trademark merupakan aset penting yang perlu dijaga. 

Ketika Anda memiliki produk yang populer dan disukai oleh banyak orang, maka akan banyak pihak yang berusaha untuk meniru atau bahkan memalsukannya. Tanpa pendaftaran merek dagang atau trademark, Anda mungkin akan kesulitan untuk melindungi produk-produk Anda dan membuktikan bahwa Anda adalah pemilik yang sah. 

Itulah sebabnya mengapa para pemilik bisnis perlu mendaftarkan merek dagang mereka agar trademark perusahaan tidak dipergunakan oleh perusahaan lain.

Baca Juga: Pengertian Promotion Mix Beserta Contoh-Contohnya

Trademark VS Copyright

Sebagian orang sampai saat ini mungkin masih kesulitan untuk membedakan trademark dengan copyright. Kedua istilah tersebut memang sama-sama dipergunakan untuk melindungi kekayaan intelektual yang dimiliki oleh individu, kelompok, ataupun bisnis.

Meskipun demikian, arti trademark dan copyright tidak bisa dianggap sama. Salah satu hal yang membedakan Trademark dengan Copyright terletak pada apa yang mereka lindungi secara khusus.

1. Apa yang dilindungi oleh Trademark ?

Trademark dapat digunakan untuk memberikan perlindungan pada kekayaan intelektual yang mencakup kata, frasa, simbol, atau desain yang membedakan produk tertentu dibandingkan dengan yang lain.

2. Apa yang dilindungi oleh Copyright ?

Copyright adalah hak cipta yang dipergunakan untuk melindungi produk yang telah dibuat oleh produsen dari penjiplakan atau masalah lain yang dapat melanda produk tersebut. Beberapa contoh hak cipta yang dilindungi seperti puisi, novel, penelitian, film, lagu, perangkat software, dan lain-lain. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai arti trademark dan pentingnya bagi perusahaan. Jika saat ini merek dagang Anda belum terdaftar, sebaiknya lakukan registrasi di Kemenkumham agar perusahaan Anda bisa menjadi pemilik trademark yang sah. Setelah terdaftar, Anda dapat melakukan berbagai strategi pemasaran digital untuk memenangkan persaingan bisnis di era modern seperti saat ini.

Jika Anda membutuhkan bantuan, silahkan hubungi LOGIQUE ya! Kami memiliki tim digital marketing yang selalu siap untuk membantu perusahaan Anda agar bisa lebih berkembang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts