Mengenal Apa itu Duckduckgo, Mesin Pencari Yang Menghormati Privasi

Sumber: unsplash.com

Apa itu Duckduckgo? Duckduckgo adalah search engine yang memprioritaskan privasi dan keamanan pribadi para penggunanya. Di halaman official websitenya, Duckduckgo menyampaikan bahwa misi mereka ialah guna menciptakan standar baru tentang kepercayaan online. Jadi, tidak ada tempat untuk iklan remarketing di Duckduckgo.

Meskipun saat ini sebagian besar orang menggunakan Google, namun Duckduckgo dapat menjadi alternatif mesin pencari yang memiliki performa cukup baik, terutama jika Anda ingin menjaga privasi selama online.

Perlu Anda ketahui, Google dan mesin pencari lain seperti Bing atau Yahoo sering mengumpulkan informasi atau data-data dari para penggunanya. Google menginformasikan, bahwa data-data yang mereka kumpulkan nantinya akan dipergunakan untuk meningkatkan kualitas dari layanan mereka sehingga para pengguna dapat merasakan user experience yang lebih baik. Meskipun demikian, tidak sedikit pengguna yang merasa keberatan dengan hal tersebut dan beralih menggunakan Duckduckgo.

Jika Anda juga tertarik dengan search engine ini, berikut penjelasan mengenai apa itu Duckduckgo untuk Anda.

Apa itu Duckduckgo?

Duckduckgo adalah mesin pencari yang tidak akan melacak aktivitas penggunanya. Mesin pencari ini tidak akan menggunakan cookie, tidak mengumpulkan alamat IP, serta tidak mengharuskan penggunanya untuk membuat profil pribadi.

Ketika menggunakan Duckduckgo, Anda akan terhindar dari filter bubble yang biasanya digunakan oleh sebagian besar search engine. Jadi, ketika Anda melakukan pencarian melalui Duckduckgo, Anda akan memperoleh hasil atau rekomendasi yang sama persis dengan pengguna lainnya. Artinya, hasil pencarian tidak akan disesuaikan dengan riwayat pencarian dan preferensi masing-masing penggunanya. 

Saat ini sebagian besar orang beranggapan bahwa privasi merupakan salah satu hal yang sulit dijaga di internet. Namun Duckduckgo hadir untuk mengatasinya. Di halaman official websitenya, Duckduckgo menyampaikan bahwa misi mereka adalah untuk menciptakan standar baru mengenai kepercayaan online.

Kelebihan dan Kekurangan Duckduckgo

Jika Anda sudah memahami apa itu Duckduckgo namun masih ragu untuk menggunakannya, berikut kami informasi kelebihan dan kekurangan Duckduckgo sebagai bahan pertimbangan.

apa itu duckduckgo
Sumber: Duckdukcgo

A. Kelebihan Duckduckgo

1. Duckduckgo tidak melacak Anda

Sebagai search engine yang menjaga users privasi, Duckduckgo tidak akan melacak informasi pribadi atau aktivitas pencarian yang dilakukan oleh para penggunanya. Search engine ini juga tidak akan menampilkan riwayat pencarian sehingga semua pencarian akan terlihat seperti belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

2. Mendapatkan hasil pencarian yang tidak bias

Dengan Duckduckgo, Anda akan memperoleh hasil pencarian yang tidak bias. Hal ini terjadi karena Duckduckgo menghindari filter bubble dimana pencarian akan dipersonalisasi berdasarkan informasi tentang pengguna seperti perilaku klik atau riwayat penelusuran sebelumnya.

Jadi, ketika melakukan penelusuran, Duckduckgo akan menampilkan hasil tanpa mengetahui background penggunanya. Itulah sebabnya mengapa Duckduckgo bisa menjadi search engine yang baik untuk mencari sumber-sumber informasi untuk sebuah topik penelitian yang mudah terpengaruh oleh bias politik ataupun budaya. 

3. Tidak memiliki banyak iklan

Ketika Anda melakukan pencarian melalui Google, Anda dapat melihat banyak ads di halaman pertama. Berbeda dengan Duckduckgo yang meminimalkan tampilan iklan di dalam hasil penelusurannya. Iklan yang ditampilkan juga hanya berdasarkan kata kunci yang diinput oleh users, bukan berdasarkan profil pribadi atau riwayat pencarian sebelumnya.

4. Tidak ada Google Remarketing

Google remarketing atau retargeting adalah cara yang dipergunakan oleh para pengiklan di Google Ads untuk mengikuti calon pelanggan kemanapun mereka pergi di internet setelah mereka mengunjungi situs web mereka. Ketika menggunakan Duckduckgo, Anda tidak akan terganggu dengan iklan-iklan tersebut karena Duckduckgo tidak akan menyimpan riwayat pencarian Anda. 

5. Fitur !bangs

Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Duckduckgo adalah fitur !bangs. Fitur ini merupakan shortcuts yang dapat memberikan hasil pencarian di situs web lain secara langsung. Tanda seru yang Anda pergunakan (!) akan memberitahu Duckduckgo bahwa Anda ingin melakukan pencarian di halaman website tertentu. 

Sebagai contoh, Anda ingin membaca artikel tentang Film Spiderman di Buzzfeed. Dengan menggunakan Duckduckgo, Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dengan mengetik “!buzzfeed Spiderman” di kolom pencarian. Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk pencarian produk. Contohnya adalah ketika Anda ingin mencari speakers di Amazon, maka Anda cukup mengetik “!a speakers” di kolom pencarian.

Duckduckgo memiliki ribuan list !bangs untuk berbagai kategori. Anda dapat melihat daftar tersebut di duckduckgo.com. Anda juga dapat membuat saran untuk !bangs yang ingin Anda tambahkan ke dalam halaman Duckduckgo ini.

Baca Juga: Manfaat Search Engine Marketing (SEM) Bagi Bisnis 

B. Kekurangan Duckduckgo

1. Tidak memiliki fasilitas yang lengkap

Jika dibandingkan dengan Google, Duckduckgo memiliki lebih sedikit fasilitas. Google memiliki Google Maps, Google Flights, Google Finance, serta Google Books, sedangkan Duckduckgo belum memiliki layanan serupa.

2. Terkadang tidak nyaman digunakan

Google mengumpulkan data untuk meningkatkan layanan serta user experience para penggunanya agar hasil pencarian dapat disesuaikan dengan minat atau profil pengguna. Jadi, ketika Anda mencari informasi, Google akan memberikan jawaban yang sesuai untuk masing-masing pengguna.

Sebagai contoh, ketika Anda mencari kueri “rumah makan Jepang”, Google akan mengetahui lokasi Anda dan menunjukkan rekomendasi rumah makan Jepang terdekat beserta dengan peta untuk menuju rumah makan tersebut. Berbeda dengan Duckduckgo yang tidak akan mengingat profil penggunanya sehingga ketika Anda mencari informasi dengan kueri “rumah makan Jepang”, Anda akan memperoleh informasi secara general.

Jadi, jika Anda tidak memiliki masalah dengan pengumpulan data yang dilakukan oleh Google, maka Google lebih nyaman untuk digunakan. 

Baca Juga: Pengertian SERP Google dan Hubungannya dengan SEO

Kesimpulan

Itu dia penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu Duckduckgo. Jika privasi adalah hal utama yang harus Anda jaga, tentu Duckduckgo dapat menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun demikian, sampai saat ini Google masih menjadi search engine terbesar yang dipergunakan oleh banyak orang untuk mencari informasi ataupun produk. Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis melakukan berbagai teknik optimasi SEO agar website mereka dapat memperoleh peringkat teratas di Google.

LOGIQUE sendiri merupakan salah satu SEO consultant yang sudah membantu banyak bisnis di Indonesia. Dalam meningkatkan performa website, kami melakukan berbagai teknik baik itu on page, off page atau pun technical SEO. Tertarik dengan layanan ini? Yuk kunjungi Layanan Optimasi SEO atau klik Hubungi LOGIQUE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts