Keuntungan Memasarkan Produk Menggunakan Teknik Endorse

Bagi seorang social media specialist, tentu pernah mendengar istilah Endorse. Namun, tahukah kamu apa arti endorse atau endorsement? 

Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan media sosial semakin meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan banyak public figure atau artis yang kini beralih menjadi seorang selebgram untuk melakukan promosi sebuah online shop di media sosial mereka.

Promosi yang dilakukan dapat berupa produk atau jasa, mulai dari makanan, pakaian, skincare, hingga makeup. Pada umumnya, promosi tersebut beragam bentuknya, mulai dari teks, foto hingga video.

Arti Endorse

Secara umum, endorse adalah sebuah bentuk dukungan atau support yang berasal dari para artis sosial media atau lebih dikenal dengan sebutan selebgram yang dilakukan melalui sosial media mereka. 

Endorse sendiri berasal dari kata endorsement yang berasal dari Bahasa Inggris dan termasuk ke dalam salah satu strategi digital marketing. 

Di Indonesia, praktik endorse semakin marak berkembang selaras dengan pesatnya pertumbuhan teknologi media sosial di era digital yang ada saat ini. Bahkan beberapa perusahaan terkemuka telah menjalankan strategi digital marketing ini demi meningkatkan penjualan jasa atau produk.

Cara Kerja Endorse

Cara kerja endorse terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mencari seorang selebgram, artis atau influencer yang mempunyai ribuan atau bahkan jutaan follower di sosial media mereka. Namun sebelum menggunakan jasa mereka, sebaiknya Anda mengetahui lima poin dari cara kerja endorse, antara lain yaitu:

1. Bersifat Positif dan Publik

Endorse harus bersifat publik sehingga siapapun dapat mendengar, melihat atau membaca promosi yang sedang Anda lakukan. Dengan kata lain, produk atau layanan yang sedang di endorse di promosikan melalui akun media sosial yang tidak di private, bukan hanya disebarkan di grup keluarga atau teman dekat saja.

Baca Juga: 7 Tips Berjualan di Instagram Agar Omset Meningkatkan di Tahun 2021!

Selain itu, pastikan selebgram, artis, atau influencer tersebut membuat sebuah caption dan komentar yang positif mengenai produk/ layanan kamu sehingga dapat meningkatkan banyak pembeli.

2. Paid Endorse dan Promote

Paid promote merupakan suatu promosi produk atau jasa yang dilakukan oleh seorang seleb atau influencer dengan cara memposting materi yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh pihak endorsement, seperti foto dan caption di akun media sosial mereka. 

Karena caption dan fotonya berasal dari pihak endorsement, membuat tarif iklan ini tidak terlalu mahal tergantung dari seberapa banyak follower dari si selebgram itu sendiri.

Sedangkan Paid Endorse merupakan sebuah bentuk promosi produk atau jasa, dimana foto dan captionnya dibuat dan dipikirkan sendiri oleh pihak endorser sehingga harganya terbilang cukup mahal.

Melalui Paid Endorse, pihak endorsement akan mengirimkan produk atau barang mereka kepada selebgram tersebut yang kemudian akan difoto dan di posting ke media sosial mereka karena mempunyai effort yang lebih banyak dibandingkan dengan paid promote.

3. Tidak Mengikat

Endorse merupakan sebuah bentuk promosi produk atau jasa yang bentuknya tidak mengikat sehingga pihak endorser hanya perlu memposting produk sebanyak satu kali atau dengan durasi tertentu serta tidak ada kewajiban untuk selalu menggunakan produk tersebut setiap saat.

Selain itu, pihak endorser juga diperbolehkan untuk memposting produk atau jasa yang berbeda dihari yang sama.

4. Tanpa Kontrak

Dalam melakukan perjanjian endorse, kamu tidak perlu melakukan tatap muka langsung dengan pihak endorsement dan dapat dilakukan melalui online atau telepon. Meski begitu, bagi brand-brand besar tetap diperlukan perjanjian menggunakan penandatanganan kontrak.

5. Tricky

Sebagai pihak yang memberikan produk, Anda tetap harus tricky dalam memilih seorang selebgram atau endorser sehingga produk kamu benar-benar dilihat dan dibeli oleh orang yang menjadi target produk tersebut. Berikut beberapa tips memilih endorser yang dapat dilakukan, seperti:

  • Menentukan Target Pasar

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menentukan target pasar, apakah anak-anak, remaja, mahasiswa, pekerja kantor, dan lain-lain. Dengan menentukan target pasar tersebut, kamu dapat langsung memilih endorser yang tepat dan sesuai dengan target pasar Anda tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda
  • Mengecek Jumlah Komentar dan Like

Setelah kamu menemukan selebgram atau influencer yang tepat, jangan langsung terburu-buru untuk mengajak mereka bekerja sama. Sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu berapa banyak like dan komen yang dia dapatkan dari setiap postingan yang diterbitkan olehnya. Jika jumlah komentar dan like-nya terpaut jauh dari total follower yang dimiliki, maka besar kemungkinan akun yang berkomentar adalah akun bodong yang memanfaatkan ketenaran dari artis atau selebgram tersebut.

  • Mengecek Balasan Komentar

Tips lain sebelum bekerja sama dengan endorser adalah dengan mengecek hubungan antara selebgram tersebut dengan para followernya. Perhatikan apakah interaksinya bagus atau tidak? Sebab, tidak semua follower mereka adalah fans, bahkan kebanyakan adalah haters. Jika interaksinya baik, maka besar kemungkinan produk yang kamu tawarkan bisa diterima oleh para follower mereka yang sesuai dengan target pasar yang kamu tentukan.

Keuntungan Menggunakan Teknik Strategi Endorse

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan teknik strategi Endorse ini. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan, antara lain yaitu:

1. Pemasaran cepat

Dengan menggunakan strategi endorse, produk yang kamu tawarkan dapat dipasarkan secara lebih cepat dan terarah sesuai dengan target pasar yang kamu tentukan, apalagi jika jumlah follower selebgram tersebut sangat banyak sehingga produk kamu dapat lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga: Strategi Membuat Caption Instagram yang Baik Untuk Menaikan Engagement

2. Hemat biaya

Teknik pemasaran menggunakan metode endorse membuat biaya promosi menjadi lebih murah dibandingkan menggunakan teknik pemasaran lainnya, seperti memasarkan melalui iklan televisi, atau surat kabar.

Selain itu telah banyak pelaku bisnis yang membuktikan bahwa teknik promosi menggunakan metode endorse membuat produk mereka cepat laku dan dikenal oleh masyarakat.

3. Efektif

Selain hemat biaya, teknik endorse juga membuat promosi produk menjadi lebih efektif. Sebab, dengan biaya yang lebih murah, produk kamu bisa langsung ditawarkan sesuai dengan target pasar dengan market yang luas dan dapat diterima oleh follower, karena pada umumnya para follower mereka akan selalu memperhatikan gaya hidup idola mereka, mulai dari pakaian hingga makanan.

4. Mempunyai daya tarik yang tinggi

Karena teknik endorse membutuhkan artis, public figure, selebgram, atau influencer yang mempunyai banyak fans atau follower setia, tentu setiap postingannya akan mempunyai daya tarik yang tinggi dari fans garis kerasnya sehingga setiap produk yang kamu tawarkan melalui endorser tersebut dapat lebih terkenal dan dipercaya oleh konsumen.

Itulah beberapa pengertian dan arti endorse secara umum serta beberapa tips dan trik beserta keuntungan menggunakan teknik endorse. Jika kamu ingin produk lebih dikenal oleh masyarakat, maka dapat menggunakan perusahaan jasa digital marketing yang melayani jasa sosial media. 

Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia yang mempunyai layanan digital marketing profesional yang mampu membuat produk kamu menjadi lebih dikenal menggunakan strategi digital marketing, seperti SEM, social media ads, ataupun SEO.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba melakukan strategi endorse untuk meningkatkan penjualan produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

caption instagram https://pixabay.com/id/photos/instagram-media-sosial-halaman-web-1519537/
instagram ads