Ingin Bisnis Anda Berkembang? Gunakan Strategi Marketing Mix Ini

Bagi para digital marketing professional, tentu pernah mendengar istilah marketing mix. Namun bagi orang awam, istilah tersebut tentu masih sangat aneh di telinga mereka sehingga perlu diberikan penjelasan kepada mereka. Meski begitu, terdapat sebuah strategi pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda, disebut dengan strategi marketing mix

Pengertian Marketing Mix

Marketing mix menurut Kotler dan Amstrong merupakan sekumpulan variabel pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka. 

Strategi marketing mix adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara menggabungkan berbagai elemen yang terdapat di dalam marketing mix tersebut.

Strategi Marketing Mix

Marketing mix mempunyai beberapa elemen penting bagi sebuah pemasaran yang dikenal dengan sebutan 4P. Namun, seiring perkembangan zaman, strategi marketing mix saat ini mempunyai beberapa elemen tambahan dan dikenal dengan sebutan 7P.

Elemen Strategi Marketing Mix

Marketing mix saat ini mempunyai beberapa elemen penting yang dapat diterapkan untuk membantu perkembangan bisnis Anda, elemen-elemen tersebut antara lain yaitu:

Product

Elemen pertama dari strategi marketing mix adalah produk. Pada elemen ini, Anda diharuskan untuk menentukan terlebih dahulu produk atau layanan apa yang akan Anda tawarkan kepada para konsumen. Pada elemen ini, terdapat dua unsur yang wajib diperhatikan oleh Anda, yaitu kualitas dan visual.

Agar produk Anda dapat dipercaya oleh konsumen dan mendapatkan penilaian yang bagus, maka pastikan bahwa produk Anda tersebut benar-benar berkualitas dan ditampilkan dengan visual yang menarik sehingga semakin membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat produk dengan kualitas baik dan tampilan yang menarik adalah dengan cara melakukan riset ke target pasar yang menjadi tujuan produk Anda untuk mendapatkan informasi mengenai produk seperti apa yang mereka inginkan.

Riset yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan informasi, mulai dari respon pasar, produk yang diinginkan oleh konsumen, kelebihan dan kekurangan kompetitor, dan berbagai informasi penting lainnya.

Price

Elemen selanjutnya dari strategi marketing mix adalah price atau harga. Elemen ini sangat penting karena erat kaitannya dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari hasil penjualan produk tersebut.

Pertimbangkan untuk menghitung jumlah biaya yang telah Anda keluarkan dengan produk atau layanan yang telah Anda berikan kepada konsumen. Dalam menentukan harga, sebaiknya Anda menghitung dengan sebaik mungkin, mulai dari biaya produksi, modal yang telah Anda keluarkan hingga muncul besaran angka keuntungan yang Anda dapatkan.

Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu memperhatikan harga penjualan dari kompetitor Anda. Pastikan harga jualnya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah agar tidak terjadi ketimpangan harga serta mencegah terjadinya kerugian.

Promotion

Apalah arti pemasaran tanpa sebuah promosi. Elemen ini terbilang sangat penting untuk bisnis Anda, karena dengan elemen ini bisnis atau usaha Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat sehingga meningkatkan kepercayaan mereka dan menambah pelanggan.

Berdasarkan pengertiannya, promosi adalah aktivitas penyebaran informasi yang bertujuan untuk membujuk, mempengaruhi dan mengingatkan pasar bahwa produk yang Anda buat telah siap jual dan dapat dibeli oleh masyarakat umum.

Salah satu langkah promosi yang sering dilakukan adalah dengan memasang iklan melalui berbagai media, seperti surat kabar, spanduk, social media, elektronik, dan brosur. Namun diantara berbagai media tersebut, promosi menggunakan media sosial dalam beberapa tahun terakhir sering digunakan mengingat pesatnya perkembangan media sosial saat ini.

Place

Elemen penting lainnya dalam strategi marketing mix adalah place atau lokasi. Elemen ini terbilang sangat penting karena merupakan salah satu faktor penentu dari penjualan produk atau layanan Anda. Hal ini terbilang cukup logis, sebab jika Anda ingin produk Anda banyak dibeli oleh konsumen, tentu Anda perlu menjualnya di lokasi yang tepat. Karena itu, pilih dan sesuaikan lokasi penjualan produk dengan target pasar Anda.

People/ Participant

People atau participant adalah salah satu elemen tambahan dan termasuk elemen penting dari strategi marketing mix terbaru. Partisipan sendiri adalah setiap orang yang masuk dan turut serta berpartisipasi dalam memasarkan produk atau layanan.

Contoh partisipan dalam bisnis kuliner, seperti restoran, cafe atau rumah makan antara lain yaitu pelayan, reseller, dan petugas. Beberapa partisipan ini dalam strategi marketing mix terbaru sebaiknya jangan disepelekan karena mereka mempunyai andil yang cukup besar dalam memasarkan produk atau layanan Anda.

Process

Yang dimaksud proses dalam unsur marketing, yaitu proses manajemen. Strategi marketing tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak ada proses manajemen di dalamnya. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan proses manajemen ini karena setiap keputusannya akan menentukan keberhasilan dari setiap kegiatan marketing yang dilakukan.

Namun yang perlu diperhatikan dalam elemen ini adalah proses pelayanan kepada para konsumen karena hal tersebut turut menjadi faktor penilaian dari hasil pemasaran yang telah dilakukan.

Physical Evidence

Elemen terakhir dari marketing mix selanjutnya adalah lingkungan fisik yang berkaitan dengan kondisi atau suasana dari lokasi tempat Anda menawarkan produk atau jasa, seperti fasilitas, simbol perusahaan atau brand, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pemasaran produk atau jasa.

Keuntungan Menggunakan Strategi Marketing Mix

 

  • Dapat Menganalisa Keuangan

 

Dengan menggunakan strategi marketing mix yang baik dan tepat, Anda dapat dengan mudah melakukan analisa keuangan dari penjualan produk atau jasa Anda sehingga dapat mengetahui bagaimana arus biaya serta keuntungan yang Anda dapatkan.

 

  • Mampu mengalokasikan sumber daya secara tepat

 

Karena sifatnya yang terbatas, tentu sumber daya yang Anda miliki perlu dialokasikan secara tepat dan efektif. Melalui strategi marketing mix, Anda akan mampu melihatnya dengan mudah dan mengalokasikan sumber daya sesuai dengan kebutuhannya.

 

  • Proses komunikasi difasilitasi dengan baik

 

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan strategi marketing mix adalah mampu memfasilitasi setiap bagian divisi agar mengerjakan pekerjaan mereka masing-masing sesuai dengan jobdesk yang telah ditentukan.

 

  • Sederhana dan menyatukan

 

Dengan melakukan strategi marketing mix, Anda dapat menyederhanakan dan menyatukan berbagai macam bentuk pemasaran yang dilakukan menjadi satu sehingga dapat dipasarkan dan dikelola dengan lebih mudah.

 

  • Mengalokasikan tanggung jawab

 

Agar bisnis dapat berkembang dengan pesat dan mendapatkan keuntungan yang berlipat, tentu dibutuhkan tim yang solid. Meski begitu, sebagai pemilik bisnis, Anda dapat mengalokasikan tanggung jawab kepada orang lain yang dinilai pantas dan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Itulah beberapa pengertian, elemen-elemen, dan keuntungan dalam menerapkan strategi marketing mix untuk perkembangan bisnis Anda.

Jika ingin agar bisnis Anda semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan yang banyak, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing atau konsultan marketing profesional. Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia yang mempunyai layanan konsultasi digital marketing dan layanan penunjang bisnis Anda lainnya. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts