7 Tips Berjualan di Instagram Agar Omset Meningkatkan di Tahun 2021!

Sumber: freepik.com

“Melalui artikel 7 Tips Berjualan di Instagram yang kami sajikan, diharapkan para pemilik bisnis dapat memahami konsep pemasaran melalui media sosial, khususnya Instagram dengan lebih baik. Disamping itu, dengan memaksimalkan Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang paling populer dan banyak digunakan saat ini, para pemilik bisnis diharapkan menjadi lebih kompetitif dan mampu bertahan serta dapat lebih berkembang di era digital seperti sekarang.”

Pengetahuan mengenai cara berjualan di media sosial seperti Instagram (IG) menjadi suatu hal yang mutlak untuk diketahui oleh para pemilik bisnis saat ini. Khususnya dalam situasi seperti sekarang dimana calon konsumen lebih banyak menggunakan gadgetnya untuk berbelanja dan melakukan transaksi. Disamping itu, pengetahuan mengenai pemasaran digital khususnya melalui media sosial sangat dibutuhkan agar bisnis dapat bertahan dan bahkan agar dapat lebih berkembang. Dengan banyaknya jumlah pengguna media sosial di Indonesia, Instagram bisa menjadi platform pilihan utama untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Instagram saat ini juga sudah menyediakan fitur-fitur yang memudahkan penggunanya untuk melakukan kegiatan jual-beli. Beberapa diantaranya seperti fitur Instagram Shopping, fitur tag harga, pembuatan akun bisnis, dan lain-lain. Hal tersebut tentu akan sangat memudahkan Anda untuk berjualan di Instagram.  

Agar Anda dapat memenangkan persaingan bisnis di platform ini, berikut kami sediakan beberapa tips berjualan di Instagram.

7 Tips Berjualan di Instagram

  1. Persiapkan terlebih dahulu “toko online” Anda

Sebelum mulai menjual sebuah produk atau layanan, Anda harus mempersiapkan akun IG Anda terlebih dahulu secara optimal. Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah seperti :

  • Menyiapkan akun bisnis Instagram.
  • Terhubung dengan Facebook Page bisnis Anda. Hal ini diperlukan agar Anda bisa menggunakan fitur Instagram Shopping. Untuk cara mengaktifkannya, silahkan cek atau klik artikel “Syarat Mengaktifkan Instagram Shopping
  • Sediakan foto profil yang menarik dan mudah untuk dikenali.
  • Biografi toko harus bisa mendeskripsikan tentang produk atau layanan Anda.
  •  Jika Anda memiliki website, jangan lupa untuk menyertakan link website Anda. Hal ini dapat membuat akun IG Anda terlihat lebih profesional.
  • Sertakan juga nomor yang dapat dihubungi untuk terhubung dengan Customer Service.
berjualan di instagram
Sumber: freepik.com

  2. Buat konten yang menarik secara visual

Instagram adalah media visual, jadi ketika berjualan di Instagram, produk yang dijual harus dapat Anda sampaikan semenarik mungkin melalui sebuah gambar. Oleh karena itu, ketika membuat sebuah konten, Anda harus menyediakan gambar yang berkualitas tinggi. Dengan konten yang menarik dan berkualitas, Anda bisa memperoleh engagement yang tinggi seperti share, comment, like, dan save. Dengan demikian akun IG Anda dapat berkembang. 

Selain itu, perlu Anda perhatikan bahwa kunci dalam meningkatkan brand awareness melalui Instagram adalah konsistensi. Jadi, konten yang Anda posting harus konsisten dengan kepribadian merek serta sesuai dengan target audiens Anda di Instagram.

  3. Sediakan caption yang bisa meningkatkan engagement

Engagement juga dapat diperoleh dengan membuat caption Instagram yang menarik. Tanpa caption, konten Anda akan sulit untuk dipahami sehingga pesan pemasaran tidak bisa tersampaikan dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika membuat caption IG:

  • Pastikan kalimat pertama di caption dapat memicu keingintahuan follower.
  • Tambahkan Call to Action seperti memberikan pertanyaan untuk mendapatkan umpan balik, mengajak follower untuk mengunjungi web, atau meminta follower untuk menandai teman-teman mereka di kolom caption.
  • Gunakan gaya bahasa yang konsisten dan sesuai dengan target audiens.
  • Tambahkan hashtag yang sesuai dengan produk dan target audiens.

Baca Juga: Pentingnya Digital Marketing Selama Pandemi (Contoh Strategi)

  4. Posting konten di waktu yang tepat

Untuk memastikan agar konten dapat dijangkau oleh target audiens, maka Anda harus mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting konten tersebut. Untuk mengetahuinya, Anda dapat membuka fitur Instagram Insight, kemudian pilih tab Total Follower. Pada bagian bawah, Anda akan melihat jam-jam aktif follower mulai dari Hari Senin sampai Hari Minggu.

Dari data yang diperoleh, Anda bisa menyesuaikan waktu posting sesuai dengan jam-jam dimana follower Anda banyak yang aktif. Dengan demikian, konten yang Anda posting dapat dijangkau dengan baik oleh target audiens Anda. 

  5. Gunakan Instgaram Story dan IGTV

Salah satu fitur populer yang banyak digunakan oleh pengguna Instagram adalah Intsa-Story. Melalui fitur ini, Anda bisa berinteraksi dengan para follower untuk menjaga engagement yang baik. Anda dapat membuat story yang menjelaskan produk, me-repost story yang dibuat oleh follower tentang produk Anda, membuat link swipe up yang mengarahkan ke web, dan masih banyak lagi.

Saat ini, IG juga sudah menyediakan berbagai sticker interaktif seperti Quiz, Polling, dll. Selain dapat digunakan untuk berinteraksi dengan follower, Insta-Story juga dapat digunakan untuk memperoleh insight tentang apa yang diinginkan oleh target audiens Anda.

Selain itu, jika Anda ingin menyediakan video berdurasi panjang, Anda dapat menggunakan fitur IGTV. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat konten video mengenai produk Anda dengan lebih detail. Video IGTV juga dapat Anda tampilkan pada akun bisnis Anda sehingga follower atau pelanggan baru Anda bisa mendapat berbagai informasi sendiri dari IGTV tersebut.

  6. Gunakan Influencer Marketing

Untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat menggunakan strategi influencer marketing yaitu bekerja sama dengan para influencer seperti artis, blogger, atau content creator yang memiliki pengaruh terhadap para followernya. Dengan menggunakan strategi marketing ini, influencer dapat membantu Anda untuk membujuk dan mempengaruhi target audiens agar mau menggunakan produk yang Anda jual.

Sebelum membuat kontrak kerja sama dengan para influencer, Anda perlu memastikan bahwa orang yang Anda pilih memiliki beberapa karakter sebagai berikut :

  • relevan dengan bisnis.
  • memiliki follower dengan jumlah yang tinggi untuk bisa dijangkau oleh influencer.
  • memiliki potensi untuk menghasilkan engagement yang tinggi terhadap produk Anda.

  7. Gunakan Instagram Ads

Jika sampai saat ini Anda belum menggunakan Instagram Ads, mungkin di tahun 2021 Anda bisa menggunakan layanan iklan berbayar ini. Untuk mengembangkan toko online Anda di Instagram, Anda dapat memanfaatkan iklan Instagram berbayar atau iklan bersponsor. Cara ini dapat membuka peluang besar untuk menjangkau lebih banyak target audiens dengan tepat. Jenis-jenis Instagram Ads saat ini juga beragam seperti Photo Ads, Video Ads, Carousel Ads, dan Stories Ads. Melalui layanan ini, Anda dapat membuat iklan sesuai dengan target audiens yang ingin Anda jangkau sehingga produk yang Anda jual memiliki kesempatan lebih besar untuk menarik perhatian calon pelanggan potensial.  

Baca Juga: Social Media Trend 2020: Live Streaming Meningkat Saat Wabah Covid-19

Itu dia beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika berjualan di Instagram. Selain menerapkan tips-tips di atas, sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu memperhatikan kualitas produk dan layanan Anda. Ketika produk Anda memiliki kualitas yang terjaga dengan baik, maka pelanggan akan menjadi loyal dan terus menggunakan produk Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam digital marketing atau optimasi SEO, silakan hubungi tim kami. LOGIQUE akan selalu siap untuk membantu Anda!

One thought on “7 Tips Berjualan di Instagram Agar Omset Meningkatkan di Tahun 2021!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts