10 Trend Pencarian Google Selama Tahun 2020 (Year in Search)

Sumber: unsplash.com

Tahun 2020 sudah hampir berakhir dan banyak kejadian menarik yang menjadi trend pencarian Google. Bagi sebagian orang, tahun ini adalah tahun yang sangat menantang. Salah satu penyebabnya adalah karena munculnya wabah Covid-19 di awal tahun. Bahkan sampai saat ini belum diketahui kapan wabah ini akan berakhir. Meskipun demikian, selama tahun ini ada banyak momen menarik yang sempat viral dan menjadi tren pencarian Google.

Google memang masih menjadi Search Engine yang paling sering digunakan untuk mencari berbagai informasi. Informasi yang disampaikan Hootsite.com juga mengungkapkan bahwa Google menjadi website yang paling sering dikunjungi di dunia. 

Google sendiri telah merilis laporan “Year in Search” untuk tahun 2020. Dari informasi tersebut Anda dapat mengetahui pertanyaan, moment, atau nama orang yang paling banyak ditelusuri sepanjang tahun ini. Berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Top kueri yang banyak dicari di Indonesia di tahun 2020

Selama tahun 2020 ini, terdapat beragam kejadian di Indonesia. Beberapa diantaranya terekam oleh Google melalui pencarian-pencarian yang dilakukan oleh users di Indonesia. Berikut beberapa diantaranya :

  Penelusuran Terpopuler :

  • virus corona
  • PSBB
  • Kartu Pra Kerja
  • Sepeda Lipat
  • Odading

  Kueri pertanyaan : 

Sebagai search engine machine, Google juga sering digunakan untuk mencari jawaban dari persoalan-persoalan users. Berikut beberapa kueri pertanyaan yang paling banyak ditelusuri oleh user di Google:

  • Bagaimana cara daftar UMKM, cara menjadi YouTuber pemula, cara menjadi reseller, dll. 
  • Apa itu ghosting, gabut, lockdown, dll

  Film :

Di tahun ini, user juga banyak mencari film-film yang sempat viral dan diperbincangkan banyak orang. Film yang paling banyak dicari adalah film berjudul Tilik. Selain itu, film Crash Landing on You, Milea, The World of The Married juga sempat trending di Indonesia. 

  Olahraga

Sepeda menjadi trend pencarian Google di Indonesia. Selama tahun 2020, penelusuran mengenai sepeda meningkat sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini olahraga sepeda sedang mengalami kepopularitasan di Indonesia. Hal ini juga terjadi karena dampak dari pandemi yang mengharuskan semua orang untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga. 

Masyarakat Indonesia memiliki minat yang tinggi untuk bersepeda selain karena ingin berolahraga, juga untuk melepas kejenuhan selama masa lockdown yang mewajibkan stay at home dalam waktu yang cukup lama. Disisi lain, banyak pusat kebugaran yang ditutup, akhirnya tren bersepeda ini menjadi populer di Indonesia.

Baca Juga: 5 Serangan Malware Paling Berbahaya di Tahun 2020

Trend Pencarian Google Selama Tahun 2020

Berikut beberapa penelusuran Google yang banyak dilakukan oleh users di seluruh dunia:

  1. The coffin dance

Pada awal tahun 2020 yaitu sekitar bulan Februari, Google menemukan bahwa banyak user yang banyak melakukan pencarian seputar The Coffin dance yaitu sebuah tarian yang dilakukan oleh sekelompok pembawa keranda di Ghana. Tarian ini ditampilkan pada upacara kematian untuk menghadirkan suasana suka-cita. Video The Coffin dance yang sempat viral ini, dilakukan oleh Nana Otafrija PallBearing & Waiting Services.  

Sebenarnya video ini sudah ada sejak tahun 2015 namun muncul kembali di tahun 2020 karena digunakan dalam postingan meme di social media. Meme tersebut juga banyak digunakan untuk menyindir orang-orang yang tidak berada di rumah selama masa lockdown dengan menambahkan teks berbunyi “stay home or dance with us”.

  2. How to be a teacher?

Pemerintah di berbagai negara telah menerapkan sistem lock down dan mengeluarkan akan warganya tetap berada di rumah. Akibatnya banyak sekolah yang  ditutup selama masa pandemi sehingga anak-anak harus belajar dari jarak jauh atau secara virtual.

TREND PENCARIAN GOOGLE
Sumber: www.teachhub.com

Hal inilah yang membuat kueri “how to be a teacher?” menjadi banyak dicari di berbagai negara. Kemungkinan besar, pertanyaan tersebut diajukan oleh para orang tua yang ingin menjadi guru yang baik selama anak-anak mereka belajar dari rumah.

  3. Black Lives Matter

Untuk pertama kalinya, “Black Lives Matter” banyak ditelusuri oleh pengguna Google di seluruh dunia. Bahkan, pencarian ini meningkat sebesar lima kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Black Lives Matter sendiri merupakan gerakan yang dibentuk di Amerika Serikat pada tahun 2013 untuk memerangi rasisme dan anti-Black violence terutama dalam bentuk kebrutalan yang dilakukan polisi. Penelusuran dengan kueri ini kembali muncul karena adanya tragedi yang mengakibatkan meninggalnya George Floyd. Kejadian ini memicu demo anti rasisme di berbagai negara.

Akibat demo dan tragedi tersebut, kata kunci “George Floyd” atau “George” menjadi trend pencarian Google melebih selebriti, toko sejarah, ataupun musisi. 

  4. How to start a vegetable garden?

Karena sepanjang tahun ini orang-orang memiliki lebih banyak waktu di rumah, maka trend pencarian Google yang berkaitan dengan aktivitas di rumah juga banyak dicari. Salah satunya adalah aktivitas bercocok tanam. 

Kueri “how to start a vegetable garden” banyak dicari di seluruh dunia. Google menginformasikan bahwa penelusuran ini 2 kali lipat lebih banyak daripada tahun 2019. Google juga menginformasikan bahwa users di Indonesia banyak yang melakukan pencarian seputar tanaman di tahun 2020 ini.

  5. Pencarian tempat refreshing di sekitar rumah

Sejak Bulan Maret 2020, keberadaan virus Covid-19 menjadi perhatian seluruh dunia. Menanggapi adanya wabah ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan dan protokol kesehatan yang harus diikuti warganya seperti meminta warganya untuk tetap tinggal di rumah, selalu menggunakan masker, serta menerapkan social distancing sepanjang hari.

Setelah selama berbulan-bulan berada di rumah, orang-orang mulai merindukan aktivitas sehari-hari yang bisa mereka lakukan sebelum wabah ini muncul. Jadi, orang-orang mulai berjalan-jalan atau jogging di sekitar rumah. Menariknya, di bulan April sampai awal September, Google merekam bahwa banyak penggunanya memiliki minat yang lebih tinggi mengenai tempat atau lokasi di dekat rumah untuk melihat matahari terbenam. Kegiatan ini dianggap sebagai sesuatu hal yang dapat menenangkan hati di tengah wabah yang sedang terjadi. 

  6. How to cut your hair

Kueri “how to cut your hair” atau bagaimana cara memangkas rambut juga menjadi trend penelusuran Google karena lockdown. Orang-orang harus berada di rumah selama berbulan-bulan dan mereka tidak bisa datang ke barbershop. Itulah sebabnya mengapa banyak penelusuran yang mencari informasi mengenai cara memotong rambut.

trend pencarian google
Sumber: www.femina.in

Youtube sebagai platform video terbesar di dunia juga menginformasikan bahwa video cara memotong rambut menjadi video populer selama pandemi ini. Selain itu, video lain untuk merawat diri di rumah juga banyak dilihat oleh users seperti yoga, meditasi, atau video seputar tips kecantikan. 

  7. How to learn coding

Tahun 2020 ternyata juga banyak dimanfaatkan oleh pengguna Google untuk belajar skill baru. Salah satu kueri yang menjadi top trending adalah bagaimana cara belajar coding. Google menginformasikan bahwa Python menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak dicari di tahun ini. 

Bahasa pemrograman Python sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an. Meskipun demikian, Python masih menjadi salah satu contoh bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan oleh programmer.

Banyak pemula yang mulai mempelajari coding menggunakan Python karena bahasa pemrograman ini memiliki syntax yang sederhana dan mudah untuk dibaca. Selain itu, Python juga serta sering digunakan sebagai bahasa pengantar untuk para mahasiswa yang sedang mempelajari ilmu komputer.

  8. Penelusuran berkaitan dengan dukungan untuk bisnis kecil

Pada tahun 2020, penelusuran di seluruh dunia terhadap dukungan untuk bisnis kecil mengalami peningkatan. Di tahun ini banyak bisnis yang terkena dampak pandemi. Para pemilik bisnis sudah tidak lagi memprioritaskan bagaimana cara untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan melainkan cara untuk bisa mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

Melihat hal ini terjadi di sekitar kita, orang-orang mulai tergerak untuk memberikan bantuan. Mereka mencari informasi bagaimana cara untuk membantu melalui Google. Social media seperti Instagram pun juga mengeluarkan sticker “Support Small Business” agar penggunanya dapat memberikan dukungan kepada bisnis-bisnis kecil di sekitar mereka. Melalui sticker ini, pengguna instagram dapat mempromosikan bisnis kecil ke masing-masing follower mereka. 

Google juga menginformasikan bahwa penelusuran untuk kata kunci “support small business” meningkat sebanyak 10 kali lipat di Bulan Maret. Melalui Google ataupun platform yang lain, orang-orang menemukan informasi dan cara untuk bisa saling membantu seperti dengan berbelanja produk lokal secara online, mempromosikan produk lokal ke kerabat dekat, sampai memberikan donasi langsung.

  9. Pencarian untuk Mask Emoji

Jutaan orang menggunakan emoji untuk mengekspresikan sebuah pesan. Di tengah pandemi yang sedang terjadi saat ini, mask emoji atau emoji bermasker menjadi salah satu emoji yang paling banyak dicari oleh orang-orang di seluruh dunia dan menjadi trend pencarian Google tahun 2020.

trend pencarian google
Sumber: www.newsbreak.com

Sebelumnya, emoji ini digunakan untuk menunjukan kondisi sakit atau menutup hidup karena aroma tidak sedap. Namun di tahun ini, mask emoji digunakan oleh semua orang untuk menyampaikan pesan agar selalu menggunakan masker agar terhindar dari paparan virus Covid-19. Bahkan di tahun ini, Apple merilis emoji baru yaitu emoji menggunakan masker namun dengan wajah yang tersenyum.

  10. How to help

Tahun 2020 ini sepertinya banyak orang yang ingin saling membantu sesama. Google mengatakan bahwa keyword “how to help” banyak dicari oleh penggunanya sepanjang tahun ini. Beberapa top trending yang tercatat seperti how to help Australia fires, how to help Black Lives Matter, how to help during coronavirus, dan how to help beirut.

Kesimpulan

Laporan Year in Search yang diinformasikan oleh Google memberikan insight mengenai trend pencarian Google di tahun 2020 ini. Dari informasi tersebut, kita juga dapat melakukan sedikit kilas balik tentang hal-hal yang sudah terjadi sepanjang tahun. Secara garis besar, kueri atau keyword yang banyak dicari oleh users di seluruh dunia masih berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Itu dia informasi yang dapat kami sampaikan mengenai trend pencarian Google tahun ini. Jika Anda adalah pemilik bisnis dan ingin website Anda berada di peringkat yang tinggi di Google Search Engine, Anda dapat menggunakan jasa Optimasi SEO dari LOGIQUE. Kami juga memiliki jasa digital marketing untuk Anda. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts