Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Instagram bisnis merupakan salah satu platform di dunia digital marketing yang berfungsi untuk memasarkan atau mempromosikan produk atau usaha bisnis Anda. Selain itu, Instagram bisnis juga bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi jual beli serta beberapa fitur khusus yang tidak ditemukan pada Instagram personal. Lalu bagaimana cara membuat Instagram bisnis menarik?

Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik

Terdapat beberapa tips dan strategi yang bisa Anda lakukan untuk membuat akun Instagram bisnis Anda menjadi lebih menarik dengan tampilan konten yang menawan, baik berupa foto atau tampilan visual lainnya sehingga membuat follower Anda bertambah dan membuat bisnis Anda semakin berkembang.

Namun, sebelum Anda mengetahui beberapa tips dan strategi tersebut, Anda perlu mengenal terlebih dahulu apa itu Instagram bisnis dan apa saja perbedaannya dengan Instagram personal.

Perbedaan Instagram Bisnis vs Instagram Personal

Instagram bisnis merupakan suatu akun Instagram yang dibuat dan digunakan untuk keperluan bisnis. Cara pembuatannya cukup mudah karena sama seperti pembuatan akun Instagram personal. Namun yang membedakan adalah isi dari konten keduanya.

Baca Juga: Cara Mengoptimasikan Akun Instagram Untuk Bisnis

Untuk Instagram bisnis, konten yang dibuat haruslah konten yang bersifat bisnis, seperti promosi, perkenalan produk atau usaha baru, dan berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis lainnya. Selain itu, akun Instagram bisnis juga harus terhubung dengan FP (Facebook page) yang ada di Facebook dengan tujuan untuk memudahkan pengelolaan akun.

Sedangkan Instagram personal sebaliknya, yaitu akun Instagram yang dibuat dengan tujuan pribadi dan tidak berkaitan dengan bisnis dan bisa digunakan untuk memposting konten apapun terkait kegiatan pribadi Anda.

Kelebihan Instagram Bisnis

cara membuat instagram bisnis menarik

Instagram bisnis mempunyai beberapa kelebihan yang tidak ada di Instagram personal. Kelebihannya terdapat pada fitur-fitur yang ada di dalamnya. Beberapa fitur tersebut antara lain yaitu,

Fitur Insight

Bagi para digital marketing professional, fitur insight merupakan fitur terbaik dan paling bermanfaat karena fitur ini memberikan banyak informasi yang diperlukan untuk melakukan analisis yang berhubungan dengan followers, mulai dari grafik hingga demografi para followers Anda.

Informasi lain yang bisa didapatkan dari fitur ini adalah data jumlah tayangan dari postingan atau Insta Stories yang telah Anda buat, hingga mengetahui apakah goals yang telah Anda buat telah berhasil atau tidak.

Fitur Promote

Merupakan fitur yang berfungsi untuk menjadikan postingan Anda sebagai iklan pada aplikasi Instagram. Iklan atau ads ini tentunya sangat membantu Anda dalam berhubungan dengan pelanggan, dimana Anda hanya perlu memilih salah satu postingan yang telah di share di akun Instagram bisnis Anda dan telah diletakkan tombol CTA (call-to-action).

Selain itu, melalui fitur ini Anda dapat memilih target audience serta memperbolehkan Instagram untuk menyarankan target audience bagi perkembangan bisnis Anda. Setelah pemilihan target audience selesai, postingan Anda selanjutnya akan langsung dipromosikan oleh Instagram sebagai iklan selama periode yang telah Anda pilih sebelumnya.

Baca Juga: 5 Tips Optimasi Instagram agar Bisnis Mudah Ditemukan Pelanggan 

Menggunakan fitur ini, bisnis Anda tentu akan lebih dikenal di seluruh dunia. Bisnis Anda juga akan semakin berkembang jika Anda bisa lebih memahami mengenai audience follower Anda dengan lebih baik, dapat menyesuaikan konten, serta memperbaiki strategi marketing secara berkala, baik marketing yang dilakukan melalui online maupun offline.

Fitur Profil Bisnis

Dalam sebuah bisnis, profil sangat penting karena melalui profil tersebut user akan mengetahui apakah Anda merupakan perusahaan yang kredibel dan dapat dipercaya atau tidak sehingga menjadi faktor yang memutuskan apakah mereka akan membeli produk Anda atau tidak.

Fitur Kontak dan Email

Di dalam fitur profil bisnis tersebut, terdapat fitur lain yang bisa Anda gunakan, yaitu fitur Call dan Email. Melalui kedua fitur ini, para followers Anda menjadi lebih mudah untuk menghubungi dan berkomunikasi dengan Anda sebagai pemilik bisnis.

Fitur Kategori Bisnis

Merupakan fitur yang berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai kategori bisnis apa yang sedang Anda jalani. Informasi ini sangat berguna bagi user untuk mengenal bisnis seperti apa yang Anda tawarkan.

Tips Membuat Instagram Bisnis Menarik

Cara membuat instagram bisnis menarik dan lebih dikenal di seluruh dunia adalah dengan membuat beberapa strategi marketing untuk Instagram bisnis Anda. Beberapa strategi tersebut antara lain yaitu,

1. Menentukan Target Market

Agar bisnis Anda semakin dikenal oleh orang lain, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan target marketnya terlebih dahulu. Target market perlu ditentukan untuk melihat jenis usaha atau bisnis yang sedang Anda jalani. Setelah itu, tentukan juga target usia, gender, dan wilayah ruang lingkup promosinya.

2. Menjadwal Waktu Postingan

Langkah strategi selanjutnya adalah melakukan penjadwalan postingan di Instagram Bisnis Anda, mulai dari dari hari hingga jam postingan. Jika penjadwalan dilakukan dengan baik, dan target marketnya telah sesuai, maka tentu hasil yang didapatkan sesuai dengan goals yang Anda inginkan.

3. Membuat Konten yang Menarik

Sebagai media promosi bisnis, tentu konten yang ditampilkan harus sesuai dengan bisnis Anda. Usahakan membuat konten yang menarik dan mempunyai nilai engagement yang tinggi sehingga banyak disukai oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Ingin Berbisnis di Instagram? Lakukan Instagram Marketing Aja

4. Aktif Berinteraksi

Saat ini, dengan berinteraksi dengan para follower Anda, seperti memberikan like, menjawab semua pertanyaan follower, serta membuat konten polling di Insta Story. Bisnis Anda akan menjadi semakin dikenal di dunia.

5. Menggunakan Ads

Agar strategi Instagram Bisnis Anda lebih optimal, sebaiknya menggunakan Ads atau iklan pada akun Instagram bisnis Anda. Iklan ini akan membantu mempromosikan bisnis Anda hingga ke seluruh pengguna Instagram.

Cara membuat Instagram bisnis menarik lain yang bisa Anda lakukan selain hal di atas, antara lain yaitu:

1. Repost Foto Pelanggan

Dengan repost foto pelanggan, hal ini menunjukkan bahwa Anda sebagai pemilik bisnis peduli dengan follower dan pelanggan Anda. Dengan melakukan hal ini, secara otomatis pelanggan atau user akan merasa terkesan dan akhirnya mempromosikan balik bisnis Anda kepada follower mereka sehingga secara otomatis akan menambah jumlah followers dan engagement Anda secara bersamaan.

2. Buat Video/ IGTV

Salah satu fitur pada Instagram yang bisa membantu Anda dalam membuat Instagram bisnis menarik, yaitu fitur IGTV/ video dengan durasi selama 1 jam. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat Instagram bisnis Anda menjadi lebih menarik karena ditampilkan secara visual sehingga followers Anda menjadi tidak mudah bosan berada di dalamnya dalam jangka waktu lama.Membuat promosi diskon/ giveaway

Agar akun Instagram bisnis Anda terlihat lebih menarik dan mendapatkan banyak followers, sangat disarankan untuk membuat konten promosi atau giveaway dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, engagement, hingga user-generated content. Agar postingan Anda viral, sangat disarankan untuk membuat hashtag.

3. Membuat Instagram Stories

Fitur Instagram stories sangat disarankan untuk dibuat karena berdasarkan penelitian, sebanyak 39 persen pengguna Instagram mengakui jika mereka lebih tertarik pada produk yang sebelumnya telah mereka lihat pada fitur Instagram stories.

Itulah beberapa cara membuat Instagram bisnis menarik dibandingkan dengan para kompetitor yang lain. Jika Anda ingin bisnis Anda semakin berkembang dan semakin dikenal oleh semua orang, maka Anda dapat memanfaatkan layanan jasa digital marketing dari Logique Digital Indonesia yang menyediakan jasa digital marketing lengkap, mulai dari SEO, Google Ads, hingga social media. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts