Manfaat Menggunakan Remote Server dan Aplikasi Pendukungnya

Technology vector created by stories - www.freepik.com

Pernahkah Anda mendengar istilah remote server? Di dunia IT, istilah ini sudah tidak asing lagi dan sudah sering terdengar, terutama bagi anda yang berprofesi sebagai web developer. Berdasarkan pengertiannya, remote server adalah suatu server yang dapat diakses secara langsung untuk proses lain tanpa perlu membuka koneksi, baik secara terpisah, langsung ataupun berbeda dimana hasilnya akan langsung dikirimkan langsung ke aplikasi client.

Dengan kata lain, remote server adalah server yang dapat diakses melalui jarak jauh meski pengguna tidak ada di dalam jaringan LAN yang sama. 

Mengingat perannya yang penting dan sangat vital, banyak beberapa perusahaan yang meletakkan server mereka ke suatu tempat yang tersembunyi dan tidak diketahui oleh orang lain dengan tujuan agar seluruh data yang tersimpan tidak dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau sering dikenal dengan sebutan hacker.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Hosting, Server, dan Domain

Meski begitu, Anda akan tetap dapat mengaksesnya tanpa perlu datang ke lokasi keberadaan server tersebut.

Lalu, siapa saja yang dapat mengakses remote server? Jawabannya adalah orang-orang yang telah mengetahui alamat dari IP server tersebut, username, serta password.

Langkah-Langkah Membangun Remote Server

  1. Mensetting kedua server dengan local atau remote server yang sama
  2. Melakukan konfigurasi server agar dapat diakses secara remote
  3. Menentukan metode untuk melakukan pemetaan login, baik user ke login maupun user ke server pada settingan remote server
  4. Menentukan pilihan remote untuk melakukan pengecekan password

Cara Akses Server Menggunakan Windows

  1. Membuka menu Start lalu pilih “Map Network Drive”
  2. Mengisi kolom folder menggunakan alamat IP atau hostname dari server yang akan diakses
  3. Pilih “Reconnect at sign-in” agar dapat terhubung otomatis ke server begitu Anda menyalakan device Anda.
  4. Menekan tombol finish dan selanjutnya akan didapatkan shortcut server
  5. Untuk masuk ke server, Anda hanya perlu mengklik shortcut dan memasukkan username dan login saja.

Cara Akses Server Menggunakan Mac OS

  1. Mengklik icon Finder
  2. Membuka menu “Go” dan mengklik “Connect to Server”
  3. Memasukkan alamat IP atau hostname server yang akan diakses
  4. Jika server menggunakan OS Windows, jangan lupa untuk menambahkan code “sbm://” sebelum memasukkan alamat IP atau hostname
  5. Mengklik “Connect”, dan memasukkan username dan password.

Keuntungan Remote Server

cloud services
Design vector created by macrovector – www.freepik.com

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan remote server. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, antara lain yaitu:

Mudah dalam mematikan dan menyalakan server

Karena server dapat diakses secara langsung, baik menggunakan aplikasi ataupun secara settingan, maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah dapat mengaktifkan dan mematikan server dimanapun dan kapanpun Anda inginkan. Hal ini cukup efisien bukan dalam melakukan pengelolaan atau konfigurasi server.

Mudah Melakukan Pemantauan Penggunaan Resources

Keuntungan lain dalam menggunakan remote server adalah Anda dapat mengetahui penggunaan resource web server Anda, sekaligus memantau dan melakukan optimasi agar resource web server tidak penuh.

Hal ini tentu menjadi keuntungan jika penggunaan resources Anda telah melebihi atas, maka Anda dapat sesegera mungkin melakukan upgrade agar website Anda tidak terjadi error dan bug yang mengganggu user saat berkunjung ke website Anda.

Keamanan Mudah Dipantau

Remote server juga membantu Anda dalam memantau keamanan website Anda. Bayangkan saja jika server yang penuh dengan data penting Anda disusupi oleh orang yang tidak bertanggung jawab kemudian melakukan hacking ke website Anda dan membuat masalah di website Anda, tentu website Anda tidak dapat diakses dan menurunkan tingkat kunjungan user karena tidak dipercaya keamanannya.

Baca Juga: Kerentanan Keamanan Website di Sistem Apache HTTP Server ( Jan 2019 )

Melalui remote server, Anda akan memantau keamanan website Anda kapanpun dan dimanapun sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan pendeteksian dan pencegahan awal jika terjadi serangan hacker.

Sistem dapat Diperbaiki dengan Mudah

Dengan remote server, Anda juga dapat dengan mudah memperbaiki sistem website Anda jika terjadi bug atau error. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan remote server ini, Anda juga dapat mengecek dan memperbaikinya secara cepat.

Dapat Mengontrol Komputer Lain

Keuntungan lain menggunakan remote server adalah memudahkan Anda dalam mengontrol komputer lain yang telah terhubung juga dengan server ini sehingga jika terjadi error atau bug, Anda dapat membantu pemilik komputer tersebut untuk mengatasinya secara lebih efektif.

Mudah Menghidupkan dan Mematikan Komputer dari Jarak Jauh

Dengan menggunakan remote server,Anda juga dapat dengan mudah mematikan dan menghidupkan komputer lain yang terhubung langsung dalam satu server yang sama. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam menghemat waktu dan tenaga Anda.

Aplikasi untuk Remote Server

Saat ini terdapat beberapa aplikasi yang telah mendukung remote server dan sering digunakan, antara lain yaitu:

1. TeamViewer

Merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan komputer berbagi file atau data-data lain yang berada di komputer lainnya. Aplikasi ini banyak dipilih karena mudah diinstal dan digunakan. Selain itu, TeamViewer juga menyediakan banyak fitur yang dapat diunggulkan untuk melakukan remote server. Namun, salah satu kelebihan lain dari aplikasi ini adalah Anda tidak perlu mengubah settingan dan konfigurasi router ataupun firewall di jaringan Anda, cukup melakukan connect saja.

2. Remote PC

Aplikasi Remote PC juga merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk aktivitas remote server karena beberapa fitur di dalamnya telah mendukung penggunaan aktivitas ini. Fitur-fitur tersebut antara lain yaitu, fitur multi-access yang memungkinkan Anda untuk mengundang banyak pengguna agar dapat mengakses perangkat tersebut melalui alamat email, fitur chat teks dan suara yang memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan rekan Anda secara realtime dari jarak jauh melalui fitur chat yang tersedia, dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Baca Juga: Agile vs DevOps vs CI/CD: Apa Saja Perbedaanya?

3. Windows Remote Desktop

Jika Anda pengguna windows, di dalam perangkat tersebut terdapat sebuah aplikasi bernama remote desktop yang mendukung aktivitas remote server. Terdapat beberapa kelebihan dari aplikasi ini, seperti mudah digunakan, mampu memanipulasi data komputer client dengan sangat mudah, mempunyai fitur chatting dan video call agar dapat berkomunikasi dengan rekan kerja Anda, serta terjaminnya keamanan data Anda karena client tidak akan dapat memanipulasi data.

Meski begitu, terdapat kekurangan pada aplikasi ini, yaitu dengan menggunakan aplikasi ini, maka bersiaplah untuk bersabar karena aplikasi ini menyebabkan komputer Anda menjadi lambat dalam hal proses loadingnya.

4. Unified Remote Desktop

Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai sistem operasi yang mendukung aktivitas remote server, seperti Mac, Windows, atau Linux. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan melalui perangkat mobile.

Itulah beberapa informasi seputar remote server, manfaat, serta beberapa aplikasi pendukung lainnya.

Jika Anda ingin membuat sebuah aplikasi lain yang dapat mendukung kegiatan remote server, Anda bisa menggunakan perusahaan jasa pembuatan aplikasi profesional yang dapat membantu Anda membuat aplikasi serupa yang dapat membantu pertumbuhan bisnis Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts