Apa Itu Shadowban di Instagram? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber: Pixabay.com

Di artikel kali ini, kami akan mengulas apa itu Shadowban yang terjadi di Instagram. Beberapa waktu yang lalu, para pengguna Instagram mengeluhkan terjadinya penurunan engagement di akun mereka. Kondisi tersebut membuat konten yang dipost di feed Instagram tidak dapat dilihat oleh follower sehingga berpengaruh pada jumlah like ataupun comment yang diperoleh.

Fenomena Shadowban ini sebenarnya bukanlah hal baru. Beberapa tahun yang lalu, para konten creator di Instagram juga pernah mengalami hal yang sama. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa Shadowban tidak hanya terjadi di Instagram saja. Pengguna media sosial lain seperti Twitter ataupun TikTok juga pernah mengalami hal yang serupa. Jadi, jika saat ini Anda merasa postingan Anda di media sosial tiba-tiba mengalami penurunan jumlah like, comment, atau mungkin tidak muncul untuk pencarian hashtag tertentu, mungkin akun Anda sedang terkena Shadowban. Jadi sebenarnya apa itu Shadowban? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa Itu Shadowban di Instagram?

Shadowban adalah suatu kondisi dimana sebuah platform akan membatasi jangkauan atau visibilitas konten yang dipost oleh user. Istilah ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2006, namun baru beberapa tahun terakhir mulai dikenal oleh banyak orang. 

Di Instagram, Shadowban akan menyembunyikan konten yang Anda post dari pengguna lain yang tidak mengikuti akun Anda. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan lebih banyak follower baru.

Selain itu, ketika Anda memposting konten dengan menyertakan hashtag, maka hanya Anda dan follower Anda saja yang dapat melihat konten tersebut melalui pencarian hashtag yang Anda gunakan. Jadi, jika ada pengguna Instagram yang mencari hashtag yang Anda gunakan, maka mereka tidak bisa menemukan postingan Anda karena mereka tidak mengikuti akun Anda.

Melihat pentingnya fungsi hashtag dalam menjangkau lebih banyak audiens, maka Shadowban bisa menjadi masalah besar. Akibatnya, pertumbuhan follower dan tingkat engagement tidak akan berkembang atau bahkan menurun. Terlebih jika Anda menggunakan Instagram untuk bisnis atau untuk menjual produk, tentu hal tersebut akan mempengaruhi penjualan Anda.

Baca Juga: Twitter Marketing : Tips Meningkatkan Brand Awareness di Twitter

Apa Penyebab Shadowban di Instagram? 

Shadowban terjadi untuk mencegah pengguna untuk melakukan tindakan tertentu yang mengganggu pengguna lain seperti memposting konten spammy dengan banyak hashtag yang tidak relevan, konten abusive, atau konten-konten lain yang tidak pantas. Di Instagram, biasanya tindakan Shadowban terjadi pada sebagian besar pengguna yang memposting perilaku spam atau tidak pantas.  

Perlu Anda ketahui, Instagram tidak secara terang-terangan mengakui Shadowban ini ada. Meskipun demikian, Instagram pernah mengeluarkan pernyataan yang membahas masalah yang dialami pengguna dengan konten yang tidak muncul untuk hashtag tertentu.

apa itu shadowban
Sumber: Instagram for Business

Bagaimana Cara Menghindarinya?

Dari penjelasan apa itu Shadowban, dapat diketahui bahwa kondisi tersebut terjadi karena Instagram ingin mencegah pengguna dari perilaku-perilaku toxic. Jadi, untuk menghindarinya, terdapat beberapa perilaku yang perlu Anda hindari, seperti :

  1. Meningkatkan engagement dengan menggunakan bot untuk memberikan like dan comment.
  2. Menggunakan software tertentu yang melanggar Syarat dan Ketentuan dari Instagram.
  3. Menggunakan hashtag yang dilarang.
  4. Menyisipkan hashtag secara berlebihan.
  5. Lindungi akun Anda agar tidak di-report oleh pengguna Instagram yang lain.

Bagaimana Cara Mengetahui Akun Terkena Shadowban?

Untuk mengetahui apakah akun Anda terkena Shadowban atau hanya penurunan engagement biasanya, Anda dapat melakukan pengecekan sederhana sebagai berikut:

Pertama, Anda dapat memposting sebuah konten dengan menyertakan beberapa hastag yang tidak populer melalui akun Anda. Kemudian, gunakan akun orang lain yang tidak mengikuti akun Anda (bukan follower) untuk memeriksa apakah postingan Anda muncul dalam pencarian hashtag yang Anda gunakan.

Jika posting Anda muncul di kolom pencarian, maka akun masih aman dari Shadowban. Namun, jika postingan Anda tidak muncul, kemungkinan akun Anda sedang diblokir.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Akun Instagram Untuk Bisnis

Bagaimana Cara Memperbaiki Akun yang Terkena Shadowban?

1. Hapus hashtag dari postingan terbaru Anda

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab Shadowban terjadi adalah karena penggunaan hashtag yang dilarang. Oleh karena itu, hapus semua hastag yang sudah Anda gunakan di konten terbaru yang sudah Anda posting. 

2. Berhenti menggunakan bot atau software pihak ketiga

Untuk menghapus akses dari bot atau software, Anda dapat login ke Instagram terlebih dahulu. Setelah itu klik profil dan pilih “edit profil”. Di halaman tersebut, Anda dapat membuka opsi “Aplikasi dan Situs Website” untuk melihat web atau aplikasi yang dapat mengakses akun IG Anda. Dari sini, Anda dapat menghapus aplikasi atau website yang tampak mencurigakan.

3. Report ke Instagram

Setelah Anda menghapus perangkat lunak pihak ke-3 yang berpotensi menyebabkan Shadowban, maka langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak Instagram. Caranya, buka profil Instagram Anda kemudian klik tombol pengaturan. Setelah itu pilih opsi “Laporakan Masalah”.

Anda tidak perlu menginformasikan bahwa Anda sedang terkena Shadowban. Anda cukup menjelaskan kepada Instagram bahwa saat ini Anda mengalami masalah bahwa pengikut Anda tidak dapat melihat kiriman Anda di feed mereka. Mereka juga tidak dapat menemukan Anda dalam kolom pencarian. Informasikan juga bahwa masalah ini menimbulkan kerugian pada bisnis Anda di IG. 

4. Beristirahat sejenak dari Instagram.

Beberapa pengguna mengatakan bahwa ketika mereka berhenti menggunakan Instagram selama 2-3 hari, Shadowban akan hilang dari akun mereka. Beristirahat dari Instagram artinya Anda tidak boleh memposting konten, memberi komentar, atau bahkan membuka aplikasi Instagram.

apa itu shadowban
Sumber: pixabay.com/@KoalaParkLaundromat

Dari penjelasan di atas, Anda dapat memahami apa itu Shadowban di Instagram dan cara untuk menghindarinya. Masing-masing platform memang memiliki term and condition yang harus dipatuhi oleh para pengguna. Jadi gunakanlah Instagram atau platform sosial media dengan bijak sesuai dengan peraturan yang sudah disediakan.

Apakah Anda tertarik untuk meningkatkan keuntungan bisnis melalui digital marketing? Jika “ya”, Anda dapat menggunakan layanan dari LOGIQUE. Kami memiliki tim profesional yang dapat membantu bisnis Anda untuk mendapatkan konversi lebih tinggi melalui platform digital. Silakan klik Layanan Digital Marketing LOGIQUE atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts