Begini Langkah Mudah Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

Struktur website yang baik ternyata turut mempengaruhi optimasi SEO dan membantu website untuk tampil di posisi atau halaman pertama mesin pencari Google, apalagi jika struktur website yang sudah Anda buat telah SEO friendly.

Pengertian Struktur Website

Sebelum Anda mengetahui cara membuat struktur website yang SEO Friendly, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari struktur website itu sendiri. Struktur atau arsitektur website adalah susunan beberapa halaman penting dalam sebuah website. Biasanya struktur ini akan muncul di navigasi atau menu utama.

Salah satu faktor SEO yang dinilai oleh algoritma Google adalah user experience. Dengan user experience yang baik, tentu akan memudahkan user dalam mencari dan menemukan informasi yang mereka butuhkan, serta memudahkan bot Google dalam menelusuri berbagai halaman di dalam website Anda. Hal ini juga menentukan ranking halaman website Anda di mesin pencari.

Alasan Pentingnya Struktur Website

Struktur website cukup penting bagi sebuah website karena akan mempengaruhi user dalam mencari dan menemukan informasi yang mereka butuhkan. Berikut ini adalah beberapa alasan lain mengapa struktur website itu sangat penting, yaitu:

Mempengaruhi User Experience

Arsitektur atau struktur website yang baik selain memudahkan user dalam menemukan informasi, ternyata juga mempengaruhi user experience pengunjung website Anda. Dengan navigasi yang baik, membuat user dapat dengan mudah menemukan konten atau produk yang mereka inginkan.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Cari Penyedia Jasa Pembuatan Website Profesional

Bayangkan jika pengunjung website Anda kesulitan dalam mencari halaman yang diinginkan, tentu para pengunjung tersebut akan kecewa dan langsung keluar dari website Anda.

Kemudahan Dalam Proses Crawling

Jika struktur website Anda baik, maka akan membuat web crawler menjadi lebih mudah dalam pengindeksan konten Anda di mesin pencari. Hal ini terjadi karena antara navigasi dengan konten yang telah dibuat relevan.

Memunculkan Sitelinks di Mesin Pencari

Selain memudahkan bot crawler untuk melakukan indexing, ternyata struktur website yang baik membuat website Anda mendapatkan sitelinks di mesin pencari. Sitelink adalah tampilan unik yang muncul di mesin pencari Google yang menunjukkan halaman-halaman penting pada sebuah website.

Manfaat Sitelink antara lain yaitu, meningkatkan reputasi brand, meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan, mendominasi hasil pencarian, meningkatkan rasio klik, dan meningkatkan conversion.

Menghindari Duplikat Konten

Salah satu hal yang menjadi alasan pentingnya menggunakan struktur website adalah menghindarkan Anda dari duplikat konten serta konten yang saling berkompetisi atau sering disebut dengan cannibal content. Kompetisi ini akan sangat merugikan website karena akan mengurangi trafik kunjungan website dari masing-masing konten.

Kompetisi terjadi akibat isi dari konten yang mirip, seperti konten dengan kata kunci yang sama sehingga membuat Google merasa kesulitan dalam memutuskan konten mana yang perlu diprioritaskan untuk berada di posisi teratas mesin pencari mereka.

Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

layanan logiqueUntuk membuat struktur website yang SEO Friendly, terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain yaitu:

1. Membuat Perencanaan Desain Web (Wireframe)

Langkah pertama untuk membuat sebuah struktur website yang SEO Friendly adalah dengan membuat sebuah perencanaan perancangan desain website atau lebih dikenal dengan sebutan wireframe.

Baca Juga: Manfaat Wireframe Website dan Tools yang Sering Digunakan

Fungsi dalam perencanaan ini adalah untuk memasukkan dan mengelompokkan seluruh konten ke dalam kategori yang dinilai lebih relevan dan sesuai dengan isi konten sehingga seluruhnya dapat saling berhubungan satu sama lain dalam satu kategori yang sama.

2. Memperhatikan Internal Link di Halaman Homepage

Dalam struktur website, halaman Homepage berada di urutan paling atas. Ini berarti, homepage akan menjadi halaman pertama yang akan dikunjungi oleh user sebelum halaman lainnya. Karena itu, Anda sebaiknya perlu menautkan halaman yang Anda anggap penting untuk ditampilkan di halaman homepage. Dengan ini, maka peluang pengunjung membuka halaman-halaman penting tersebut menjadi jauh lebih besar, dan mereka pun dapat menemukan informasi dengan lebih mudah.

3. Membuat Navigasi yang mudah dimengerti

Agar homepage website Anda mempunyai struktur yang baik, maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat navigasi yang mudah dimengerti oleh pengunjung website Anda. Saat ini terdapat dua jenis navigasi yang biasanya digunakan oleh para web developer profesional, yaitu menu dan breadcrumbs.

Menu

Menu merupakan salah satu elemen navigasi utama dan wajib dimiliki oleh sebuah website. Pada umumnya, posisi menu utama terletak di samping logo atau nama website dengan tujuan agar pengunjung website dapat mencari informasi atau artikel dengan mudah.

Breadcrumbs

Merupakan sebuah navigasi tambahan yang terdapat di dalam sebuah website. Bentuk breadcrumbs sendiri adalah teks yang berisi link dan posisinya biasanya berada di atas judul halaman. 

Baca Juga: Tahapan Penting Cara Membuat Website Toko Online Dengan Mudah

Breadcrumbs berfungsi untuk membantu pengunjung website mengetahui posisi mereka saat ini di website Anda.

struktur website
Background vector created by freepik – www.freepik.com

4. Menggunakan Taksonomi

Agar navigasi yang Anda buat lebih jelas dan teratur, maka sangat disarankan untuk menggunakan sistem taxonomies yang biasanya terdapat di WordPress atau CMS lainnya. Taxonomies sendiri berfungsi untuk mengelompokkan konten berdasarkan tag atau kategori yang tersedia, sehingga pengunjung website dapat dengan mudah mencari informasi yang mereka cari.

Categories

Selain mempunyai menu utama, sebuah website juga mempunyai beberapa kategori dan sub kategori yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi, konten atau produk yang mereka inginkan serta memudahkan Google dalam melakukan indexing.

Tags

Untuk mengelompokkan konten, Anda juga bisa menggunakan tag selain menggunakan kategori. Namun yang membedakan adalah, jika kategori strukturnya berbentuk hirarki, maka tag tidak mempunyai struktur.

Walaupun tidak mempunyai struktur, namun tag masih sangat penting untuk digunakan karena tag menunjukkan kepada pengunjung mengenai produk atau post lain yang masih berkaitan dengan konten yang sedang dibuka. Karena itu, penggunaan tag cukup penting karena para pengunjung dapat langsung menuju ke informasi lain yang menurut mereka menarik.

5. Internal Link

Setelah struktur website telah Anda pahami, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengkategorisasi konten serta tautan link ke konten agar dapat saling berhubungan atau lebih dikenal dengan sebutan internal link. Meski begitu, dalam penerapan internal link-nya perlu diterapkan secara hati-hati.

6. Mengelola Struktur Website

Agar website Anda tetap optimal, maka sangat disarankan untuk tetap mengelola struktur website Anda, terutama ketika Anda menambahkan halaman atau konten terbaru. Hal ini perlu dilakukan sebagai bagian dari strategi SEO jangka panjang. Beberapa hal yang perlu Anda kelola dari struktur website, antara lain yaitu:

  • Melakukan audit konten
  • Menghindari keyword yang sama
  • Melakukan pengecekan taksonomi

Itulah beberapa cara membuat struktur website yang SEO Friendly agar website Anda tampil lebih optimal di mesin pencari dan mudah dipahami oleh para pengunjung website Anda.

Jika Anda merasa bahwa langkah-langkah tersebut cukup rumit dan sulit untuk dilakukan, maka Anda dapat menggunakan perusahaan jasa pembuatan dan pengembangan website dan SEO. Salah satunya adalah PT Logique Digital Indonesia. Untuk mengetahui layanan lain dari Logique, silakan kunjungi website Logique sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts