Alasan Mengapa Nama Domain Turut Mempengaruhi Optimasi SEO

Web vector created by stories - www.freepik.com

Di era digital saat ini, website telah menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi para pebisnis agar bisnis mereka terus berkembang. Meski begitu, website tidak akan optimal jika tidak menggunakan metode optimasi SEO agar mudah ditemukan oleh pengguna di mesin pencari. Salah satu hal dalam sebuah website yang perlu di optimasi SEO adalah nama domain.

Apa hubungannya nama domain dengan SEO?

Secara tidak langsung, nama domain dengan optimasi SEO tidak berkaitan erat. Namun, nama domain sangat perlu Anda pikirkan agar mempermudah para pengguna dalam menemukan website Anda tanpa perlu mengingat alamat IP dari website Anda.

Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO

Optimasi SEO sejatinya adalah menampilkan website Anda pada posisi atau halaman pertama mesin pencari Google. Karena itu, pengaruh nama domain yang mudah diingat juga akan sangat berpengaruh. Berikut ini adalah beberapa pengaruh lain nama domain terhadap SEO, yaitu:

Hasil pencarian bekerja secara maksimal

Nama domain ternyata mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap hasil pencarian Google, apalagi jika nama domain tersebut menggunakan kata kunci yang diinginkan atau diperlukan. Hal ini sebab, penggunaan kata kunci ternyata cukup efektif untuk meningkatkan kunjungan user dibandingkan dengan nama domain yang tidak menggunakan kata kunci.

Baca Juga: Mengetahui Pengertian Subdomain, Fungsi, dan Cara Pembuatannya

Mempunyai keunggulan lebih besar untuk muncul di mesin pencari

Keunggulan lain jika Anda menggunakan kata kunci pada nama domain website Anda adalah mempunyai peluang lebih besar untuk muncul di mesin pencari. Hal ini terjadi karena website kompetitor Anda tidak menggunakan nama domain yang terdapat kata kunci di dalamnya. 

Umur domain jadi salah satu faktor SEO

Nama domain yang telah ada sejak lama, tentu akan mempunyai pengunjung setia tersendiri dibandingkan dengan website yang baru berdiri. Saat ini, domain yang mempunyai masa lebih lama akan dinilai baik oleh Google. Kondisi ini akhirnya yang menyebabkan umur domain menjadi salah satu faktor SEO.

Cara Menentukan Nama Domain yang Tepat

Pastikan keyword yang dipilih sesuai dengan tema website

Langkah pertama untuk menentukan nama domain adalah menentukan keyword utama atau main keyword. Pastikan main keyword telah sesuai atau relevan dengan tema website Anda. Hal ini perlu dilakukan agar website Anda menjadi prioritas yang dimunculkan oleh Google ketika user melakukan pencarian menggunakan keyword tersebut.

Memilih nama domain yang mudah diingat

Terdapat banyak pilihan nama yang bisa Anda pilih sebagai nama website Anda. Pastikan Anda memilih nama domain yang singkat dan mudah diingat oleh user. Sebab, beberapa website yang menggunakan nama domain yang singkat dan mudah diingat oleh user terbukti bisa mendapatkan jumlah user yang cukup banyak.

Menggunakan ekstensi domain yang sesuai

Ekstensi domain ternyata juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi SEO selain nama domain. Karena itu, usahakan untuk menggunakan ekstensi domain yang relevan dan sesuai dengan konten Anda.

Terdapat beragam ekstensi domain yang bisa Anda gunakan untuk website Anda. Ekstensi ini digunakan agar mempermudah user menentukan identitas dari website Anda. 

Baca Juga: Tips Untuk Memilih Nama Domain Website Anda

Pengertian Ekstensi Domain

Ekstensi domain adalah sebuah identitas website yang letaknya berada di akhiran setiap alamat domain atau yang sering disebut dengan Top-Level Domain (TLD). Terdapat beberapa jenis TLD yang perlu Anda ketahui untuk keperluan website bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis ekstensi domain yang termasuk ke dalam Top-Level Domain (TLD) beserta fungsinya.

1. Ekstensi .com

Merupakan salah satu ekstensi terpopuler dan termasuk ke dalam generic Top-Level Domain (TLD) serta paling banyak digunakan oleh berbagai website di dunia. Ekstensi ini pada awal pembuatannya ditujukan hanya untuk website atau situs komersial saja. Sebab, ekstensi .com sendiri merupakan kependekan dari commercial. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pengguna ekstensi ini bukan hanya website bergenre komersial saja, namun telah secara umum digunakan.

2. Ekstensi .net

.net sendiri merupakan kependekan dari network atau networking. Website yang biasanya menggunakan ekstensi ini adalah situs-situs yang berhubungan dengan networking atau jaringan, perusahaan IT, perusahaan komputer, dan perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet lainnya. Meski begitu, tidak ada syarat khusus untuk menggunakan ekstensi ini, sehingga meskipun perusahaan Anda disebutkan di atas, tetap Anda juga dapat menggunakan ekstensi .com.

3. Ekstensi .org

Biasanya website yang menggunakan ekstensi ini adalah situs dari sebuah organisasi, lembaga, atau komunitas tertentu. Pada umumnya, website dengan ekstensi ini dibuat dengan tujuan non profit atau tidak mencari keuntungan.

4. Ekstensi .info

Situs website yang menggunakan ekstensi ini biasanya digunakan oleh website yang sifatnya informatif atau blog personal. Ekstensi .info sendiri merupakan kependekan dari information. Meski ekstensi ini sering digunakan oleh website yang informatif dan blog personal, namun tidak ada persyaratan khusus untuk mendapatkan ekstensi ini.

ekstensi domain
Web photo created by d3images – www.freepik.com

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Hosting, Server, dan Domain

5. Ekstensi .id

Ekstensi ini merupakan ekstensi khusus yang dibuat untuk masyarakat Indonesia. Untuk menggunakan ekstensi ini, Anda perlu menyesuaikan dengan tema situs atau website bisnis Anda. Biasanya, situs website dengan ekstensi .co.id banyak digunakan oleh badan usaha, organisasi berbadan hukum, serta situs website yang berbasis di Indonesia.

6. Ekstensi .biz.id

Ekstensi domain dengan akhiran .biz biasanya digunakan oleh situs web yang bertemakan bisnis. Karena akhiran .biz merupakan kependekan dari business. Karena itu, jika target pasar bisnis Anda adalah Indonesia, maka ekstensi .biz.id bisa Anda pilih.

7. Ektensi .edu

Ekstensi .edu biasanya digunakan oleh website edukasi, pendidikan, atau universitas. Di dalam SEO, ekstensi .edu ini memiliki faktor yang cukup tinggi dalam proses backlink sehingga menambah tingkat kepercayaan user terhadap website Anda. Hal ini terjadi karena Google menganggap bahwa situs yang mendapatkan backlink dan bersumber dari ekstensi .edu adalah website yang dapat dipertanggung jawabkan kontennya.

8. Ekstensi .tech

Dengan berkembangnya bisnis teknologi saat ini, tentu kebutuhan nama website yang menarik juga semakin banyak. Salah satu ekstensi domain yang bisa kamu gunakan dalam bisnis teknologi adalah .tech.

Dengan menggunakan ekstensi .tech, perusahaan bisnis teknologi Anda akan dapat dengan mudah dikenali oleh user sebagai perusahaan teknologi terkemuka. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan ekstensi .tech, situs website Anda akan jauh lebih fancy dan selangkah lebih maju dan anti-mainstream.

9. Ekstensi .site

Merupakan sebuah ekstensi yang sering digunakan oleh situs website profesional dan ingin menampilkan portofolio dari profesi Anda. Situs website dengan ekstensi ini justru membuat website Anda tampak lebih profesional.

10. Ekstensi .store

Dengan menggunakan ekstensi .store, justru semakin menunjukkan identitas website Anda sebagai website bisnis atau usaha online. Selain itu, dengan menggunakan ekstensi ini justru semakin menegaskan bahwa website Anda bukanlah situs abal-abal.

11. Ekstensi .blog

Merupakan sebuah ekstensi yang biasanya digunakan oleh para blogger yang ingin tulisannya dibaca oleh setiap orang sehingga tampak lebih profesional. Dengan menggunakan ekstensi ini, Anda bisa menciptakan self-branding bagi diri Anda sendiri karena seluruh tulisan yang ada di dalamnya merupakan tulisan original Anda.

Itulah beberapa penjelasan pengaruh nama domain dan ekstensi domain terhadap SEO sehingga website Anda menjadi lebih optimal dan bisa muncul di halaman pertama Google serta membantu meningkatkan kunjungan user ke website bisnis Anda.

Cara termudah agar website Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh pelanggan Anda adalah dengan menggunakan jasa SEO. Namun jika bisnis Anda belum mempunyai website, maka Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional. Salah satunya adalah Logique Digital Indonesia yang beralamat di Jakarta Selatan, Pasar Minggu. Untuk mengetahui layanan Logique lainnya, silakan kunjungi websitenya sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts