Pengertian, Jenis, dan Fungsi Domain yang Perlu Anda Ketahui

Sumber: Apixabay.com/@ary74

Apa fungsi domain bagi sebuah website ? Setiap bisnis, organisasi, atau individu yang ingin membangun online presence melalui website harus menyediakan nama domain untuk situsnya. Meskipun saat ini kehadiran online dapat dibangun menggunakan social media, namun website dinilai lebih efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan kredibilitas, serta meningkatkan keuntungan. Oleh karena itulah, pemilik web harus memikirkan dengan baik apa nama domain mereka. Jadi apa sebenarnya fungsi domain itu? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Pengertian Domain

Nama domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi alamat IP yang berupa kombinasi angka yang rumit. Dengan nama domain ini, user akan lebih mudah untuk mengingat alamat web Anda.

Domain name juga sering disebut sebagai alamat website. User akan memasukkan alamat situs web Anda ke dalam bilah URL browser untuk mengunjungi situs web Anda.

Fungsi Domain dan Cara Kerjanya

Perlu Anda ketahui, internet merupakan jaringan komputer raksasa yang saling terhubung antara satu dengan yang lain melalui jaringan kabel global. Setiap komputer yang berada di jaringan ini dapat saling berkomunikasi dengan komputer yang lain.

Untuk mengidentifikasinya, setiap komputer diberi alamat IP (Internet Protocol) yang berupa label numerik yang dipisahkan menggunakan tanda titik seperti 66.220.66.1. Namun bagi sebagian besar user, deretan angka IP tersebut sulit untuk diingat. Disinilah fungsi domain berperan. Jadi, daripada menulis angka IP yang rumit dan panjang, user cukup mengetikkan nama domain ke dalam bilah browser untuk membuka situs website.

Setelah Anda memasukan nama domain ke browser, permintaan tersebut akan dikirim ke jaringan global server yang membentuk Domain Name System (DNS). Domain Name System kemudian mentransfer nama domain ini menjadi alamat IP, yang merupakan alamat server yang menghosting situs web. Server kemudian dapat dengan cepat dihubungi dan situs web disajikan kepada pengguna.

Baca Juga: Tahapan Penting Cara Membuat Website Toko Online Dengan Mudah

Apa Saja Jenis-jenis Nama Domain?

1. Top Level Domains

Top Level Domains atau TLD merupakan bagian dari domain yang muncul setelah titik seperti com, org, atau net. Jenis domain ini juga disebut dengan istilah domain suffix. TLD ini dibagi lagi kedalam tiga jenis yaitu :

Generic Top Level Domains (gTLD)

Generic Top Level Domains merupakan domain yang boleh digunakan oleh umum. Beberapa contoh dari domain gTLD adalah seperti :

  • .com : merupakan singkatan dari kata commercial. Awalnya, domain ini digunakan untuk website dengan tujuan komersial. Namun saat ini domain .com sudah digunakan oleh banyak pemilik web karena mudah diingat dan menjadi salah satu nama domain yang cukup populer.
  • .org : merupakan singkatan dari organization. Domain ini dipergunakan untuk website organisasi non profit
  • .info : domain yang dipergunakan untuk web layanan informasi

Sponsored Top Level Domain (sTLD)

Sponsored Top Level Domain adalah jenis TLD bersponsor yang dipergunakan untuk suatu komunitas atau institusi tertentu. Beberapa contoh sTLD adalah :

  • .edu : dipergunakan untuk institusi pendidikan. Nama domain ini disponsori oleh EDUCAUSE.
  • .asia : dipergunakan untuk website yang berada di wilayah Asia-Pacific. Nama domain ini disponsori oleh Organisasi DotAsia.
  • .mil : dipergunakan untuk web militer AS. Nama domain disponsori oleh Defense Information Systems Agency.

Country Code Top Level Domains (ccTLD)

Fungsi domain Country Code Top Level Domains  adalah untuk mengidentifikasi suatu negara atau lokasi geografis. Contoh domain ccTLD adalah :

  • .id : Indonesia
  • .es : Spanyol
  • .jp : Jepang
  • .us : Amerika Serikat
  • .ca : Kanada
fungsi website
Sumber: pixabay.com/@EstudioWebDoce

2. Second Level Domains

Second Level Domains merupakan bagian dari domain yang terletak sebelum Top Level Domain (TLD). Sebagai contoh terdapat alamat website dengan nama domain websiteku.com. Pada domain tersebut, kata “websiteku” merupakan Second Level Domains. Sedangkan .com merupakan Top Level Domains. Jadi, Second Level Domains ini merupakan nama domain yang Anda daftarkan.

Second Level Domains memiliki peran penting bagi bisnis karena disinilah Anda dapat memperkenalkan suatu brand melalui nama domain. Second Level Domains juga berperan sebagai identitas situs web. Oleh karena itulah, Anda perlu memikirkan dengan matang apa yang sebaiknya dipergunakan untuk mengisi nama domain ini. 

3. Third Level Domain

Third Level Domain adalah bagian dari domain web yang terletak sebelum atau di sisi kiri Second Level Domains. Sebagian besar user sering menyebut Third Level Domain ini sebagai sub-domains karena merujuk ke halaman tertentu dari sebuah situs website. 

Third Level Domain yang paling umum digunakan adalah www yaitu untuk web services dan m untuk mobile service. Meskipun demikian, banyak pemilik website yang menggunakan TLD ini untuk menyediakan halaman lain di situs webnya. Contohnya, sebuah situs web ingin menyediakan Third Level Domain untuk halaman informasi maka domain web tersebut terlihat seperti info.contohwebsite.com. Atau jika Anda ingin menyediakan halaman khusus untuk blog maka domain web akan terlihat seperti blog.contohwebsite.com.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menulis Blog Berkualitas Tinggi?

Kesimpulan

Domain website akan berfungsi sebagai identitas perusahaan Anda di internet. Itulah sebabnya, mengapa domain menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengembangkan website. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan desain dan performa web agar pelanggan tertarik untuk mengunjungi situs web Anda. 

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengembangkan website perusahaan, Anda dapat menghubungi kami. LOGIQUE sudah sangat berpengalaman dalam mengembangkan web untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Anda dapat mengunjungi halaman portofolio kami untuk melihat website klien yang sudah berhasil kami kembangkan. Silakan klik hubungi LOGIQUE untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Related Posts