Apa yang Membuat Generasi Milenial Mau Bekerja Di Perusahaan Anda?

Sumber: Pixabay.com/@sanuas

Generasi Milenial saat ini menjadi kelompok usia terbesar yang muncul setelah generasi baby boomers hadir. Jika Anda adalah seorang pemilik perusahaan atau bekerja pada bagian Human Resources Department, Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian agar para generasi milenial tersebut bersedia untuk bekerja di perusahaan Anda. 

Seperti yang sudah Anda sadari, mencari karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi, berkualitas, serta loyal terhadap perusahaan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jadi, jika sampai saat ini Anda masih menggunakan strategi yang digunakan untuk merekrut generasi yang lahir sebelum generasi milenial, maka strategi tersebut tidak akan berjalan efektif. 

Agar Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai hal-hal apa saja yang menarik minat generasi milenial, berikut kami informasikan penjelasannya untuk Anda.

Pengertian Generasi Milenial

Generasi Milenial adalah generasi yang lahir di antara tahun 1981 – 1994. Jadi, saat ini mereka berada di range usia sekitar 26-39 tahun. Generasi ini juga dikenal dengan istilah Generasi Y (Gen Y).

Para milenial ini memiliki karakteristik yang ceria, percaya diri, tech-literate, mudah beradaptasi, dan terbuka dengan ide-ide baru. Sisi negatifnya, mereka dikenal sebagai generasi yang malas, narcissistic, dan suka berpindah-pindah tempat kerja.

Data yang ditemukan dari recruitment-international.co.uk menggambarkan bahwa sebesar 70% dari generasi milenial menginginkan opsi kerja yang fleksibel. Selain itu, linkedin.com menginformasikan bahwa para pekerja yang datang dari generasi ini memiliki masalah yang berkaitan dengan manajemen yang membuat mereka merasa tidak dikelola atau merasa diabaikan. Oleh karena itu, staff HRD perlu melakukan beberapa penyesuaian agar rule yang mereka sediakan dapat sesuai dengan karakter generasi ini.

layanan logique

Apa yang Membuat Generasi Milenial Tertarik dengan Lowongan yang Anda tawarkan?

1. Upah yang kompetitif

Tidak hanya generasi milenial, upah kerja menjadi salah satu hal yang akan dipertimbangkan ketika memutuskan bekerja di suatu tempat. Businessinsider.com mengungkapkan bahwa sebanyak 60 % milineal mengatakan bahwa gaji merupakan hal terpenting ketika bekerja. 

Selain itu, mereka juga akan mempertimbangkan benefit atau keuntungan apa saja yang mereka peroleh jika bekerja di perusahaan Anda. Apakah mereka Akan mendapatkan bonus performa, tunjangan, asuransi, dana pensiun, atau benefit-benefit yang lain?

2. Penggunanan teknologi di tempat kerja

Generasi milenial tumbuh dengan perkembangan teknologi. Mereka menjadi generasi pertama yang tumbuh dengan kehadiran internet. Itulah sebabnya, mengapa mereka sangat tertarik dengan penggunaan teknologi untuk efisiensi ketika bekerja. Jadi, perusahaan juga sebaiknya turut berubah ke arah digital karena saat ini sudah semakin banyak tools yang tersedia untuk memudahkan karyawan Anda bekerja. 

Di sisi lain penggunaan teknologi juga akan membantu perusahaan Anda agar berjalan secara lebih efektif dan efisien. Saat ini sudah tersedia beragam tools atau software yang dapat Anda pergunakan untuk manajemen proyek atau manajemen karyawan yang lebih mudah seperti Jira, Trello, Dokodemo-Kerja, atau yang lain. 

3. Fleksibilitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, generasi milenial menyukai fleksibilitas. Hal ini juga berlaku untuk cara kerja mereka. Para milenial akan menyukai perusahaan yang memberikan opsi bekerja secara remote atau Work From Home.

Perlu Anda ketahui, seiring dengan perkembangan teknologi, tools serta budaya kantor akan turut mengalami perubahan. Generasi milenial percaya bahwa dengan bantuan teknologi, pekerjaan dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja. 

Semenjak pandemi virus Covid-19, banyak perusahaan yang mengaplikasikan Work From Home atau kerja remote bagi para karyawannya. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang memutuskan untuk meneruskan sistem kerja ini secara permanen meskipun aturan lockdown sudah dicabut.

Jika Anda berencana untuk menggunakan sistem remote working, terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Baca Informasi selanjutnya di artikel berikut : PNS Ingin Kerja Remote atau Telecommuting? Persiapkan Dulu 3 Hal Ini!

Baca Juga: Remote Working Indonesia: Bagaimana Kerja Remote di Indonesia?

Generasi Milenial
Sumber: Pixabay.com/@sanuas

4. Menyediakan Kolaborasi tim dalam bekerja

Daripada bekerja sendiri-sendiri dan saling bersaing, generasi milenial lebih suka untuk bekerja secara kelompok. Mereka akan bekerjasama dan berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan.

Selain itu, mereka juga ahli dalam menggunakan collaboration tools untuk manajemen pekerjaan yang baik. Hal inilah yang akan mendorong generasi milenial menjadi semakin kreatif karena di dalam tim mereka dapat berbagi ide-ide baru.

5. Memberi pengakuan

Jika Anda seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan, Anda tentu mengetahui bahwa diperlukan pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang dapat memotivasi karyawan sehingga dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memberikan sebuah pengakuan atau employee recognition. 

Employee recognition adalah sebuah pengakuan atas sebuah pencapaian yang dilakukan oleh karyawan Anda. Hal ini akan membawa pengaruh positif pada karyawan Anda seperti meningkatkan motivasi, produktivitas, dan retensi. 

Baca Juga : 3 Software untuk Mempermudah Proses Perekrutan Karyawan

6. Sediakan website perusahaan 

Apabila Anda ingin menarik generasi milenial, maka kehadiran perusahaan secara online juga penting untuk diperhatikan. Sebelum mereka bekerja dengan Anda, mereka akan melihat-lihat culture perusahaan Anda melalui website perusahaan. 

Di halaman web tersebut, Anda dapat menceritakan bagaimana budaya kerja perusahaan, seperti apa aktivitas kerja, benefit untuk karyawan, dan masih banyak lagi. Untuk menunjang kehadiran bisnis secara online, Anda juga bisa menyediakan social media untuk perusahaan Anda. 

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda persiapkan untuk menarik generasi milenial. Jika Anda membutuhkan pengembangan website ataupun HR tools untuk mengelola karyawan Anda, silakan hubungi kami. LOGIQUE akan dengan senang hati untuk membantu perusahaan Anda. 

Untuk informasi lowongan kerja remote terbaru silahkan kunjungi halaman Karir LOGIQUE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts