Tools Gratis Untuk Cek Kecepatan Website Anda

Photo by Myriam Jessier on Unsplash

Kecepatan sebuah website memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan website. Bahkan saat ini orang akan menilai suatu website baik dan buruk dari kecepatannya saat dibuka pertama kali. Jika terbukti lambat, maka secara otomatis orang akan malas untuk kembali ke website tersebut. Karena itu, cek kecepatan website perlu dilakukan secara rutin.

Sekarang, telah banyak beberapa situs website online yang bisa digunakan untuk mengecek baik dan tidaknya situs website yang Anda kelola sehingga kedepannya, Anda telah mempunyai solusi bagaimana mengembangkan dan meningkatkan website Anda.

Pentingnya Kecepatan Sebuah Website

Alasan utama mengapa kecepatan website sangat penting adalah karena tidak ada satu orang pun yang mau menunggu lama hingga sebuah website terbuka secara penuh. Bahkan berdasarkan algoritma Google saat ini, kecepatan sebuah website menjadi faktor penentu sebuah website layak berada di halaman pertama Google.

Berikut ini adalah alasan betapa pentingnya kecepatan sebuah website, antara lain yaitu:

1. Mempengaruhi kesan pertama user

Kecepatan sebuah website akan memberikan kesan pertama bagi user untuk menilai apakah website Anda baik atau buruk. Jika kesan pertama saja sudah buruk, maka kesan tersebut akan terus menempel di benak user tersebut. Jika hal ini terjadi, maka kabar buruk bagi website Anda, karena user tersebut tidak akan pernah kembali lagi ke website Anda.

Baca Juga: Beberapa Cara Untuk Mempercepat Website dengan Mudah

Bahkan yang lebih buruk lagi, user tersebut akan berbicara kepada orang lain lagi tentang pengalaman buruk yang mereka alami di website Anda. Begitupun sebaliknya, jika kecepatan website Anda baik, cepat dan mudah diakses, tentu user akan terkesan dan akan terus menyebarkannya kepada orang lain tentang kepuasan mereka saat mengakses website Anda.

2. Berpengaruh terhadap pendapatan

Jika kecepatan website Anda lambat dan sulit untuk diakses, secara tidak sadar akan membuat Anda kehilangan pengunjung potensial yang barangkali user tersebut siap untuk membelanjakan uangnya untuk membeli produk atau menggunakan jasa layanan Anda. Jika Anda memikirkan tentang hal ini, tentu Anda bisa memikirkan betapa pentingnya kecepatan website dalam mempengaruhi pendapatan Anda.

3. Berpengaruh pada pengalaman user

Pernahkah Anda memikirkan jika user yang berkunjung ke website Anda benar-benar mencari apa yang telah mereka cari. Namun ekspektasi tersebut sirna begitu saja akibat kecepatan website Anda yang terlalu lambat sehingga user sulit untuk bisa mengaksesnya. Hal ini tentu membuat user kecewa dan memutuskan untuk mengabaikan website Anda karena lambatnya proses loading untuk mengakses konten yang ada di dalamnya.

4. Berpengaruh terhadap ranking Google

Google dalam rilisnya pernah mengatakan bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi terhadap rangking sebuah website di mesin pencari, seperti kualitas konten, relevansi, dan otoritas. Meski begitu, Anda tidak boleh meremehkan kecepatan website karena ternyata Google memasukkan kecepatan website sebagai nilai tambah agar mendapatkan ranking yang bagus di Google.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Page Speed Website Perlu untuk Anda Tingkatkan

5. Opini publik jangka panjang

Sebagai mesin pencari yang sering digunakan, Google telah mengupgrade sistem keamanan mereka dengan memasukkan faktor kecepatan website sebagai tolok ukurnya. Jadi, jika website Anda lambat, maka dapat dicurigai keamanannya. Sebab, Google secara otomatis akan menilai website tersebut sebagai website yang berbahaya.

Belum lagi jika terdapat opini pengunjung yang memberikan penilaian yang buruk tentang website Anda yang lambat dan sulit diakses. Jika opini ini berlanjut dan terus menyebar, tentu bisa Anda bayangkan dampaknya terhadap website Anda.

Cara Cek Kecepatan Website

layanan logique

Saat ini untuk cek kecepatan website amatlah mudah, terdapat beberapa tools atau alat yang bisa membantu Anda dalam mengetahui seberapa cepat website Anda saat diakses oleh user. Berikut ini adalah beberapa tools online yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan website Anda, antara lain yaitu:

1. Google PageSpeed Insight

Tools ini merupakan tools gratis untuk melakukan analisis pengecekan kecepatan website Anda yang dirilis oleh Google sendiri sehingga secara otomatis indikator penilaiannya telah disesuaikan dengan standar Google itu sendiri.

Saat ini, Google PageSpeed Insight telah dilengkapi oleh teknologi Lighthouse sehingga semakin memberikan analisis yang lebih lengkap dan akurat untuk mengecek kecepatan website Anda. 

Fitur Google PageSpeed Insight

Terdapat beberapa fitur pada tools ini yang bisa kamu perhatikan dan analisis untuk meningkatkan kecepatan website Anda, beberapa fitur tersebut antara lain yaitu fitur Skoring, fitur Field Data dan Origin Summary, fitur Lab Data, fitur Opportunities, fitur Diagnostics, dan fitur Passed Audits.

2. GTMetrix

GTMetrix merupakan sebuah tools yang berfungsi untuk menampilkan laporan performa sebuah website dengan analisis yang lengkap dan akurat. Secara tampilan, laporan analisis di GTMetrix lebih mudah dibaca dan tidak membosankan. Apalagi saat ini GTMetrix dapat digunakan untuk menganalisis core web vitals yang terdapat pada Google Search Console.

Baca Juga: 5 Rekomendasi SEO Audit Tool untuk Menganalisis Performa Website

Fitur GTMetrix

GTMetrix mempunyai beberapa fitur yang membantu Anda dalam menganalisa sebuah website sehingga meningkatkan kecepatan website Anda, seperti fitur PageSpeed, fitur YSlow, fitur Waterfall, fitur Timings, fitur Video, dan fitur History.

3. WebPageTest

Merupakan sebuah situs yang menyediakan tools untuk mengecek kecepatan website Anda. tools ini layaknya sebuah laboratorium khusus dimana Anda dapat memilih untuk melakukan tes kecepatan website dari berbagai lokasi di dunia secara gratis hanya dengan menggunakan browser saja. 

Fitur WebPageTest

Secara tampilan, tools ini nampak tidak begitu meyakinkan. Namun dibalik itu semua, tools ini mempunyai fitur yang lengkap dan akurat untuk membantu Anda dalam meningkatkan kecepatan website Anda. Beberapa fitur tersebut antara lain yaitu, fitur capture video, fitur pemblokiran konten, fitur perbandingan first view dengan repeat view, fitur pengubah kecepatan koneksi, dan beragam fitur lainnya.

4. Pingdom

Pingdom merupakan tools yang digunakan untuk cek kecepatan website Anda secara menyeluruh. Selain itu, tools ini juga mampu memonitor downtime dari website Anda. Dengan menggunakan Pingdom, Anda dapat melakukan pengetesan kecepatan wesbite dari 70 lokasi yang disediakan secara gratis. 

Fitur Pingdom

Pingdom menawarkan beberapa fitur gratis yang bisa membantu Anda dalam menganalisa dan meningkatkan kecepatan sebuah website, seperti fitur uptime monitoring, fitur page speed monitoring, fitur transaction monitoring, fitur visitor insight, dan fitur server monitoring.

5. Web Site Optimization

Merupakan situs web yang menawarkan tools untuk melakukan pengecekan kecepatan website sekaligus menganalisa dan memberikan solusi untuk meningkatkan kecepatan website tersebut. Situs ini dihadirkan dengan beberapa fitur unggulan, seperti fitur Web Page, fitur Speed Report, fitur Calculates Total Object Sizes, dan beragam fitur lainnya.

Itulah beberapa situs yang bisa Anda manfaatkan untuk cek kecepatan website Anda. Hubungi Logique jika Anda ingin meningkatkan kecepatan website Anda sehingga sesuai dengan kaidah-kaidah SEO. Karena Logique mempunyai karyawan profesional di bidangnya yang selalu siap membantu mewujudkan impian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts