Konsep SEO Terpenting yang Harus Anda Tahu

Jika Anda merupakan pemula yang sedang belajar mengenai digital marketing, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan salah satu bentuk strategi dalam digital marketing yang sesuai dengan namanya, bertujuan untuk mengoptimasi brand atau produk Anda dalam situs pencarian. Jika kita berandai menggunakan persamaan toko fisik, maka konsep SEO bertujuan untuk membuat toko Anda paling banyak dikunjungi calon pembeli, yang secara bersamaan diharapkan akan berbanding lurus dengan peningkatan penjualan.

Bagi sebagian orang, mungkin SEO dianggap sulit untuk dijalankan dan tidak sebanding dengan hasil akhirnya. Namun, sebenarnya SEO tidaklah rumit dan konsep dasar SEO cukup mudah untuk dimengerti dan dijalankan oleh pemula. Bahkan, dengan hanya belajar dasar-dasar pun, kita sudah bisa mendapatkan hasil SEO yang menempatkan produk kita di pencarian teratas mesin pencarian.

Tidak percaya? Mari kita kupas konsep dasar SEO yang penting untuk Anda pelajari. Setidaknya ada lima konsep dasar untuk menghasilkan SEO yang dapat mencapai target Anda, yang akan dijelaskan satu-persatu.

Ketahui Apa yang Konsumen Anda Cari

Untuk mencapai posisi teratas di hasil mesin pencarian, tentu Anda harus mengetahui apa yang konsumen Anda cari di mesin pencarian itu sendiri. Dengan logika sederhana Anda pun bisa dengan mudah mengetahui apa yang akan konsumen cari. Misalnya, Anda menjual produk kamacata dan ingin membuat keywords SEO yang paling dicari. Sekarang, Anda hanya perlu memposisikan diri Anda sebagai calon konsumen yang sedang mencari kacamata di internet. Kira-kira, keywords yang akan dimasukkan seperti ini:

“Jual kacamata anti radiasi”

“Jual kacamata minus”

“Jual kacamata plus”

Dan sebagainya. Anda juga bisa menanyakan langsung kepada beberapa calon konsumen Anda dengan melakukan survey kecil-kecilan, atau Anda bisa meminta bantuan teman Anda yang sekiranya sesuai dengan target pasar Anda. Setelah itu, ketahuilah bagaimana cara paling umum yang dilakukan orang-orang untuk mencari produk Anda.

Anda dapat mencoba memasukkan keywords yang tadi sudah Anda dibuat ke dalam mesin pencarian.

Mungkin dalam hasil pencarian tersebut Anda melihat bahwa hampir semua website yang muncul di halaman pertama mesin pencarian menggunakan kata “Kacamata Anti Radiasi”. Anda mungkin berpikir keyword tersebut merupakan keyword terbaik untuk SEO karena semua orang menggunakannya. Namun, hal ini belum tentu benar. Untuk mengecek kebenarannya, silakan cek keyword Anda di Google Keyword Planner.

Hasil dari pencarian keyword “kacamata” di Google Keyword Planner menunjukkan bahwa “Kacamata Anti Radiasi” merupakan keyword utama atau teratas dengan jumlah pencarian bulanan yakni 60.500 kali dalam sebulan. Menurut kami, ini adalah keyword yang baik untuk digunakan.

Selanjutnya, Anda dapat mencari tahu lebih dalam lagi keyword lain yang lebih spesifik yang biasanya juga dicari calon konsumen Anda. Misalnya, saat Anda memasukkan keyword di situs pencarian, Anda akan melihat tambahan informasi keyword lain, yang biasanya disebutkan sebagai:”Orang lain juga menelusuri..” Atau, saat Anda mengetik keyword kolom search di situs pencarian, jangan klik Enter dan tunggu beberapa saat sampai situs pencarian memberikan rekomendasi keyword yang biasanya dicari orang lain. Namun terkadang hal ini bisa tidak akurat karena hasil rekomendasi keyword – misalnya Google, bergantung pada lokasi di mana Anda mengakses internet.

Selain itu, kami juga menyarankan Anda untuk menggali topik yang sedang populer mengenai bisnis Anda. Karena, misalnya, Anda merupakan penjual kacamata, maka Anda bisa membuat konten menarik seputar kacamata dan kesehatan mata. Dapatkan informasi populer terbaru dari platform manapun, termasuk sosial media seperti Instagram, Twitter, bahkan Reddit.

Dengan cara ini, Anda juga secara tidak langsung dapat menambah keyword lain yang sebelumnya belum Anda ketahui. Oleh karena itu, Anda tidak akan selalu bergantung pada Google Keyword Planner dalam menemukan keyword SEO Anda.

Namun perlu diingat, janganlah terpaku pada hasil pencarian per bulan saja, tetapi Anda juga harus memutuskan keyword mana yang paling berpotensi untuk menghasilkan klik bagi Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus menguasai keyword yang benar-benar menguntungkan alih-alih menggunakan keyword hanya karena ia populer digunakan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi SEO Audit Tool untuk Menganalisis Performa Website

Buatlah Halaman Khusus untuk Optimasi Hasil Pencarian

Jika tahap pertama selesai, selanjutnya Anda perlu merombak halaman website Anda agar saat calon konsumen Anda meng-klik keyword SEO Anda, maka Anda bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman UX yang baik. Hal ini sangat penting mengingat durasi pengunjung dalam mengakses halaman website dapat digunakan sebagai analisa dan memengaruhi konversi pengunjung.

Setelah itu, Anda dapat fokus mengembangkan halaman spesifik tersebut untuk dioptimalkan di mesin pencarian. Sebagai permulaan, jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal plugin SEO, contohnya YoastSEO.

Ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan:

  • Membuat konten yang ditujukan agar website Anda ditemukan calon pengunjung dan mengangkat website Anda di hasil pencarian teratas. Secara umum, ada beberapa tipe pencarian yang dilakukan orang di internet, yakni pencarian untuk menemukan website tertentu, untuk menemukan topik tertentu, dan menemukan produk tertentu. Anda dapat mengembangkan konten untuk seluruh tipe pencarian tersebut.
  • Gunakan URL yang singkat namun deskriptif. URL Anda akan mengirimkan sinyal untuk mesin pencarian mengenai topik keyword Anda. Untuk itu, gunakan URL yang singkat, deskriptif, serta hindari penggunaan angka dan usahakan untuk tidak pernah mengganti URL Anda. Misal, ganti URL domain.com/123459 menjadi domain.com/kacamata-anti-radiasi.
  • Buatlah judul dan deskripsi meta yang baik. Judul dan deskripsi meta penting karena dapat mempengaruhi click-through-rate.
  • Buatlah headers dan subheaders untuk membuat kerangka logika yang baik. Saran kami, gunakanlah format standar HTML untuk headers (H1-H6) agar mesin pencarian mudah mengerti struktur halaman Anda dan memahami pentingnya setiap bagian halaman Anda.
  • Gunakan gambar yang menarik.
  • Pastikan halaman website Anda dapat diakses di handphone dan perangkat lain (mobile friendly)

Buat Backlinks dari Website Lain

Singkatnya, backlink adalah teknik menempatkan link website Anda di halaman website lain. Hal ini akan membantu tingkat kepopuleran website kita di mesin pencarian. Ada dua cara untuk menempatkan backlink, yakni dengan cara gratis yaitu dengan melakukan sosial bookmarking dan guespost, dan dengan berbayar yaitu melakukan kerjasama sponsored post atau content placement di website lain.

Namun dalam praktiknya, Anda harus cermat dalam menggunakan backlink sebab Google sendiri menciptakan algoritme Google Penguin yang akan menurunkan peringkat hasil pencarian jika melanggar Panduan Webmaster Google, salah satunya jika backlink yang Anda buat ternyata merupakan spam.

Melacak Keberhasilan SEO Anda

Tahap terakhir dalam mempelajari konsep dasar SEO adalah dengan melacak keberhasilan SEO Anda sendiri. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, dan metrik paling utama untuk dilihat adalah:

  1. Organic Traffic

Organic Traffic merupakan trafik yang Anda dapatkan dari hasil klik SEO tidak berbayar, maka itu disebut organik. Sebenarnya Anda dapat menggunakan paid ads untuk membuat website Anda menjadi di halaman teratas mesin pencarian secara instan. Namun, organic traffic lebih disarankan karena setelah paid ads berakhir, maka halaman Anda akan langsung hilang dari peringkat teratas. Oleh sebab itu kita tidak bisa selalu mengandalkan paid ads. Peringkat atas yang dihasilkan dari organic traffic juga akan meningkatkan kepercayaan pengunjung website dan calon konsumen Anda.

  1. Peringkat rata-rata dari target keywords Anda

Anda harus selalu memonitor peringkat strategi SEO Anda di mesin pencarian sepanjang waktu. Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk mengetahui posisi rata-rata, impressions, dan jumlah klik yang Anda dapatkan dari beberapa keywords. Dengan ini, Anda dapat meningkatkan strategi SEO Anda.

Baca Juga: Apakah Benar Konten adalah Raja dalam SEO?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan jasa optimasi SEO untuk website Anda. Kami akan melakukan proses audit untuk mengetahui masalah apa saja yang terdapat pada website Anda sehingga perbaikan dapat dilakukan dengan tepat.

LOGIQUE memiliki tim SEO profesional yang akan melakukan beragam strategi untuk meningkatkan peringkat web Anda di Google. Kami akan melakukan teknik SEO on Page, SEO Off Page, Serta Technical SEO untuk Anda. Kami juga menyediakan jasa digital marketing untuk membantu meningkatkan omset bisnis Anda. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts