5 Alasan Mengapa Sistem Booking Online Dibutuhkan Perusahaan Travel 

Sumber: pixabay.com/@stux

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, perusahaan travel sudah tidak bisa lagi mengabaikan kebutuhan akan sistem booking online untuk layanan mereka. Pelanggan saat ini menggunakan internet tidak hanya untuk mencari informasi atau membeli produk, namun juga untuk melakukan pemesanan secara online.

Sebagian besar pelanggan memilih pemesanan online karena cara ini dinilai lebih praktis. Mereka dapat melakukan pemesanan dari mana saja dan kapan saja mereka mau.

Sistem booking online ini tentu menguntungkan bagi para pelanggan yang sibuk atau memiliki aktivitas padat. Dengan sistem digital, mereka bisa melakukan booking online di sela-sela waktu istirahat atau ketika mereka selesai bekerja tanpa harus datang ke lokasi perusahaan travel tersebut.

Jika saat ini Anda mengembangkan bisnis travel dan belum memiliki sistem booking online di dalamnya, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Apa yang Dimaksud dengan Sistem Booking Online ?

Sistem booking online atau sistem pemesanan online adalah sistem pada software yang dipergunakan untuk manajemen reservasi. Sistem ini memungkinkan bisnis travel atau pun perhotelan untuk menerima pemesanan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Dengan sistem booking online, pelanggan cukup membuka situs web Anda, memesan layanan sesuai dengan tanggal yang mereka inginkan, mengisi formulir, dan melakukan online payment. Sistem juga dapat memperbarui data ataupun informasi secara real time sehingga pelanggan tidak perlu menghubungi Anda secara manual untuk menanyakan ketersediaan layanan untuk tanggal yang mereka pesan. Pelanggan cukup membuka situs website dan informasi yang tersedia di dalamnya merupakan data terbaru. 

Jika dibandingkan dengan cara konvensional, booking online dinilai jauh lebih efektif. Hanya dengan beberapa klik saja pelanggan sudah bisa memesan layanan yang mereka inginkan.

Selain bisnis travel, sistem booking online juga dapat digunakan oleh berbagai jenis bisnis lain seperti rumah makan, spa/salon, dokter gigi, rental kendaraan dan lain-lain. Bahkan perusahaan dengan layanan servis kendaraan juga menggunakan sistem booking online. Dengan sistem ini, pelanggan dapat melakukan reservasi dengan lebih efektif dan efisien.

layanan logique

Pengembangan Sistem Booking Online oleh LOGIQUE

Salah satu sistem booking online yang pernah dikembangkan LOGIQUE adalah Indonesea.id. Website Indonesea.id merupakan platform yang menghubungkan antara penyelam dengan dive operators.

Website ini dilengkapi dengan dive booking system sehingga pelanggan dapat melakukan pemesanan dan pembayaran untuk perjalanan diving secara online. Melalui website Indonesea.id, pelanggan yang berada di Indonesia maupun mancanegara juga bisa memperoleh informasi mengenai dive centers, liveaboards, serta paket diving di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Agar pelanggan lebih mudah untuk menemukan layanan yang mereka cari, sistem booking online yang kami sediakan di website Indonesea.id juga dilengkapi dengan fitur search, filtering diving destination berdasarkan harga dan lokasi, serta online calendar. Dengan demikian, pelanggan dapat menemukan paket diving sesuai dengan lokasi, harga, dan waktu yang mereka inginkan. 

Proses pembayaran juga dapat dilakukan dengan mudah dan secara real time karena website terintegrasi dengan sistem payment gateway. Indonesea sendiri menyediakan beragam opsi pembayaran untuk pelanggannya mulai dari credit/debit card, ATM/Bank Transfer, dan lain-lain. Setelah pelanggan melakukan pemesanan, data reservasi tersebut kemudian akan tersimpan dengan baik pada Administration Panel Booking System Indonesea.id. Website Indonesea.id juga kami kembangkan dengan sistem keamanan IT yang baik agar data serta proses pembayaran dapat dilakukan dengan aman melalui platform tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Lelang Online: Teknologi, Cara Kerja, dan Fitur-fiturnya

Teknologi apa saja yang dipergunakan untuk mengembangkan Indonesea.id ?

Tim developer LOGIQUE menggunakan beberapa teknologi untuk mengembangkan website ini. Beberapa diantaranya seperti bahasa pemrograman PHP versi 7, framework Laravel, serta database MySQL.

PHP versi 7 dipergunakan karena memiliki kinerja yang baik, cepat, dan aman. Mengembangkan website menggunakan bahasa pemrograman ini dapat membuat website berjalan dengan lancar.

Selain itu, tim developer juga menggunakan Laravel sebagai framework PHP untuk mengembangkan projek. Laravel dapat diandalkan karena memiliki kinerja, fitur, serta skalabilitas yang baik.

Laravel juga mendukung keseluruhan system website maintenance mode secara otomatis. Untuk mengaktifkan fitur ini, tim developer akan menjalankan perintah PHP Artisan Down pada terminal atau command promt. Kemudian untuk mengembalikannya cukup menjalankan perintah PHP Artisan Up. Perintah-perintah tersebut dapat dieksekusi dengan mudah melalui Terminal/Git Bash. 

Sedangkan untuk pengembangan sisi front end website, Indonesea.id dibangun menggunakan HTML, CSS, serta JavaScript.

Dari pengembangan sistem online booking ini, Indonesea.id memungkinkan pelanggannya yang berada di Indonesia maupun mancanegara untuk melakukan reservasi online. Website ini juga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan karena proses reservasi yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah melalui perangkat ponsel mereka. 

Baca Juga: Inilah Manfaat Website Bagi Perusahaan dan Usaha Anda

5 Alasan Mengapa Perusahaan Travel Sangat Membutuhkannya

Ada banyak alasan mengapa bisnis travel membutuhkan sistem booking online untuk layanannya. Berikut 5 diantaranya :

1. Bisnis dapat menerima reservasi pelanggan selama 24/7 non stop

Salah satu keuntungan terbesar yang dapat Anda peroleh dari sistem booking online adalah terbukanya akses atau layanan selama 24/7. Itu artinya, bisnis Anda dapat menerima reservasi selama satu hari penuh sehingga bisnis dapat memperoleh lebih banyak keuntungan.

Selain itu, perlu Anda ingat bahwa perusahaan travel biasanya juga memiliki target pelanggan yang luas, baik itu pelanggan dari dalam negeri atau luar negri. Dengan sistem online booking ini, pelanggan dapat melakukan reservasi kapan saja mereka mau tanpa perlu mengkhawatirkan perbedaan time zone.

2. Pembayaran yang lebih cepat dan mudah

Dengan sistem pemesanan online, Anda dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembayaran dimuka. Hal ini membuat bisnis Anda lebih cepat untuk mendapatkan income untuk layanan yang akan digunakan oleh pelanggan.

Selain itu, sistem booking online yang terintegrasi dengan payment gateway juga memungkinkan untuk menerima berbagai jenis metode pembayaran. Payment gateway juga dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran menggunakan mata uang asing yang sudah dikonversi ke Rupiah. 

3. Reservasi dapat dilakukan melalui perangkat seluler

Saat ini, sudah semakin banyak pelanggan yang memilih untuk melakukan pembelian atau pemesanan melalui perangkat smartphone mereka. Jika Anda mengembangkan website dengan sistem booking online di dalamnya, maka pelanggan dapat mengakses website dengan smartphone dan melakukan pemesanan melalui platform tersebut. 

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa sebelum melakukan pemesanan, sebagian besar pelanggan akan melakukan riset terlebih dahulu mengenai layanan yang mereka cari. Aktivitas tersebut banyak dilakukan melalui perangkat mobile. Dengan menyediakan website, maka layanan Anda tentu akan menjadi mudah diakses dan ditemukan oleh calon pelanggan.

4. Memperoleh lebih banyak insight mengenai bisnis travel Anda

Semua perusahaan membutuhkan report mengenai pengeluaran, keuntungan, serta pertumbuhan bisnis mereka. Report tersebut berisi data-data penting yang dapat dipergunakan oleh sebuah bisnis untuk merancang strategi pemasaran, mengelola anggaran, serta membantu bisnis untuk mengambil keputusan.

Dengan mengembangkan sistem booking online, Anda dapat dengan mudah memperoleh data-data tersebut secara real time. Sistem dapat melacak setiap reservasi dan detail yang berkaitan dengan layanan Anda seperti siapa yang menjadi pelanggan Anda, metode pembayaran yang digunakan, layanan travel yang paling disukai, dan masih banyak lagi.

Dari data tersebut, Anda dapat merancang strategi bisnis agar sesuai dengan minat pelanggan. Dengan demikian, keuntungan yang Anda hasilkan akan jauh lebih berkembang.

5. Mengirim email secara otomatis

Selain memudahkan Anda untuk pembuatan laporan, sistem booking online juga memungkinkan Anda untuk mengirim email secara otomatis. Karena dapat terintegrasi dengan sistem email, Anda tidak lagi perlu mengirim pesan secara manual untuk ratusan pelanggan Anda. Sistem dapat bekerja secara otomatis untuk mengirim pesan yang berisi reminder pembayaran, ucapan terimakasih, atau yang lain. 

sistem booking online
Sumber: www.pexels.com/@olly

Bagaimana Cara Membuat Sistem Booking Online ?

Banyak teknologi atau pun tools yang perlu digunakan untuk mengembangkan website dengan sistem booking online di dalamnya. Namun secara garis besar, terdapat tiga bagian utama yang perlu Anda perhatikan, yaitu :

1.Bagian Back-end 

Bagian Back-end yaitu bagian yang dipergunakan oleh sebuah situs website untuk menyimpan database tentang layanan travel Anda. 

Salah satu teknologi yang Anda butuhkan untuk mengelola database di halaman website Anda adalah MySQL. MySQL merupakan database management system yang dipergunakan untuk menambah, mengakses, dan mengolah data yang disimpan dalam database sistem.

2. Front-end

Front-end yaitu tampilan halaman website yang dilihat oleh pelanggan Anda. Bagian website ini digunakan untuk menampilkan informasi mengenai layanan travel. Front end website juga dipergunakan untuk menampilkan fitur search serta form formulir pelanggan. Nantinya data yang diinput pada form tersebut akan diproses dan diteruskan ke bagian back end. 

Beberapa teknologi front-end yang umumnya dipergunakan untuk membuat tampilan web adalah HTML, CSS, dan JavaScript.

3. Middleware

Software yang memindahkan data dari database dengan halaman website. Middleware akan berfungsi sebagai penghubung antara sistem utama dengan UI website. Selain itu, middleware juga berguna menghandle fungsi-fungsi tambahan, salah satunya adalah sistem payment gateway.

Jika Anda ingin mengembangkan website dengan sistem booking online di dalamnya, Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan web developer yang Anda percaya. Sampaikan apa yang menjadi goals perusahaan agar website dapat dikembangkan dengan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sistem booking online dapat menyederhanakan proses pemesanan sehingga mampu memberikan keuntungan bagi bisnis dan pelanggan. Namun dalam proses pengembangannya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

  • website harus mudah dioperasikan sehingga mampu memberi pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan
  • memiliki desain yang responsif agar tampilan website dapat menyesuaikan ukuran perangkat yang digunakan pelanggan
  • alur pemesanan yang sederhana
  • menyediakan fitur yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan perusahaan
  • memiliki sistem dengan tingkat keamanan yang baik

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan website dengan sistem booking online di dalamnya, Anda dapat menghubungi LOGIQUE. Kami akan memberikan solusi dan saran-saran terbaik agar bisnis travel Anda dapat berkembang di era digital. Klik Hubungi Logique!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts