Keunggulan Aplikasi BASTK JBA Dalam Lelang Kendaraan Online

Aplikasi BASTK JBA atau eBASTK merupakan sistem yang dikembangkan oleh LOGIQUE untuk JBA Indonesia. JBA Indonesia merupakan salah satu klien LOGIQUE Digital Indonesia yang bergerak pada bidang lelang otomotif. Perusahaan ini mulai masuk pasar lelang di Indonesia pada tahun 2011 dan sampai saat ini sudah memiliki 17 cabang di berbagai wilayah di Indonesia seperti di Surabaya, Bandung, Medan, dan masih banyak lagi.

JBA merupakan perusahaan yang aktif dalam hal pengembangan informasi serta digital user experience (DX). Melalui kerjasama yang dilakukan bersama LOGIQUE, JBA telah mempromosikan komputerisasi dan digitalisasi untuk berbagai proses yang menunjang operasional, salah satunya adalah pengembangan aplikasi mobile untuk pengelolaan BASTK kendaraan bernama eBASTK JBA. 

BASTK merupakan singkatan dari Berita Acara Serah Terima Kendaraan. Setiap organisasi legal yang melakukan perpindahan barang atau kendaraan akan membutuhkan Berita Acara Serah Terima (BAST) sebagai bukti dokumen serah terima. Biasanya, di dalam dokumen BAST terdapat beberapa informasi penting seperti nama pihak yang terlibat proses serah terima, jenis barang, merk kendaraan, nomor polisi, nomor mesin, warna kendaraan, dan lain-lain.

Dengan bantuan LOGIQUE, JBA berhasil mengembangkan sistem bernama  eBASTK JBA yang dapat mempermudah proses serah terima kendaraan secara lebih efektif dan efisien.

Apa itu Aplikasi BASTK JBA ?

Aplikasi BASTK JBA / eBASTK adalah aplikasi mobile yang digunakan untuk proses serah terima kendaraan yang dikirimkan dari seller, dealer, atau pun broker kepada perusahaan JBA. Setiap pengiriman kendaraan yang akan dilelang oleh seller, dealer, atau pun broker, akan dibuatkan BASTK (Berita Acara Serah Terima Kendaraan) terlebih dahulu untuk mencatat bagaimana kondisi kendaraan/mobil tersebut. 

Melihat sebagian besar proses pengiriman kendaraan lelang terjadi di luar ruangan seperti di jalan, pool kendaraan, atau tempat parkir, maka aplikasi eBASTK ini dikembangkan sebagai aplikasi mobile.  Seller, dealer, dan broker dapat mempergunakan aplikasi tersebut untuk mencatat kondisi kendaraan sebelum diserahkan kepada JBA.

Setelah sampai, kendaraan akan diperiksa sekali lagi dan dicatat kembali melalui aplikasi ini. Jika ditemukan ketidaksesuaian informasi pada kendaraan yang dikirim, maka aplikasi akan mengirim notifikasi kepada staff JBA sehingga masalah dapat segera diselesaikan.

Jadi, secara garis besar aplikasi ini dipergunakan untuk mencatat dan mengelola pengiriman kendaraan yang akan dikirim ke perusahaan lelang. Sebelumnya, proses pembuatan BASTK dilakukan secara manual sehingga pihak JBA kesulitan untuk melihat riwayat kendaraan yang dikirim. Selain itu, pihak JBA sering kali mengalami keterlambatan informasi jika ada proses serah terima yang tidak sesuai, terutama untuk pengiriman berskala besar.  Oleh karena itulah, sistem ini dikembangkan untuk mempermudah proses tersebut secara cepat dan real time

APLIKASI BASTK JBA

Apa Tujuan Pengembangan Aplikasi eBASTK ?

JBA mengembangkan aplikasi ini untuk beberapa tujuan. Beberapa diantaranya seperti :

  1. Memudahkan proses pencatatan kondisi kendaraan melalui aplikasi yang memiliki tampilan visual interaktif.
  2. Mempercepat penyampaian informasi kepada staf JBA ketika ditemukan ketidaksesuaian berita acara serah terima dengan pemberitahuan notifikasi secara real time.
  3. Memudahkan pengguna untuk melihat bagaimana riwayat serah terima dari kendaraan tertentu.
  4. Mempermudah User untuk mendapatkan summary report dari BASTK.
  5. Mempermudah User management (PIC Staf JBA, Seller, Dealer, Broker, Admin Vendor Ekspedisi, dan Driver).

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi eBASTK?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini dipergunakan untuk membuat berita acara serah terima secara digital untuk kendaraan yang akan dilelang di JBA. Terdapat beberapa pihak yang akan terlibat dalam proses ini, berikut alur atau cara kerja aplikasi BASTK:

1. Vendor menerima surat tugas untuk penjemputan kendaraan

JBA memberikan dua opsi untuk pengiriman kendaraan yang akan dilelang. Opsi yang pertama adalah melalui vendor/driver, dan yang kedua adalah pengiriman internal yang dilakukan oleh pihak seller, dealer, atau broker sendiri.

Jika klien JBA memilih untuk menggunakan bantuan dari pihak ketiga, maka vendor/driver akan menerima surat tugas dari JBA. Selanjutnya vendor akan datang ke lokasi seller membawa SPK dan surat tugas.

2. Vendor melakukan BASTK di lokasi seller, dealer, atau broker

Setelah sampai di lokasi seller, vendor akan menyerahkan surat tugas kepada seller untuk menjemput kendaraan yang akan dilelang. Vendor akan memeriksa kondisi kendaraan secara mendetail mulai dari perlengkapan STNK, kondisi mesin, ban kendaraan dan lain-lain. Biasanya, proses pengecekan kondisi kendaraan akan membutuhkan waktu yang tidak lama yaitu sekitar 5 sampai 10 menit tergantung dari kondisi kendaraan itu sendiri.

Selanjutnya vendor akan memasukkan data-data tersebut dan membuat berita acara serah terima melalui aplikasi BASTK JBAPada tahap ini, pihak seller harus memastikan bahwa data yang diisi oleh vendor sudah sesuai dan memberikan konfirmasi berupa tanda tangan melalui aplikasi.

3. Kendaraan dikirim ke JBA

Proses selanjutnya, vendor atau driver akan mengirim kendaraan yang akan dilelang ke pool JBA. Di pool JBA, staff JBA akan melakukan konfirmasi bahwa kendaraan sudah sampai di lokasi dan melakukan BASTK pada kendaraan tersebut.

Jika data sudah sesuai dengan berita acara yang dibuat oleh vendor/driver, maka proses selesai. Namun jika ditemukan adanya perbedaan data, maka aplikasi BASTK JBA akan mengirimkan pemberitahuan pada seller dan staff JBA agar permasalahan dapat segera diselesaikan.

Untuk beberapa kasus, pengiriman kendaraan dapat dilakukan dalam skala besar. Tentu saja jika prosesnya dilakukan secara manual akan membutuhkan cukup banyak waktu. Pengguna juga akan kesulitan untuk menyadari bahwa ada perubahan atau perbedaan kondisi pada kendaraan yang akan dilelang.

Namun dengan aplikasi BASTK JBA, pengguna dapat secara efektif dan efisien menelusuri bagaimana kondisi kendaraan sebelum dikirim dan ketika sampai di lokasi pool JBA. Dengan demikian, ketika ada suatu kasus dimana kondisi kendaraan berubah atau ada beberapa bagian kendaraan yang hilang, maka masalah tersebut dapat segera diketahui dan ditelusuri melalui aplikasi BASTK.

Baca Juga: Aplikasi Lelang Online: Teknologi, Cara Kerja, dan Fitur-fiturnya

Apa Saja Fitur Utama pada Aplikasi eBASTK JBA?

Agar aplikasi dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna, aplikasi BASTK milik JBA dibangun dengan desain yang user friendly serta fitur-fitur yang mudah digunakan. Berikut beberapa fitur utama yang ada di dalam aplikasi ini :

1. User management

Fitur user management dipergunakan untuk mengatur dan mengelola pengguna aplikasi. Dengan fitur ini, admin dapat menambah, mengubah, menghapus, mencari data customer, mengatur password, dan melihat user. 

2. Fitur untuk melihat antrian pengiriman

Karena aplikasi ini dipergunakan untuk mengelola pengiriman kendaraan, maka aplikasi akan menyajikan daftar antrian kendaraan yang akan dikirim ke JBA. Dari fitur ini, admin dapat melihat detail pengiriman kendaraan seperti nama PIC, nomor telepon, tipe kendaraan, tanggal pengiriman, dan lain-lain.

3. Pengisian BASTK (Ceklis BASTK)

Di dalam aplikasi terdapat formulir ceklist BASTK yang dapat diisi oleh pengguna. Di dalamnya terdapat detail perlengkapan kendaraan yang harus diisi untuk mencatat dan merekam bagaimana kondisi kendaraan di setiap titik transfer kendaraan. Ketika aplikasi menemukan adanya perubahan data selama proses mobilisasi, maka aplikasi akan mengirimkan notifikasi perubahan status dan kondisi kendaraan.

Selain itu, agar berita acara serah terima dapat memberikan data dengan rinci, aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk mengupload foto kendaraan serta memberikan tanda tangan digital di dalamnya.

4. Dashboard

Untuk memantau berita acara serah terima, pengguna dapat melihatnya di halaman dashboard aplikasi BASTK. Di sini, pengguna akan mengetahui status BASTK (selesai atau sedang berlangsung) serta berita acara serah terima mana saja yang mengalami masalah.

5. Report

Fitur ini dapat mempermudah pengguna untuk mengetahui rangkuman dari data-data BASTK yang sudah diisi ke dalam sistem. Anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya data yang tersedia di dalam sistem. Anda cukup menggunakan fitur filter untuk menemukan report yang ingin akan cek.

Dari fitur ini, pengguna dapat lebih mudah untuk melihat laporan berita acara serah terima  setiap kendaraan serta mengetahui detail informasi mengenai laporan yang bermasalah. Selain itu, laporan yang tersedia di dalam aplikasi BASTK juga dapat dicetak oleh pengguna dalam dalam bentuk pdf atau format excel. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua pengguna memperoleh akses untuk mencetak dokumen. Akses ini hanya bisa dipergunakan oleh super Admin saja. 

Baca Juga: 5 Keunggulan dan Kekurangan Progressive Web App (PWA)

Metode Pengembangan yang Digunakan

Proses pengerjaan core aplikasi BASTK ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan. Untuk mengembangkan aplikasi ini, kami memulainya dengan tahap perencanaan dan budgeting yang matang. Setelah itu, tim akan melakukan proses analisa mengenai apa saja kebutuhan perusahaan serta bagaimana proses bisnis berlangsung. Hal ini diperlukan agar cara kerja aplikasi dapat disesuaikan dengan alur kerja pembuatan BASTK konvensional di JBA.

Proses selanjutnya adalah merancang dan mengembangkan aplikasi. Selama proses pengembangan, kami melakukan unit testing yang baik untuk memeriksa apakah semua bagian dapat berfungsi dengan baik. Setelah aplikasi selesai kami kembangkan, kami akan melakukan pengujian yang komprehensif untuk memastikan bahwa aplikasi tidak memiliki error atau permasalahan. Selain itu, kami juga melakukan maintenance untuk menjaga dan meningkatkan performa aplikasi yang dikembangkan. 

Metode Agile Development

Untuk mengembangkan aplikasi BASTK JBA, LOGIQUE memilih metode agile development. Agile software development merupakan pendekatan khusus yang digunakan untuk manajemen proyek dalam pengembangan perangkat lunak.

Metodologi ini akan mengacu pada pengembangan perangkat lunak yang berpusat pada gagasan pengembangan berulang atau dikenal dengan istilah sprint. Dengan metode ini, tim pengembangan dan klien akan berkolaborasi agar output yang dihasilkan sesuai harapan.

Beberapa prinsip yang ada pada metode ini adalah :

  1. Memprioritaskan kepuasan klien
  2. Tim harus dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan
  3. Rutin merilis produk dengan jangka waktu yang singkat
  4. Tim developer dan klien harus saling bekerjasama dalam pengerjaan proyek
  5. Perangkat akan dikerjakan oleh orang-orang yang memiliki motivasi tinggi
  6. Komunikasi dilakukan secara tatap muka untuk menyampaikan informasi
  7. Perangkat lunak yang dapat bekerja dengan baik menjadi tolak ukur kemajuan tim
  8. Memberikan perhatian pada keunggulan teknis dan desain
  9. Kecepatan pengembangan yang konstan
  10. Sederhana
  11. Tim harus mampu mengorganisir diri sendiri
  12. Secara berkala, tim akan melakukan refleksi mengenai cara bekerja yang lebih efektif

Teknologi yang Digunakan

Terdapat banyak pilihan untuk API dan core system untuk mengembangkan aplikasi BASTK ini. LOGIQUE menggunakan platform PHP sebagai pilihan utama dari barisan open source. Untuk database management system yang dipergunakan, LOGIQUE memilih MySQL, MariaDB atau PostgreSQL karena cukup kompatibel pada platform ini.

Selain itu, agar dapat berjalan dengan baik pada platform Android, aplikasi mobile BASTK dikembangkan menggunakan native Java dan Kotlin. Flutter juga dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi pada opsi multi-platform yaitu iOS dan Android. 

Dengan pemanfaatan teknologi, JBA Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang sudah membuktikan bahwa digitalisasi dapat memberikan banyak keuntungan bagi sebuah bisnis. Digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis, pengelolaan data yang lebih mudah, meningkatkan kualitas layanan, dan masih banyak lagi.

Selain JBA Indonesia, LOGIQUE juga sudah berhasil mengembangkan aplikasi ataupun website untuk perusahan-perusahaan besar di Indonesia. Jika saat ini perusahaan Anda juga ingin mengubah proses bisnis ke arah digital, silakan hubungi LOGIQUE. Kami memiliki beragam solusi untuk pengembangan sistem yang komprehensif untuk Anda. Klik Hubungi LOGIQUE!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts