Mau Gabung Apple Developer Academy? Ini Syarat dan Keuntungannya

Salah satu merek dagang terkemuka di bidang teknologi yang ada di dunia adalah Apple. Perusahaan teknologi termutakhir asal Amerika Serikat ini telah lama dikenal sebagai perusahaan yang menciptakan banyak perangkat teknologi termutakhir yang menginspirasi banyak perusahaan teknologi lainnya di dunia karena tampilan serta teknologi yang digunakan.

Seperti diketahui, beberapa software yang dibuat Apple didesain dengan tampilan yang menarik dan indah hingga ke bagian fungsionalitasnya. Karena itu, tidak heran jika aplikasi yang dibuat oleh Apple dijual dengan harga yang cukup mahal.

Indonesia dikenal mempunyai banyak talenta software development yang tersebar di seluruh wilayah dengan kualitas yang tidak dapat diremehkan. Hal ini membuat Apple akhirnya menghadirkan sebuah program untuk para developer teknologi di Indonesia yang diberi nama Apple Developer Academy.

Apa itu Apple Developer Academy

Apple Developer Academy adalah sebuah akademi yang didirikan dengan tujuan untuk mempelajari pembuatan dan pengembangan software yang telah dibuat oleh Apple sehingga para lulusan dari akademi ini dapat menjadi profesional developer.

Baca Juga: Peraturan Baru Apple Menuai Protes dan Penolakan

Meski begitu, tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam Apple Developer Academy ini mengingat seleksi ketat yang dilakukan oleh pihak Apple agar dapat menjadi bagian dari akademi mereka. Namun jika Anda telah menjadi bagian dari akademi ini, tentu akan menjadi tambahan portofolio di CV Anda.

Lokasi Apple Developer Academy

Meski Apple dikenal sebagai perusahaan teknologi terkemuka di dunia, hal itu tidak serta merta membuat Apple langsung mendirikan Apple Developer Academy mereka ke seluruh dunia. Saat ini, hanya terdapat 3 negara saja yang diberikan kehormatan oleh Apple untuk dibangun akademi mereka, yaitu Brazil, Indonesia, dan Italia.

Diantara banyak negara Asia yang ada, hanya Indonesia yang menjadi perwakilan negara-negara Asia yang diberikan kesempatan oleh Apple untuk membangun akademi mereka. Di Indonesia, lokasi Apple berada di Universitas Ciputra yang ada di Surabaya dan Universitas Bina Nusantara (BINUS) yang ada di Tangerang.

Syarat Mengikuti Apple Developer Academy

Dilansir dari laman www.binus.ac.id/developer-academy, terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda lengkapi, antara lain yaitu:

1. Berumur 18 tahun ke atas

2. Mempunyai kreatifitas tinggi

3. Mampu berkolaborasi dan bekerja sama di dalam tim

4. Mempunyai keinginan yang kuat untuk terus belajar dan berbagi ilmu

5. Mempunyai passion di bidang developer

Selain persyaratan di atas, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen kelengkapan lainnya, antara lain yaitu:

1. Melampirkan CV

2. Melampirkan Motivation Letter yang menjelaskan alasan mengapa Anda berminat untuk bergabung dengan Apple Developer Academy

3. Melampirkan Foto

4. Melampirkan Project Portfolio yang sedang kamu tangani, seperti project dari kampus hingga sertifikat volunteer serta kegiatan sosial lainnya. Jika Anda tidak mempunyai portfolio, tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengirimkan video yang berisi pencapaian yang telah Anda dapatkan selama ini.

Lama Periode Belajar

Apple Developer Academy
Image by AppleInsider

Seperti akademi-akademi lainnya, Apple Developer Academy juga mempunyai lama periode belajar selama 9 bulan dengan perincian, peserta academy wajib menyisihkan waktu selama 4 jam dalam satu hari untuk datang ke Academy.

Saat ini terdapat 2 shift pembelajaran yang bisa Anda pilih, yaitu pukul 09.00-13.00 WIB dan 14.00-18.00 WIB. Jam pembelajaran ini akan terus berlaku hingga periode belajar Anda di academy ini berakhir.

Yang Dilakukan Peserta Apple Developer Academy

Selama di Apple Developer Academy, para peserta akan dibimbing oleh para mentor untuk membuat sebuah aplikasi yang mampu memberikan solusi bagi seluruh permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Agar para peserta benar-benar membuat sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, Apple Developer Academy membuat sebuah program yang diberi nama Challenge-Based Learning (CBL).

Program ini memberikan tantangan kepada para peserta academy untuk selanjutnya dijadikan dasar pembuatan aplikasi. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena para peserta academy tidak akan bekerja sendiri-sendiri melainkan secara berkelompok sehingga jika Anda tidak mempunyai latar belakang pemrograman, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena academy ini tidak hanya untuk peserta yang menguasai bahasa pemrograman saja.

Keuntungan bergabung di Apple Developer Academy

layanan logique

Mengingat nama Apple yang telah mendunia, tentunya memberikan keuntungan bagi Anda jika bergabung ke dalam academy mereka. Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, antara lain yaitu:

1. Berkonsep scholarship-internship, membuat Anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang saat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program ini. Justru, Anda akan mendapatkan allowance (uang saku) dari Apple selama mengikuti program ini.

2. Para peserta juga akan mendapatkan fasilitas penunjang untuk mengembangkan aplikasi berbasis iOS, seperti iPhone dan MacBook. Selain itu, dengan mengikuti academy ini, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas lain, seperti Apple Watch serta perangkat Apple lainnya jika memang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi yang ingin dibuat.

3. Setelah berhasil membuat aplikasi, maka secara otomatis Anda akan langsung mendapatkan hak cipta aplikasi (Intellectual Property/ IP) secara utuh tanpa memberikan royalti kepada Apple. Hal ini tentu akan membuat Anda dapat mencantumkan nama Anda pada aplikasi tersebut di portfolio Anda.

Baca Juga: Apple Maps Suguhkan Tampak Dalam 30 Bandara di Seluruh Dunia

4. Pada akhir program academy, terdapat sebuah ajang bernama Talent Spark, yaitu suatu ajang dimana Apple Developer Academy akan mempertemukan para peserta academy dengan beberapa perusahaan yang bekerja sama dengan Apple sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi sebuah proses rekrutmen.

5. Anda juga akan memperoleh kesempatan untuk mengikuti acara tahunan dari Apple yang bernama WWDC (Worldwide Developer Conference). Di sini, Anda akan mendapatkan banyak training lanjutan, termasuk mendapatkan training langsung di kantor pusat Apple.

6. Dengan menjadi peserta Apple Developer Academy, Anda akan dibentuk menjadi seorang profesional developer yang mempunyai banyak kemampuan, seperti teknologi, bisnis, desain, dan berkomunikasi diantara sesama tim.

7. Menjadi peserta Apple Developer Academy, tentu akan membuat Anda mempunyai koneksi atau jaringan yang cukup banyak bahkan hingga ke dunia internasional. Hal ini tentu akan membuat Anda mempunyai banyak relasi saat melamar sebuah pekerjaan atau berbisnis.

Cara Mendaftar Apple Developer Academy

Untuk bergabung dengan Apple Developer Academy, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengakses http://www.binus.ac.id/developer-academy dan melakukan pendaftaran di dalam website tersebut. Selama tahun 2020, pihak BINUS telah menutup pendaftaran untuk bisa bergabung dengan academy ini.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena Anda masih dapat bergabung dan masuk ke academy Apple ini pada tahun 2021 mendatang. Pendaftaran akan dimulai pada bulan Februari hingga Desember 2021 mendatang dengan 3 batch waktu pendaftaran dan beberapa tahapan yang harus dilalui.

Pada tahap pertama, Anda akan melewati tes online berupa tes psikologi, logika, dan pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai pemrograman, desain, dan bisnis. Selanjutnya, Anda akan masuk ke dalam tahap kedua, yaitu interview tatap muka dengan para fasilitator yang telah ditunjuk.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan hasil dari tes tersebut yang menunjukkan apakah Anda bisa masuk dan bergabung dengan academy tersebut atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: boygeniusreport.files.wordpress.com