Pengertian Promotion Mix Beserta Contoh-Contohnya

Sumber: pixabay.com/@mohammed_hassan

Promotion mix adalah serangkaian pendekatan yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk mengoptimalkan upaya promosi serta menjangkau target pasar yang lebih luas. Promotion mix merupakan salah satu komponen atau elemen yang ada pada konsep marketing mix dimana didalamnya terdapat elemen 7P (4P+3P).

Dengan memanfaatkan elemen promotion mix dengan tepat, suatu bisnis dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan. Promosi memegang peran penting untuk kesuksesan sebuah bisnis. Tidak peduli apa pun bidang industri yang sedang Anda jalankan, tanpa strategi pemasaran yang baik, produk atau layanan Anda akan sulit untuk dijangkau oleh target market Anda.

Di dalam konsep marketing mix, setelah sebuah bisnis selesai mengembangkan produk, menetapkan harga, serta memiliki lokasi penjualan, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan strategi promosi. Untuk memastikan pesan pemasaran yang Anda lakukan dapat menjangkau para konsumen, maka terdapat beberapa elemen dalam promotion mix yang perlu Anda perhatikan. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Pengertian Promotion Mix (Bauran Promosi)

Promotion mix adalah serangkaian pendekatan yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk mengoptimalkan upaya promosi serta menjangkau target pasar yang lebih luas. Untuk melakukannya, Anda perlu mengkombinasikan penggunaan alat, media, atau pun metode tertentu agar sebuah bisnis dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Promotion mix merupakan salah satu komponen atau elemen yang ada pada konsep marketing mix dimana didalamnya terdapat elemen 7P (4P+3P) yaitu :

  • product
  • price
  • place
  • promotion
  • people
  • process
  • physical evidence

Jika Anda belum mengetahui apa itu marketing mix, Anda dapat membaca penjelasannya di dalam artikel yang sudah kami sediakan sebelumnya : Apa Itu Marketing Mix ? Mengenal Konsep 4P dan 7P

Mengapa Promotion Mix Penting bagi Bisnis ?

Promosi memegang peranan yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Berikut beberapa alasannya :

1. Meningkatkan brand awareness

Promosi dapat meningkatkan brand awareness. Sebaik apapun produk atau layanan Anda namun jika konsumen tidak mengenalnya atau tidak mengetahuinya, maka konsumen tidak akan menggunakannya. Dengan menggunakan media pemasaran seperti televisi, radio, brosur, website, media sosial, Google Ads, dan media yang lain, Anda dapat menyebarkan informasi mengenai produk yang Anda jual sehingga lebih banyak orang akan mengenal dan menggunakannya. 

2. Membantu menyegmentasikan audiens

Untuk menjangkau target konsumen yang tepat, perusahaan perlu mengidentifikasi siapa yang menjadi target audiens mereka. Jika tidak ditentukan secara spesifik, maka pesan pemasaran kemungkinan besar akan sulit menjangkau konsumen yang ingin Anda jangkau. Dengan promotion mix, Anda dapat menyampaikan pesan promosi yang relevan melalui saluran yang paling sesuai untuk setiap segmen pasar.

3. Lebih menonjol dari pesaing Anda

Berbagai jenis media saat ini menampilkan beragam iklan. Dengan promotion mix, pesan pemasaran yang Anda buat akan terlihat lebih menonjol daripada iklan yang lain karena produk akan dipromosikan di tempat dan waktu yang tepat.

promotion mix
Sumber: pixabay.com/@mohamed_hassan

Komponen Promotion Mix dan Contohnya

1. Advertising

Advertising atau iklan adalah presentasi atau promosi berbayar untuk sebuah barang atau jasa. Iklan merupakan salah satu alat promosi yang paling umum digunakan bisnis untuk menyampaikan informasi tentang sebuah produk serta menumbuhkan minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan. 

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, advertising juga bisa dilakukan secara digital. Dengan media digital, bisnis dapat mengiklankan produknya dan menjangkau jutaan pelanggan secara lebih efektif dan efisien.

Beberapa contoh digital advertising yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat iklan melalui media social, Google Ads, atau yang lain. Perlu Anda ketahui, melalui iklan digital Anda juga bisa mengatur agar pesan promosi dapat dijangkau oleh target pasar yang Anda inginkan.

Baca Juga: Pengertian Digital Marketing dan Kelebihannya Yang Perlu Diketahui

2. Personal selling

Personal selling merupakan teknik promosi dimana penjual akan mendatangi pelanggan dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Meskipun saat ini promosi dapat dilakukan melalui perangkat digital, banyak bisnis yang masih mempergunakan teknik personal selling ini. Selain digunakan untuk mendorong konsumen agar mau menggunakan produk Anda, personal selling juga dapat meningkatkan kepercayaan serta membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan potensial.

Ketika pihak penjual melakukan personal selling, mereka harus bisa memanfaatkan produk yang dijual sebagai solusi bagi masalah pelanggan. Di sisi lain, melalui komunikasi langsung ini, tim penjualan juga dapat menerima input atau feedback langsung dari pihak konsumen yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda. 

Salah satu contoh personal selling dapat Anda lihat di counter kosmetik di department stores. Perwakilan pihak penjual dapat memberi saran atau solusi mengenai problem yang dialami oleh pelanggan seperti memberi saran mengenai produk yang cocok untuk kulit sensitif atau yang lain.

3. Sales Promotion

Sales promotion merupakan insentif jangka pendek yang dilakukan oleh pihak penjual agar pelanggan segera melakukan pembelian produk. Dengan teknik ini, Anda dapat menimbulkan rasa urgensi sehingga konsumen akan segera membeli produk Anda. Contoh sales promotion yang bisa Anda berikan adalah diskon atau potongan harga, loyalty reward, kupon, giveaway, bonus, dan lain-lain.

Sebagian besar bisnis akan memberikan sales pada waktu atau momen tertentu. Contohnya seperti ketika akhir tahun, lebaran, atau natal.

Baca Juga : Tips Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan di Akhir Tahun

4. Public Relations

Public relation perlu dilakukan karena dapat mempengaruhi cara pelanggan ketika menilai produk atau brand Anda. Secara garis besar, public relation merupakan proses untuk mempertahankan citra baik serta membantu membangun hubungan yang menguntungan antara perusahaan dengan pelanggan atau pihak yang bekerja sama dengan perusahaan Anda. 

Melalui public relations, perusahaan dapat membangun cerita yang menarik untuk mempromosikan image yang baik di pasar. Biasanya perusahaan akan berusaha mendapatkan image positif dengan menarik perhatian target market dengan memberitakan aktivitas perusahaan atau aktivitas lain yang berkaitan dengan pelanggan.

Dari kegiatan ini, sebuah bisnis akan memperoleh citra yang positif di mata konsumen, dikenal lebih banyak orang, dan pada akhirnya menumbuhkan minat yang lebih tinggi terhadap produk Anda. Contoh kegiatan public relation seperti mengadakan acara khusus, mensponsori kegiatan amal, seminar, atau yang lain. 

5. Direct selling

Direct selling merupakan teknik promosi dimana perusahaan akan menjangkau pelanggan secara langsung. Perusahaan akan menggunakan beberapa alat seperti telepon, email, aplikasi, atau alat lain untuk menyampaikan pesan pemasaran yang berisi “call to action”. Direct selling juga dapat digunakan ketika sebuah perusahaan memiliki penawaran khusus, layanan baru, atau fitur baru dari produk yang ditawarkan.

Sebagai contoh, aplikasi design bernama Canva akan mengirim email kepada para penggunanya ketika mereka memiliki layout baru.  Contoh lainnya seperti perusahaan provider yang sering mengirim pesan SMS untuk menyampaikan diskon atau promo. 

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan perusahaan web system development di Indonesia. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT, Logique juga menawarkan jasa pemasaran digital agar bisnis yang Anda kembangkan dapat lebih mudah dikenal oleh target market bisnis Anda. Logique juga memiliki jasa optimasi SEO agar website Anda mendapat rangking tertinggi di halaman mesin pencari Google.

Silakan hubungi kami sekarang juga dan dapatkan solusi terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda!

Related Posts