5 Rekomendasi SEO Audit Tool untuk Menganalisis Performa Website

Sumber: pixabay.com/@mohamed_hassan

Proses optimasi dapat dimulai dengan mengaudit sebuah website menggunakan beragam SEO audit tool. Proses audit ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi atau performa web Anda sehingga langkah-langkah optimasi dapat dilakukan dengan tepat.

Dengan audit SEO tool, Anda dapat mengidentifikasi berbagai masalah mendasar yang mempengaruhi kinerja sebuah web. Beberapa diantaranya seperti :

  • masalah teknis SEO
  • struktur website
  • On page SEO
  • Off page SEO
  • konten website
  • masalah user experience
  • dan masih banyak lagi

Berikut beberapa rekomendasi SEO tool yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis performa sebuah website.

seo audit tool
Sumber: pixabay.com/@mohamed_hassan

5 Rekomendasi SEO Audit Tool

1. Google Search Console

Google Search Console (GSC) merupakan SEO audit tool yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh insight tentang kinerja organik website Anda. Alat ini disediakan oleh Google serta gratis untuk digunakan.

Dari GSC, Anda akan mendapat berbagai informasi mengenai masalah SEO teknis yang paling umum. GSC juga bisa digunakan untuk memverifikasi bahwa Google crawler dapat mengakses sebuah halaman website Anda dan memastikan halaman web dapat terindeks.

Secara garis besar, berikut beberapa kegunaan dari GSC :

  • Memahami kinerja website seperti jumlah click, impressions, Click-Through Rate (CTR) , posisi rata-rata.
  • Menemukan error seperti 404 errors, crawl issues, halaman yang diblokir oleh robots.txt, dll
  • mengirim sitemap
  • menemukan masalah keamanan
  • menginformasikan Google mengenai perumahan nama domain
  • dan masih banyak lagi

Google Search Console menjadi salah satu alat yang sering diandalkan untuk mengaudit performa sebuah website. Dengan GSS, Anda dapat mengetahui apa saja masalah yang dilihat oleh Google ketika mereka melakukan perayapan dan pengindeksan sehingga perbaikan dapat segera dilakukan.  

Baca Juga: 4 Tools Gratis yang Dapat Digunakan untuk Riset Kata Kunci

2. GTmetrix

GTmetrix adalah alat untuk menganalisis kinerja situs web dan berisi berbagai solusi untuk memperbaikinya. Secara garis besar, GTmetrix akan memperingatkan Anda tentang masalah teknis pada sebuah halaman web yang dapat mempengaruhi kecepatan situs dan pengalaman pengguna. 

Alat ini dapat meng-capture performa website dan menganalisanya menggunakan aturan yang sama seperti Google Pagespeed serta YSlow kemudian menentukan skor dari hasil analisis tersebut. Dengan GTmetrix, Anda dapat menerapkan solusi optimasi dengan tepat karena GTmetrix dapat memvisualisasi page load time berdasarkan total page size dan total request.

3. Screaming Frog SEO Spider

Screaming frog merupakan SEO audit tool untuk menganalisis dan mengaudit masalah teknis SEO. Beberapa hasil audit yang bisa Anda peroleh dari Screaming Frog seperti menemukan broken links, konten duplikat, generate XML sitemaps,  menemukan halaman dengan metadata yang kurang dioptimalkan, dan masih banyak lagi.

Screaming Frog tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, Screaming Frog dapat merayapi hingga 500 URL dan membantu mendiagnosis semua masalah SEO teknis yang paling umum. Sedangkan versi berbayar, alat ini menawarkan batas perayapan unlimited dengan beragam fitur tambahan yaitu integrasi Google Analytics, integrasi dengan PageSpeed Insight, rendering JavaScript, crawl configuration, dan lain-lain.

Baca Juga: Apakah Benar Konten adalah Raja dalam SEO ?

4. SEMrush Site Audit

SEMrush memiliki kemampuan untuk mengaudit SEO dan mendiagnosis lebih dari 130 masalah teknis di dalamnya. Alat ini akan menunjukkan masalah teknis teratas yang sudah mempengaruhi kinerja website, sehingga Anda dapat memprioritaskan strategi optimasi apa yang harus segera dilakukan.

Untuk menggunakan alat audit ini, SEMrush menyediakan beberapa paket data. Meskipun demikian, SEMRush juga memberikan layanan gratis dengan beberapa kegunaan seperti :

  • melakukan analisis domain dan kata kunci dengan batas maksimal 10 pencarian perhari. Analisa domain dapat digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kompetitor Anda. Sedangkan analisa kata kunci akan membantu Anda menemukan kata kunci terbaik yang bisa digunakan website Anda.
  • dapat mengcrawling 100 halaman dari situs web Anda untuk menemukan masalah.
  • melacak posisi website berdasarkan 10 kata kunci yang Anda targetkan.
  • dan lain-lain

5. Google PageSpeed ​​Insights

Google PageSpeed ​​Insights adalah alat audit SEO teknis yang berfokus pada pengoptimalan page speed atau kecepatan halaman website. Perlu Anda ketahui, pagespeed dapat mempengaruhi peringkat Google serta membawa dampak pada user experience. Jadi ketika melakukan optimasi, Anda perlu memperhatikan page speed website Anda. 

Google PageSpeed ini cukup mudah untuk digunakan, Anda hanya perlu memasukkan URL pada kolom yang tersedia dan Google PageSpeed ​​Insights akan menganalisis website Anda. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan rekomendasi untuk membuat page loading website Anda berjalan dengan lebih cepat.

Baca Juga:Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menawarkan jasa optimasi SEO untuk website Anda. Kami akan melakukan proses audit untuk mengetahui masalah apa saja yang terdapat pada website Anda sehingga perbaikan dapat dilakukan dengan tepat.

LOGIQUE memiliki tim SEO profesional yang akan melakukan beragam strategi untuk meningkatkan peringkat web Anda di Google. Kami akan melakukan teknik SEO on Page, SEO Off Page, Serta Technical SEO untuk Anda. Kami juga menyediakan jasa digital marketing untuk membantu meningkatkan omset bisnis Anda. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts