Local SEO: Tips Meningkatkan Peringkat Website di Pencarian Lokal

Sumber: pixabay.com/@Templune

Pada dasarnya sebuah website dapat menjangkau semua user di seluruh dunia. Namun jika target bisnis Anda adalah konsumen di area lokal, maka strategi local SEO dapat Anda andalkan untuk menjangkau target dengan lebih spesifik.

Local SEO merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan visibilitas pada pencarian lokal. Strategi ini biasanya akan digunakan oleh pemilik bisnis yang melayani pelanggan atau konsumennya secara langsung atau face to face. Beberapa jenis bisnis yang dapat diuntungkan dengan strategi ini adalah layanan medis, restoran, pet services, real estate, tukang pipa, dan lain-lain.

Jika saat ini Anda juga memiliki bisnis dengan target konsumen di wilayah lokal, berikut penjelasan mengenai strategi local SEO untuk Anda.

Apa itu Local SEO ?

Local SEO adalah sebuah praktek untuk mengoptimalkan sebuah situs web agar mendapat visibilitas yang tinggi serta lebih banyak lalu lintas dari pencarian lokal. Dengan kata lain, strategi optimasi ini dapat membantu sebuah bisnis untuk mempromosikan layanan atau produk mereka kepada target konsumen di wilayah lokal.

Pencarian lokal yang dimaksud mencakup semua keyword yang digunakan untuk mencari bisnis di area lokal. Beberapa diantaranya seperti:

  • restoran terdekat
  • rumah sakit terdekat dari sini
  • dokter gigi Jogja
  • wedding organizer Jakarta Selatan
  • dan masih banyak lagi

Baca Juga: Apakah Benar Konten adalah Raja dalam SEO ?

Tips Melakukan Optimasi untuk Local SEO

1. Buat akun Google My Business

Menggunakan Google My Business (GMB) merupakan salah satu cara yang harus Anda lakukan ketika melakukan proses optimasi untuk pencarian lokal. GMB gratis digunakan serta memungkinkan agar bisnis Anda dapat ditampilkan di halaman Google.

Setelah Anda membuat akun GMB dan mengisi semua informasi yang dibutuhkan di dalamnya, maka profil bisnis Anda akan muncul di hasil pencarian lokal dan Google Map. Untuk mengoptimalkan profil Anda , terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

  • Verifikasi kepemilikan bisnis.
  • Berikan informasi yang akurat dan terupdate
  • Lengkapi profil dengan logo, jam operasional, produk atau layanan yang Anda berikan, serta gambar-gambar berkualitas dari toko Anda.
  • Respon ulasan konsumen dengan baik.
  • Gunakan Google My Business dashboard untuk memposting produk, event, atau promo spesial ke profil bisnis Anda.

2. Dapatkan ulasan positif di Google My Business

Dalam GMB, review akan ditampilan pada listing di hasil penelusuran dan Google Map. Ulasan atau review tersebut akan berpengaruh besar pada bisnis Anda karena sebagian besar pelanggan akan melihat review dari pelanggan lain terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa Anda. Oleh karena itu, penting bagi pemilik bisnis untuk selalu mendapat review positif dari pelanggan.

Untuk mendapatkan review yang baik tentu Anda harus memberikan layanan atau produk yang memenuhi ekspektasi pelanggan. Setelah itu, Anda dapat mendorong pelanggan untuk meninggalkan review di profil Google My Business Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Meminta review secara langsung setelah pelanggan membeli atau menggunakan produk Anda.
  • Mengirim follow up email kepada pelanggan agar mereka mau memberikan ulasan. Untuk memudahkan pelanggan, pastikan email menyediakan direct link ke halaman review GMB.
  • Sediakan review link di halaman website perusahaan Anda.

3. Optimalkan Voice Search

Voice search merupakan fitur Google yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencarian di halaman Google melalui perintah suara. SEO Expert Brad menginformasikan bahwa sebanyak 58 % konsumen menggunakan penelusuran suara untuk menemukan informasi mengenai bisnis lokal. Selain itu 46 % pengguna Voice Search mencari bisnis lokal setiap harinya. 

Oleh karena itulah, jika Anda ingin melakukan strategi local SEO maka optimasi pada voice search juga perlu Anda perhatikan. Untuk mengetahui bagaimana strategi untuk mengoptimalkannya, Anda dapat membaca artikel kami mengenai Google Voice Search

local SEO
Sumber: pixabay.com/@Templune

4. Website harus mobile friendly

Orang-orang akan menggunakan perangkat ponsel mereka untuk mencari lokasi suatu bisnis ( Google Map), jam operasional, melihat ulasan, dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa website Anda sudah mobile friendly. Selain berguna untuk meningkatkan user experience, mobile friendly juga menjadi salah satu faktor bagi Google ketika menentukan peringkat sebuah situs web.

5. Gunakan kata kunci lokal

Karena target bisnis Anda adalah konsumen di wilayah lokal, maka kata kunci yang digunakan juga harus relevan dengan target bisnis Anda. Biasanya, user ketika mencari suatu bisnis atau layanan di area lokal akan menambahkan komponen lokasi geografis pada keyword yang digunakan. Sebagai contoh, toko sepeda Jakarta Timur, restoran di Bandung, dan lain-lain. 

Jadi, agar bisnis Anda dapat ditemukan oleh user maka sebaiknya Anda juga menggunakan keyword lokal. Untuk menemukan kata kunci yang tepat, Anda dapat melakukan keyword research untuk menemukan kata kunci lokal populer dengan persaingan rendah namun memiliki rata-rata pencarian yang tinggi.

Baca Juga: Fungsi Blog untuk SEO : Mengapa Website Membutuhkannya ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika saat ini Anda sedang mengelola bisnis lokal, Anda dapat menggunakan jasa optimasi SEO dari Logique untuk mendapatkan lebih banyak prospek. Logique memiliki tim SEO berpengalaman yang akan memberikan berbagai solusi agar web bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh target audiens yang tepat.

Silahkan konsultasikan kebutuhan Anda dengan Logique, kami selalu siap untuk membantu Anda. Klik Hubungi Logique

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts