9 Kelebihan Linux yang Perlu Anda Ketahui

Sumber: pixabay.com/@OpenClipart-Vectors

Linux menjadi salah satu operating system (OS) populer, dan banyak orang ingin mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan Linux. Operating system ini pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 dan sekarang menjadi platform untuk menjalankan desktop, embedded system, dan server.

Pada dasarnya operating system (OS) merupakan sebuah software untuk mengatur atau mengontrol hardware dan menjalankan software yang ada di dalam sebuah sistem komputer. Sederhananya, sistem operasi akan mengelola komunikasi antara software dan hardware. Tanpa OS, komputer Anda tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Selain Linux, beberapa operating system lain yang sering digunakan adalah Microsoft Windows, macOS, dan lain-lain. Jika dibandingkan dengan OS yang lain, Linux memiliki beberapa kelebihan. Berikut beberapa diantaranya.

kelebihan linux
Sumber: pixabay.com/@OpenClipart-Vectors

Apa Saja Kelebihan Linux?

1. Bersifat Open Source

Salah satu keunggulan utama Linux adalah sifatnya yang open source sehingga kode sumbernya tersedia untuk semua orang. Dengan demikian, Anda dapat mempelajari atau memodifikasinya dengan bebas sesuai keinginan Anda.

2. Memiliki security yang baik

Meskipun sebenarnya tidak ada operating system yang benar-benar bebas dari risiko keamanan, namun Linux bisa dianggap memiliki security yang baik. Salah satu masalah yang sering dihadapi Windows adalah virus. Untuk mengatasinya pengguna harus menginstal aplikasi antivirus dan perangkat lunak firewall.

Setiap program di Linux baik aplikasi maupun virus membutuhkan otorisasi dari administrator berupa password. Saat Anda menggunakan OS Linux maka aplikasi atau pun virus tidak akan bisa berjalan tanpa kata sandi yang diketik. Selain itu, tambalan keamanan pada Linux i juga lebih cepat dilakukan karena sifatnya yang open source sehingga banyak orang dapat berkontribusi pada OS ini. 

3. Memiliki banyak pilihan distribusi

Linux mempunyai banyak distribusi atau disebut dengan distro Linux. Dengan adanya beragam pilihan, Anda dapat memilih distro yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa contoh distro Linux adalah Fedora, Ubuntu, Arch Linux, Debian, Linux Mint, dan masih banyak lagi.

4. Hemat biaya

Linux tersedia secara gratis untuk diunduh dan digunakan. Anda tidak perlu membeli lisensi karena Linux menggunakan lisensi GNU (General Public License). Lisensi ini memberi kebebasan bagi penggunanya untuk menjalankan, menyalin,  berbagi atau memodifikasi suatu perangkat lunak. Ketika menggunakan lisensi GNU, Anda harus menyediakan kode sumbernya.

Baca Juga: 5 Keunggulan Utama Linux Ubuntu

5. Software update yang baik

Biasanya, Microsoft melakukan pembaruan ketika mengalami serangkaian masalah atau ketika ada bagian besar yang perlu diperbaiki. Akibatnya, pengguna harus menunggu pembaruan untuk memperbaiki masalah yang terjadi dalam waktu yang lama. 

Di Linux, Anda akan melihat lebih banyak software update sehingga pembaruan dapat segera mengatasi masalah yang mungkin sedang Anda hadapi. Ini juga menjadi kelebihan Linux karena pembaruan yang ada pada operating system ini dapat dilakukan dengan mudah.

6. Dapat menghidupkan kembali komputer lama

Linux memungkinkan Anda agar bisa menggunakan kembali sistem komputer yang sudah lama atau pun usang seperti firewall, router, backup server, dan lain-lain. 

Saat ini sudah banyak distribusi Linux yang tersedia sesuai dengan kapabilitas sistem Anda. Salah satu yang bisa digunakan untuk low- end systems adalah Puppy Linux.

7. Kustomisasi

Kelebihan Linux yang selanjutnya adalah menyediakan kustomisasi. Karena sifatnya yang open source, Anda dapat menambah, mengubah, atau menghapus fitur apa pun sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena kemampuan kustomisasi ini, Anda juga bisa menginstal berbagai wallpaper atau tema ikon agar tampilan sistem Anda menjadi jauh lebih menarik. 

8. Memiliki komunitas yang besar

Adanya komunitas Linux yang besar dapat membantu Anda ketika menghadapi suatu masalah dengan operating system ini. Anda dapat bergabung dengan forum online Linux dan berdiskusi dengan anggota aktif lainnya.

Hadirnya forum atau komunitas ini tidak hanya akan membantu Anda ketika menemukan masalah. Anda juga bisa mendapat berbagai informasi terbaru mengenai OS Linux dari forum tersebut. 

9. Stabil

Sistem Linux jarang mengalami crash, dan misal terjadi crash maka seluruh tidak semua sistem akan mati. Linux memberikan stabilitas yang tinggi. Pada OS Windows, biasanya reboot dibutuhkan untuk berbagai aktivitas seperti setelah menginstal perangkat lunak, menghapus perangkat lunak, pembaruan OS, dan lain-lain. Ketika menggunakan Linux, Anda tidak perlu melakukan reboot berulang-ulang. 

Selain itu, Linux juga dianggap sebagai operating system yang multitasking. Sistem ini tetap dapat berjalan dengan stabil tanpa ada penurunan kecepatannya ketika melakukan banyak tugas secara bersamaan. Salah satu contohnya adalah ketika Anda mengunduh file besar maka aktivitas tersebut tidak akan mempengaruhi atau memperlambat sistem.

Baca Juga: Microsoft Akan Segera Hentikan Internet Explorer di Tahun 2021

Dari beberapa kelebihan Linux diatas, tidak heran jika banyak orang memilih untuk menggunakan OS ini. Meskipun demikian perlu diketahui bahwa Linux juga memiliki kekurangan salah satunya seperti tidak kompatibel dengan semua perangkat.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan perusahan yang memberikan jasa pembuatan web dan aplikasi mobile. Kami juga menyediakan jasa pemasaran digital agar bisnis online yang Anda kembangkan dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Logique merupakan partner yang tepat untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda di era digital. Silakan kunjungi Layanan Logique atau hubungi kami untuk mengetahui detail informasi mengenai layanan yang kami berikan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts