Twitter Marketing : Tips Meningkatkan Brand Awareness di Twitter

Sumber: pixabay.com/@PhotoMIX-Company

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menjangkau konsumen. Saat ini kita sudah berada di era digital. Jadi, pemasaran sebaiknya juga dilakukan melalui platform digital. Salah satu caranya adalah dengan melakukan strategi twitter marketing.

Twitter marketing adalah strategi pemasaran yang mengacu pada distribusi konten di platform Twitter. Tujuan utama dari strategi pemasaran ini adalah untuk meningkatkan prospek baru, menghasilkan lebih banyak konversi, membangun brand awareness, serta meningkatkan jumlah penjualan. Jika strategi Twitter marketing dilakukan dengan benar, twitter bisa menjadi powerfull tool untuk pemasaran layanan Anda.

Meskipun demikian, perlu Anda ingat bahwa twitter memiliki karakter yang unik daripada social media yang lain. Sosial media ini memiliki limit sepanjang 280 karakter untuk setiap tweet yang Anda posting. Jadi, Anda harus bisa memaksimalkan limit karakter tersebut agar bisa menjangkau banyak target pasar.

Tips Twitter Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness

1. Atur profil Twitter Anda

Ketika mengatur profil Twitter, Anda harus memperhatikan username yang akan digunakan. Username harus recognizable, mudah diingat, dan tidak menggunakan karakter yang panjang. Selain itu, Anda harus menjaga agar username yang digunakan tetap konsisten di semua platform sosial media. Jika tidak, hal tersebut dapat membuat user bingung dan kesulitan ketika mencari akun bisnis Anda di twitter.

Untuk meningkatkan brand awareness, Anda dapat menggunakan logo perusahaan sebagai profil picture Anda. Dengan demikian, setiap kali tweet Anda muncul di timeline, atau ketika Anda berinteraksi dengan follower Anda, mereka akan melihat logo perusahaan. Hal tersebut dapat membuat konsumen menjadi jauh lebih akrab atau familiar dengan logo perusahaan Anda.

Bio pada Twitter memiliki batas maksimal mencapai 160 karakter. Jadi, Anda harus bisa mengoptimalkan kapasitas karakter tersebut untuk menyampaikan citra brand Anda. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat bio Twitter.

  • Informasikan secara akurat mengenai jasa/layanan dari brand Anda.
  • Tambahkan hashtag yang relevan dengan brand agar akun bisnis Anda lebih mudah ditemukan.
  • Tulis bio secara menarik atau sesuai dengan style dari target market Anda.
  • Anda dapat menulis pencapaian besar apa saja yang sudah didapat oleh perusahaan Anda

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Akun Instagram Untuk Bisnis

twitter marketing
Sumber: pixabay.com/@Edar

3. Post atau Tweet pada waktu yang tepat

Agar postingan Anda dapat menjangkau target pasar secara luas, Anda harus memposting pada waktu-waktu yang tepat. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sproutsocial.com , waktu terbaik untuk memposting di Twitter adalah hari Rabu dan Jumat pukul 9 pagi.

Memposting konten pada waktu puncak akan memberi pengaruh pada engagement yang dihasilkan. Dari tabel di atas, Sproutsocial menyarankan agar Anda membuat jadwal posting di sekitar waktu puncak, yaitu Senin sampai Jumat antara jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Sedang untuk mempromosikan barang atau produk Anda dapat memposting pada hari Minggu antara jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Meskipun demikian, waktu puncak juga akan tergantung pada target audiens bisnis Anda. Jadi untuk mengetahui waktu terbaik, Anda perlu melakukan sedikit analisis. Coba posting pada waktu-waktu tertentu dan lihat bagaimana konversi atau engagement yang didapatkan pada tweet tersebut.

4. Membuat konten interaktif

Konten interaktif akan mendorong user untuk melakukan re-tweet sehingga apa yang Anda sampaikan dapat menjangkau lebih banyak user. Anda bisa mencari tau info atau tren apa yang sedang populer dan kaitan dengan layanan atau produk yang Anda berikan.

Anda juga dapat mengupload konten berupa gambar atau video, agar user tertarik untuk berbagi tweet Anda dengan followernya. Pastikan konten tersebut memiliki kualitas gambar yang baik, serta relevan dengan brand Anda.

Cara lain untuk meningkatkan interaksi dengan follower Anda adalah membuat konten polling. Di Twitter terdapat fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat polling. Anda dapat membuat polling yang dikaitkan dengan bisnis Anda. Konten seperti ini tidak hanya menarik interaksi dengan user namun juga dapat memberi insight dari konsumen Anda. 

5. Menggunakan hashtag

Menambahkan hastag untuk setiap konten yang Anda posting dapat meningkatkan peluang agar konten Anda lebih mudah ditemukan oleh user. Buat hashtag yang unik khusus untuk bisnis Anda. dengan demikian user atau follower dapat menambahkan hashtag tersebut ketika membuat tweet yang berhubungan dengan bisnis Anda. 

Meskipun demikian hashtag berguna untuk strategi twitter marketing Anda, namun perlu diperhatikan agar jangan terlalu banyak menggunakan hashtag. Twitter memiliki limit karakter selain itu, terlalu banyak menggunakan hashtag juga akan membuat konten Anda terlihat spam yang tidak menarik bagi user.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Facebook Fan Page Untuk Bisnis Anda

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa digital marketing untuk gital Marketing Logique membantu memasarkan layanan Anda. Kami juga memiliki jasa optimasi SEO yang dapat meningkatkan ranking web Anda di halaman mesin pencari.

Silakan hubungi kami, Logique memiliki beragam solusi untuk mengembangkan bisnis Anda di era digital. Klik Hubungi Logique atau klik Layanan Digital Marketing Logique Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts