Apakah Benar Konten adalah Raja dalam SEO ?

Sumber: pixabay.com/@Suomy

Konten adalah raja, istilah yang mungkin sudah sering Anda dengar di dalam topik pembicaraan seputar SEO. Istilah tersebut mengandung arti bahwa konten merupakan faktor utama yang berpengaruh pada kesuksesan proses optimalisasi suatu website. Hanya dengan menyediakan sebuah konten yang bagus maka secara otomatis website Anda akan berada di peringkat pertama, mendapatkan web traffic yang tinggi dan mendapat lebih banyak keuntungan. 

Sayangnya pernyataan tersebut tidak seutuhnya benar. Menyediakan sebuah konten berkualitas memang diperlukan oleh sebuah situs website. Namun perlu Anda ingat, bahwa dalam SEO terdapat 3 hal yang perlu diaplikasikan agar website memiliki performa yang baik, yaitu On Page SEO, Off Page SEO dan Technical SEO.

Tanpa komponen-komponen lain yang diperhatikan, konten yang sudah Anda buat tetap akan sulit untuk terlihat di mata user. Konten bisa saja tetap tenggelam di dalam hasil pencarian karena Anda tidak memperhatikan link building atau teknik SEO yang lain. Agar Anda lebih mudah untuk memahaminya, berikut kami sediakan penjelasannya untuk Anda.

Konten adalah Raja, Apa itu Benar?

Konten adalah raja merupakan salah satu mitos dalam SEO yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Pada dasarnya konten merupakan salah satu komponen atau elemen dalam SEO. Jadi, tanpa komponen pelengkap yang lain, konten yang Anda buat akan tetap memiliki visibilitas yang kurang baik sehingga sulit ditemukan oleh user di SERP (Search Engine Results Pages).

Jadi, agar konten yang Anda buat dapat memperoleh peringkat yang baik di mesin pencari, Anda juga perlu melakukan strategi optimasi SEO yang lain. Beberapa diantaranya seperti dengan mengoptimalkan page speed website, melakukan link building, optimasi gambar, optimasi meta tag, dan masih banyak lagi.

Apakah Menyediakan Konten Berkualitas itu Penting ?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, konten merupakan salah satu komponen dalam optimasi SEO. Jadi, Anda tetap harus memperhatikan kualitas di dalamnya, serta melakukan langkah-langkah optimasi yang lain. 

Tanpa konten yang berkualitas, user akan meninggalkan website Anda dan beralih ke web kompetitor yang memiliki konten menarik. Ketika user melakukan pencarian di mesin pencari, mereka berharap bisa menemukan jawaban dari masalah atau pertanyaan yang mereka ajukan. 

Jika website menyediakan konten yang tidak berkualitas, tidak menyediakan solusi untuk user, atau memiliki readability yang buruk, maka user akan segera keluar dari web tersebut. Google tentu akan menilai aktivitas user tersebut dan menganggap bahwa web tersebut tidak dapat memberikan pengalaman yang baik untuk user. Akibatnya, website akan memperoleh peringkat yang jauh lebih rendah di dalam SERP.

konten adalah raja
Sumber: pixabay.com/@geralt

Bagaimana meningkatkan peringkat web dari konten ?

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa istilah konten adalah raja tidak sepenuhnya benar. Meskipun demikian, konten yang berkualitas tetap harus Anda sediakan tanpa mengesampingkan langkah-langkah optimasi SEO yang lain. Untuk menghasilkan konten dengan visibilitas yang baik di mesin pencari, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya seperti :

1. Mendapatkan backlink berkualitas

Link merupakan faktor penting untuk meningkatkan peringkat web Anda. Link yang Anda dapatkan akan bekerja seperti vote bahwa website Anda menyediakan konten yang berkualitas. Dengan mendapatkan banyak backlink dari web yang relevan atau web yang berkualitas , maka website Anda akan memperoleh perhatian lebih dari Google. 

Cara mendapatkan backlink berkualitas:

  • Melakukan guest blogging
  • Bekerja sama dengan influencer
  • Klaim kembali link dari web yang menyebut brand Anda namun tanpa tautan link yang mengarah ke web Anda

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Backlink untuk Meningkatkan Peringkat Website

2. Buat konten yang selalu up to date

Ketika user mencari solusi di halaman mesin pencari, mereka akan memilih untuk membaca informasi dari website yang menyediakan info terbaru. Hal ini mereka lakukan karena user ingin mendapatkan informasi yang relate dengan kondisi saat ini.

Di sisi lain, Google juga menyukai konten yang fresh. Jadi, ketika Anda mencari sebuah informasi, Google akan menampilkan list website dengan konten terbaru. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pembaruan untuk konten-konten lama yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Meskipun demikian, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua konten membutuhkan pembaruan salah satunya adalah konten yang berkaitan dengan sejarah. 

3. Pastikan Google untuk mengindeks website Anda

Agar website Anda bisa memperoleh peringkat di halaman mesin pencari, Anda harus memastikan jika web Anda sudah terindeks oleh Google. Anda dapat memanfaatkan fitur Google Search Console untuk memudahkan Google agar segera mengindeks website Anda. Berikut tahap yang dapat Anda lakukan.

  • Buka Google Search Console .
  • Arahkan ke URL inspection tool
  • Masukan URL yang Anda ingin diindeks Google ke dalam search bar
  • Tunggu Google memeriksa URL-nya.
  • Klik tombol “request indexing”

Baca Juga: 4 Fitur di Google Search Console untuk Mengoptimalkan Performa Web

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa Optimasi SEO untuk meningkatkan peringkat web Anda di Google. Dengan visibilitas yang lebih baik, maka jasa dan layanan Anda akan lebih mudah ditemukan oleh konsumen yang tepat sehingga keuntungan bisnis Anda dapat mengalami peningkatan. 

Logique juga menyediakan jasa pemasaran digital. Kami akan membantu memasarkan produk dan layanan Anda melalui platform digital untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. 

Silakan hubungi kami, atau klik Layanan Logique untuk mendapat informasi lengkap mengenai layanan yang kami sediakan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts