Tips Menjaga Keamanan Digital Selama Pandemi Covid-19

Sumber: pixabay.com https://pixabay.com/id/photos/keamanan-cyber-keamanan-internet-2851201/

Penjahat cyber selalu mengikuti user. Ketika user mengerjakan berbagai hal di rumah karena pandemi Covid-19, maka mereka juga akan menyerang melalui berbagai platform yang digunakan user selama mereka di rumah. Itulah sebabnya mengapa kita perlu memperhatikan keamanan digital agar tidak menjadi korban dari serangan cyber. 

Seperti yang sudah kita ketahui, Covid-19 telah membawa perubahan pada kebiasaan kita sehari-hari. Sebelum pandemi ini ada, kita dapat dengan bebas melakukan berbagai aktivitas outdoor. Namun kehadiran virus Covid-19 ini telah memaksa banyak orang untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah agar tidak tertular virus tersebut.

Saat ini orang-orang melakukan kerja remote, home schooling atau sekolah daring, dan lebih memilih melakukan cashless payment ketika melakukan transaksi. Sebagian besar kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui platform digital. Jadi banyak aktivitas sehari-hari yang saat ini menjadi rentan diserang oleh penjahat cyber. Untuk menjaga keamanan digital terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut survival guide untuk Anda.

Tips Menjaga Keamanan Digital

1. Berbelanja Online

Sebelum pandemi Covid-19 ada, sebenarnya sudah banyak konsumen yang menggunakan platform digital untuk berbelanja. Meskipun demikian, ternyata perilaku berbelanja online mengalami kenaikan selama pandemi. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari statista.com, sebanyak 55% dari 5.623 responden menyatakan mereka lebih banyak melakukan pembelian online selama pandemi.

Kondisi ini tentu dimanfaatkan oleh penjahat cyber. Mereka menyebarkan malware, email phishing, penipuan, dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda perlu selalu waspada. Berikut beberapa tips saat berbelanja online :

  • Jangan mudah tergiur dengan diskon atau promo besar yang mencurigakan.
  • Berhati-hati dengan email phishing. Peretas biasanya akan mengirim email mencurigakan yang berisi promosi atau informasi terkait pembelanjaan Anda. Mereka akan menyertakan link berbahaya dan mengarahkan user untuk membuka link tersebut. Jika link tersebut Anda buka, maka hacker dapat menyebarkan malware, mendapat data pribadi, dan lain-lain.
  • Pastikan website tempat Anda berbelanja menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dan aman untuk digunakan.
  • Jangan berbelanja atau melakukan transaksi melalui wifi public.
  • Gunakan password yang kuat untuk akun berbelanja Anda.

Baca Juga: 3 Cara yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengenali Email Phishing

keamanan digital
Sumber: unsplash.com/@mbaumi

2. Streaming

Ketika weekend datang, orang-orang biasanya akan menghabiskan akhir pekan dengan melakukan berbagai aktivitas seperti pergi ke tempat wisata, cafe, atau yang lain. Namun sejak pandemi, orang-orang lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan menonton acara streaming di rumah. Agar Anda dapat streaming dengan aman, Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Streaming melalui platform yang terpercaya. Periksa kembali format URL situs web tersebut dan pastikan tidak ada kesalahan tulisan atau ejaan di dalamnya. Biasanya peretas membuat situs web yang terlihat mirip dengan situs web asli untuk mengelabui korbannya.
  • Cek kembali ekstensi file yang Anda unduh. File video tidak menggunakan format .exe.
  • Pastikan sistem operasi dan aplikasi yang digunakan merupakan versi terbaru karena biasanya update dilakukan dengan perbaikan sistem keamanan di dalamnya.
  • Berhati-hati dengan link yang mencurigakan.

3. Kerja remote

Melihat banyaknya perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote atau Work From Home selama pandemi Covid-19, hacker juga akan melakukan beragam serangan yang dapat merugikan karyawan dan perusahaan. Jika sampai hal ini terjadi, maka data-data rahasia milik perusahan dapat diakses oleh hacker. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Itulah sebabnya mengapa keamanan digital harus Anda prioritaskan meskipun bekerja di rumah. 

Untuk menghindari peretasan, berikut tips untuk menanganinya :

  • Gunakan antivirus atau anti malware.
  • Gunakan VPN.
  • Hindari menggunakan wifi public ketika mengakses data-data rahasia.
  • Amankan jaringan wireless Anda di rumah dengan cara menggunakan password yang kuat, mengubah SSID dengan id yang unik atau sulit ditebak, serta mengaktifkan enkripsi jaringan.
  • Menggunakan platform yang aman untuk videoconferencing.
  • Gunakan password yang kuat untuk semua device atau aplikasi yang digunakan ketika Anda bekerja.
  • Berhati-hati dengan email phishing. Ketika Anda bekerja secara jarak jauh, Anda mungkin akan lebih sering berhubungan dengan orang menggunakan email. Jika Anda mendapat email yang mencurigakan, sebaiknya Anda Anda tidak membuka link yang disertakan di dalamnya.
  • Pastikan Anda selalu menggunakan software versi terbaru.
  • Back up data Anda secara rutin.

Jika perusahaan Anda memiliki website atau mengembangkan aplikasi sendiri, Anda juga harus memastikan bahwa sistem yang dikembangkan memiliki cyber security yang baik. Untuk memastikannya, Anda dapat melakukan penetration testing (pentest). Pengujian tersebut akan melihat apakah sistem memiliki kerentanan yang dapat digunakan oleh peretas untuk menyusup ke dalam sistem Anda. Dengan mengetahui kerentanan tersebut, Anda dapat segera melakukan perbaikan sehingga serangan hacker dapat digagalkan.

Baca Juga: Mitos-mitos Paling Umum Tentang Keamanan Wifi

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa penetration testing untuk Anda. Kami memiliki tim ethical hacker berpengalaman yang dapat membantu mengamankan sistem web atau aplikasi yang Anda kembangkan. Silakan hubungi kami atau klik jasa pentest Logique untuk mendapat detail informasi mengenai layanan ini.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com/@Free-Photos
Sumber: pixabay.com/@Suomy
Sumber: unsplash.com/@uxstore

Figma VS Adobe XD. Mana yang Harus Anda Gunakan ?

Sumber: pixabay.com/@diggitymarketing