Mengapa Strategi Link Building Perlu Anda Lakukan ?

Sumber: pixabay.com/@diggitymarketing

Sampai saat ini, Google masih menggunakan link sebagai salah satu faktor atau sinyal untuk menentukan peringkat web di halaman mesin pencari. Itulah sebabnya, mengapa Anda juga perlu melakukan strategi link building selain On Page SEO dan technical SEO. Strategi ini termasuk dari metode Off Page SEO dan akan memberi pengaruh besar pada otoritas website Anda sehingga Google akan memberikan peringkat yang lebih baik di halaman mesin pencarinya.

Sebelum melakukan link building, perlu Anda ketahui bahwa strategi ini membutuhkan waktu yang tidak singkat. Anda tidak bisa melihat hasilnya secara instan. Meskipun demikian, jika strategi link building dilakukan dengan benar, maka peningkatan peringkat dan web traffic akan terjadi secara signifikan.

Apa itu Link Building ?

Link building adalah strategi untuk mendapatkan link atau backlink dari external website yang mengarah ke website Anda. Tujuan utama dari link building adalah untuk meningkatkan peringkat atau visibilitas website di halaman mesin pencari.

Link building penting untuk dilakukan karena menjadi salah satu faktor utama dalam proses seo untuk memberi peringkat pada halaman Google. Selain itu, Google juga menggunakan link untuk menemukan halaman baru di dalam situs web Anda.

Meskipun demikian, strategi link building harus dilakukan dengan benar dan natural. Jika tidak, maka Google akan menganggapnya sebagai tindakan manipulatif dan Google akan memberikan penalti pada website Anda. Anda juga tidak bisa sekedar menyebar link di berbagai website, karena Google justru akan menganggapnya sebagai spammy links.

Ketika menilai sebuah situs web, Google tidak hanya melihat kuantitas namun juga kualitas link tersebut. Mereka akan mengevaluasi kualitas situs yang memberi backlink serta melihat apakah web tersebut relevan dengan situs web Anda. 

Mengapa Strategi Link Building Penting dalam SEO ?

1. Membantu Meningkatkan peringkat web 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google menggunakan link sebagai faktor untuk menentukan peringkat. Ketika menilai suatu halaman website, Google tidak hanya melihat kuantitas links namun juga akan melihat kualitas tautan yang mengarah ke website Anda.

Link tersebut akan dianggap seperti vote bahwa web Anda memiliki popularitas dan kredibilitas yang baik. Jadi, semakin banyak situs web berkualitas yang mengarahkan link ke halaman Anda, maka semakin tinggi peluang yang diperoleh untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Untuk menghasilkan peringkat yang baik, sebaiknya link diperoleh dari website yang relevan dengan niche website Anda.

2. Memudahkan Google untuk menemukan halaman baru di situs Anda

Selain dapat meningkatkan peringkat website, link building juga membuat website Anda menjadi lebih mudah untuk terindeks. Google Spider dapat memanfaatkan backlink yang diperoleh dari web lain untuk menemukan halaman baru website Anda. Dengan link tersebut, Google dapat menemukan, mengcrawling, dan akhirnya mengindeks website Anda. Jika Anda memperoleh banyak backlink dari web berkualitas, maka proses indeks juga akan menjadi lebih cepat. 

3. Meningkatkan kredibilitas pada bisnis Anda

Ketika memperoleh banyak link dan kepercayaan dari banyak website, maka link building juga dapat mempengaruhi kredibilitas dari perusahaan Anda. Sebagai contoh, jika Anda melihat banyak situs kuliner mengarahkan link ke sebuah web restoran maka Anda akan menganggap bahwa restoran tersebut memiliki kredibilitas yang baik bukan? Oleh karena itu, link building perlu dilakukan karena dapat membantu meningkatkan kepercayaan dari konsumen sehingga perusahaan bisa memperoleh lebih banyak keuntungan.

4. Meningkatkan web traffic

Selain meningkatkan ranking dan kredibilitas perusahaan Anda, link building juga dapat meningkatkan jumlah web traffic. Website dengan organik traffic yang tinggi serta memiliki topik yang relevan dengan bisnis Anda dapat membantu mengarahkan lebih banyak lalu lintas menuju website Anda. Tidak menutup kemungkinan, dengan bertambahnya web traffic yang diperoleh, maka konversi yang akan dihasilkan juga akan semakin bertambah.

Strategi link building
Sumber: pixabay.com

3 Tips Melakukan Link Building

1. Membuat konten berkualitas

Konten yang menarik, berkualitas tinggi, serta memiliki topik yang unik dapat mendorong pemilik web lain untuk menautkan link ke situs Anda. Jadi, Anda harus menyediakan konten artikel berkualitas untuk menarik pemilik web lain agar mau mengirimkan tautan. 

2. Melacak website yang menyebut brand Anda

Saat ini sudah banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk melacak web mana saja yang sudah menyebut brand Anda namun tidak menautkan link di dalamnya. Dengan tools tersebut, Anda dapat menghubungi pihak pengelola website, dan meminta mereka untuk mengarahkan link ke halaman web Anda. 

3. Meminta backlink dari customer atau rekan bisnis

Jika perusahaan Anda memiliki rekan bisnis atau customer yang mengelola website yang relevan dengan bisnis Anda, maka Anda dapat meminta mereka untuk mengulas layanan atau produk Anda. Jangan lupa untuk meminta mereka agar mengarahkan link ke halaman web Anda. 

Baca Juga: Fungsi Blog untuk SEO : Mengapa Website Membutuhkannya ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa digital marketing untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Kami memiliki banyak solusi agar web perusahaan Anda mudah dijangkau dan ditemukan oleh lebih banyak klien. Silakan hubungi kami atau klik Jasa Digital Marketing Logique untuk mendapat informasi lebih lanjut. 

Related Posts