Bagaimana Cara Menulis Blog Berkualitas Tinggi ?

cara menulis blog

Blog memiliki fungsi yang penting di dalam sebuah website. Dengan mengetahui bagaimana cara menulis blog yang berkualitas, maka Anda dapat menarik lebih banyak traffic ke halaman website.

Pada dasarnya blog merupakan jurnal online yang berisi informasi untuk para pengunjung website. Saat ini, blog tidak hanya digunakan secara personal. Sudah banyak web perusahaan yang menyediakan halaman blog khusus untuk berbagai informasi atau artikel menarik di dalamnya.

Selain dapat mendatangkan lebih banyak web traffic, blog yang berkualitas juga dapat membuka peluang untuk menghasilkan konversi. Tidak heran jika banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menghasilkan tulisan blog berkualitas di situsnya. Lalu bagaimana cara menulis blog yang berkualitas ? Berikut informasinya untuk Anda.

Tips dan Cara Menulis Blog Berkualitas Tinggi

1. Kenali terlebih dahulu Target Audiens Anda

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan siapa target audiens blog Anda. Hal ini diperlukan agar artikel yang Anda tulis dapat menjangkau target yang tepat dengan topik dan gaya bahasa yang sesuai.

Menentukan target audiens secara spesifik juga akan membantu Anda untuk mendapatkan gagasan mengenai topik-topik artikel yang Anda buat. Anda dapat mencari tahu, informasi apa yang sedang banyak diperbincangkan oleh target audiens, masalah apa yang sedang mereka hadapi, dan lain-lain. Dengan menyediakan informasi yang sedang banyak dicari, maka artikel blog Anda dapat mendatangkan lebih banyak kunjungan.

2. Sediakan informasi bernilai didalamnya

Untuk menghasilkan konten blog yang berkualitas baik, maka Anda harus menjadi ahli atau paham dengan topik yang sedang Anda bicarakan. User membuka sebuah blog dengan berbagai tujuan, seperti untuk mempelajari hal baru atau solusi untuk masalah yang sedang mereka hadapi. Jika blog Anda tidak dapat memberikan solusi, maka pengunjung web akan meninggalkan blog Anda.

Oleh karena itu, sediakan blog artikel dengan isi yang mendalam serta berisi informasi yang berguna untuk mereka. Pertama, lakukan riset kata kunci untuk mengetahui topik apa yang banyak dicari oleh pembaca. Kedua, Anda dapat melakukan beberapa riset menggunakan sumber-sumber terpercaya untuk menghasilkan isi konten yang berkualitas dan akurat. 

Selain itu, ketika membuat blog, sebaiknya topik artikel yang Anda buat harus sesuai dengan niche website Anda. Menulis secara mendalam pada satu niche akan menunjukkan kredibilitas Anda pada topik tersebut. Sebagai contoh jika niche website Anda adalah travel, maka Anda dapat menulis blog mengenai cara merencanakan perjalanan backpacking, info akomodasi ketika bepergian di suatu daerah, dan lain-lain.

Baca Juga: Fungsi Blog untuk SEO : Mengapa Website Membutuhkannya ?

cara menulis blog

3. Buat judul yang menarik

Tujuan utama dari pembuatan judul adalah untuk menarik perhatian agar orang-orang membuka dan membaca artikel blog Anda. Meskipun tulisan Anda memiliki kualitas yang baik, diulas secara mendalam, dan informatif, namun hal tersebut tidak lagi berguna jika orang-orang tidak tertarik untuk membukanya. Itulah mengapa judul artikel perlu Anda buat semenarik mungkin.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika membuat judul adalah :

  1. Gunakan kata kunci di dalam judul artikel.
  2. Gunakan Formula 4U (Useful, Urgent, Unique, Ultra-Specific)
  3. Sampaikan manfaat artikel terlihat di judul, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat judul yang baik, Anda dapat mengunjungi artikel kami berikut ini : “Tips Membuat Judul Konten yang Menarik

4. Gunakan subheadings dan paragraf pendek

Selain mengetahui cara menulis blog yang berkualitas, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghasilkan user experience yang baik ketika pengunjung web membaca blog Anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan readability artikel blog Anda. 

Anda dapat membuat subheading untuk memecah artikel blog menjadi beberapa bagian yang berbeda. Dengan demikian, pembaca dapat mengetahui apa yang akan diulas pada masing-masing subheading. Bullet point juga bisa digunakan untuk menjelaskan info penting agar artikel mudah dipindai oleh pembaca.

Selanjutnya, sediakan artikel blog dalam paragraf pendek. Artikel yang panjang akan membuat mata pembaca menjadi lelah. Kemungkinan besar mereka akan meninggalkan blog Anda jika ulasan artikel disediakan dalam 1 paragraf panjang. 

5. Tambahkan gambar 

Manusia dapat memproses konten visual dengan lebih cepat daripada konten teks. Itulah sebabnya mengapa Anda membutuhkan gambar di halaman blog Anda.

Dengan menyediakan konten visual baik itu berupa gambar diagram, infografis, tabel, atau gambar ilustrasi maka topik yang komplek dapat menjadi lebih mudah dipahami oleh pembaca. Konten gambar juga dapat meningkatkan engagement dengan pembaca.

Selain itu gambar juga dapat digunakan untuk optimasi SEO. Caranya adalah dengan menambahkan title, alt text dan description dengan keyword utama pada gambar yang Anda posting di dalam artikel blog.

Baca Juga: Cara Mengelola Blog yang Berdampak Positif untuk Bisnis

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda ingin website Anda memiliki peringkat yang tinggi di mesin pencari, Anda dapat menggunakan jasa optimasi SEO dari LOGIQUE.

LOGIQUE merupakan konsultan IT profesional yang berlokasi di Jakarta dengan berbagai layanan yang ditawarkan, seperti jasa pembuatan website, pengembangan aplikasi, optimasi SEO, digital marketing, dan lain-lain.

Silakan hubungi kami untuk mendapatkan solusi digital terbaik untuk meningkatkan keuntungan bisnis online Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com/@Free-Photos
Sumber: pixabay.com/@PhotoMIX-Company
Sumber: pixabay.com/@Suomy
Sumber: pixabay.com/@JESHOOTS-com