Tips Membuat Desain Menu Navigasi Website yang Baik

menu navigasi

Menu navigasi memiliki peran penting dalam sebuah website. Tanpa navigasi, pengunjung web akan kesulitan untuk menemukan konten atau informasi yang mereka cari. Akibatnya, user akan keluar dari website Anda dan beralih ke web kompetitor. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi.

Itulah sebabnya mengapa seorang web desainer perlu memperhatikan menu navigasi pada sebuah website. Menu navigasi harus dirancang dengan baik untuk memudahkan user ketika mencari info yang mereka butuhkan.

Selain itu, navigasi yang baik juga akan mendorong user untuk menjelajah isi web Anda. Dengan demikian para pengunjung dapat lebih memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan. Hal tersebut tentu akan membawa dampak positif karena peluang terjadinya konversi atau penjualan akan menjadi semakin besar.

Baca Juga: 6 Panduan Ketika Membuat Desain Aplikasi Mobile

Apa Itu Menu Navigasi Website ?

Menu navigasi website adalah seperangkat link yang pada umumnya mengarah ke halaman internal yang diatur dan disusun dalam sebuah menu. Menu navigasi ini memiliki peran penting untuk menentukan cara pengguna berinteraksi dengan website Anda. Web desainer akan menggunakan kombinasi pola desain termasuk link, label, serta element UI yang lain Agar interaksi antara user dan web berjalan dengan baik. 

Desain navigasi web yang baik akan memberikan beberapa keuntungan untuk pemilik web. Beberapa diantaranya seperti meningkatkan pemahaman user mengenai struktur web Anda, web terlihat profesional, serta meningkatkan konversi di dalamnya.

Perlu Anda ketahui, menu navigasi juga memiliki beberapa tipe, yaitu seperti:

  • Menu header

Menu ini adalah navigasi klasik yang muncul di bagian paling atas setiap situs web. Biasanya terletak secara horizontal pada halaman website.

  • Sidebar

Sidebar merupakan menu navigasi yang umum digunakan oleh banyak website. Posisinya berada pada sisi kiri atau kanan konten utama. Sidebar akan digunakan sebagai menu navigasi utama pada sebuah website

  • Footer

Menu footer biasanya akan terletak pada bagian bawah website. Menu ini banyak digunakan oleh website-website besar. Di dalam menu Footer, Anda dapat menambahkan link media sosial perusahaan atau link penting lain yang berguna untuk pengunjung web.

  • Breadcrumbs

Breadcrumbs adalah link navigasi yang muncul di bagian atas halaman. Elemen ini banyak digunakan oleh situs web e-commerce. Dengan menu navigasi ini, pengunjung web dapat mengetahui sedang berada di halaman apa ketika mereka menjelajah isi website.

menu navigasi

3 Tips Membuat Desain Menu Navigasi Website yang Baik

1. Pisahkan menu sidebar

Sidebar tidak boleh terlihat seperti konten biasa di halaman website. Menu ini harus terlihat menonjol agar mudah dilihat oleh user. 

Beberapa situs website bermain dengan warna agar menu sidebar bisa lebih mudah ditemukan pengunjung web. Desainer dapat mengatur sidebar dengan warna yang berbeda dengan warna body copy. Selain itu pastikan juga menu ini terpisah dengan elemen website yang lain.

2. Letakkan menu navigasi di lokasi standar

Untuk menciptakan user experience yang baik, sebaiknya Anda meletakkan navigasi pada posisi yang sudah umum digunakan. Hal ini diperlukan karena user sudah terbiasa menggunakan navigasi di posisi tersebut. Dengan demikian, user tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari lokasi navigasi website Anda.

3. Beri label menu dengan jelas

Gunakan desain dan teks sejelas mungkin agar pengunjung mengetahui halaman apa yang akan terbuka ketika mereka memilihnya. Teks yang digunakan harus deskriptif, to the point, dan jelas. Jika Anda tidak yakin dengan label menu yang harus digunakan, Anda juga bisa melakukan A/B testing untuk mengetahui deskripsi label mana yang dapat bekerja secara optimal.

4. Tambahkan search bar

Jika website memiliki banyak konten, Anda juga bisa menyediakan search bar atau search box di dalamnya. Elemen ini akan memudahkan user untuk menemukan apa yang mereka cari dengan lebih cepat. Letakkan search bar pada header website dan buat agar elemen tersebut tetap bisa terlihat (sticky menu) meskipun user menggulir situs website ke bawah. 

5. Gunakan sticky navigation

Agar user lebih mudah untuk mengakses konten di halaman yang lain. Anda dapat menyediakan sticky menu navigation. Sticky navigation merupakan format menu navigasi yang akan membuat menu tetap dapat terlihat meskipun user menggulir website ke bawah.

Dengan sticky menu ini, user tidak perlu menggeser ke atas jika mereka ingin melihat menu navigasi website. Menu ini diperlukan terutama jika website Anda memiliki halaman yang cukup panjang. Dengan menyediakan sticky navigation ini, Anda dapat menciptakan kemudahan dan user experience yang baik untuk para pengguna.

Baca Juga: 5 Design Web Layout Populer yang Mudah Dioperasikan

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan perusahaan penyedia jasa pembuatan website yang berlokasi di Jakarta. Kami memiliki tim web developer dan web desainer yang sudah sangat berpengalaman dalam pengembangan website berskala besar. Jika Anda tertarik untuk mengembangka bisnis di era digital seperti saat ini, Anda dapat menghubungi tim Logique. Kami memiliki beragam solusi yang bisa Anda gunakan untuk mendapat lebih banyak keuntungan melalui media digital. 

Silakan hubungi kami atau klik jasa pembuatan website kami untuk mendapat informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com/@Free-Photos
Sumber: pixabay.com/@PhotoMIX-Company
Sumber: pixabay.com/@Suomy
Sumber: pixabay.com https://pixabay.com/id/photos/keamanan-cyber-keamanan-internet-2851201/