3 Teknik Off Page SEO untuk Meningkatkan Peringkat Website

off page seo

Secara garis besar, teknik SEO dibagi menjadi 3 metode, yaitu On Page SEO, Off Page SEO, dan Technical SEO. Semua metode tersebut perlu dilakukan agar sebuah website memiliki performa yang baik sehingga mampu mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman mesin pencari Google.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas teknik-teknik yang digunakan dalam Off Page SEO. Namun sebelum mengetahuinya lebih dalam, berikut penjelasan singkat mengenai 3 metode dalam SEO.

3 Metode SEO

On Page SEO

On Page SEO merupakan strategi yang digunakan di halaman situs website untuk membantu Google dalam memahami isi web dan memberi peringkat pada konten yang Anda buat. Beberapa teknik on page SEO yang digunakan seperti optimasi pada title tag dan meta tag, internal linking, optimasi gambar, optimasi heading, dan lain-lain.

Off Page SEO

Off Page SEO merupakan berbagai aktivitas yang dilakukan di luar situs web Anda untuk mengoptimalkan peringkat website Anda sendiri. Salah satu contohnya adalah dengan penggunaan backlink.

Technical SEO 

Technical SEO merupakan strategi yang secara langsung dapat memengaruhi pengindeksan dan perayapan situs Anda oleh Google. Beberapa diantaranya seperti site speed, XML Sitemaps, mobile friendly, dan masih banyak lagi. Beberapa orang berpendapat bahwa teknik ini termasuk dari bagian On Page SEO. Namun Technical SEO mencakup berbagai hal secara teknis sehingga dianggap sebagai metode tersendiri.

off page seo

Mengapa Off Page Seo Perlu Dilakukan ?

Off Page SEO memiliki peran penting dalam meningkatkan peringkat web Anda. Strategi SEO ini dapat memberi tahu mesin pencari bahwa situs web Anda memiliki konten yang berkualitas dan berguna sehingga pantas jika memperoleh peringkat yang tinggi. 

Sebagai contoh, salah satu teknik Off Page SEO adalah penggunaan backlink. Google akan menganggap bahwa web yang memperoleh banyak backlink sebagai indikasi bahwa web tersebut memiliki kualitas yang baik dan dipercaya oleh banyak penggunanya. Oleh karena itu, semakin banyak backlink yang diperoleh suatu website maka semakin tinggi juga otoritas yang didapatkan. Dengan demikian, peringkat web akan semakin meningkat. Dengan catatan bahwa backlinks yang diperoleh berasal dari website yang memiliki kredibilitas sangat baik dan relevansi yang tinggi dengan konten yang dimiliki. 

3 Teknik Off Page SEO

1. Mendapatkan backlink berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mendapat backlink dapat memberi pengaruh positif untuk web Anda. Google masih menggunakan link sebagai salah satu faktor untuk menentukan nilai pada halaman website.

Membangun backlink dalam Off Page SEO harus tetap mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Anda harus tetap memperhatikan dari mana link tersebut berasal. Agar backlink dapat memberi dampak yang positif, maka link sebaiknya berasal dari situs web yang memiliki otoritas yang baik.

Terdapat beberapa strategi atau cara mendapatkan backlink berkualitas. Salah satunya adalah dengan menyediakan konten informatif atau konten yang dapat bekerja sebagai sumber data untuk website atau pengguna web yang lain. Anda juga bisa mencoba melakukan guest blogging untuk mendapat backlink dari web dengan otoritas yang baik.

Baca Juga: Fungsi Blog untuk SEO : Mengapa Website Membutuhkannya ?

2. Hasilkan lebih banyak “Brand Signals”

Brand signal yang Anda bangun dapat dipergunakan oleh Google untuk mengetahui apakah situs web Anda merupakan situs web yang sah. Membangun brand signal juga berguna untuk meningkatkan otoritas website secara online. 

Anda dapat menggunakan social media yang umum digunakan oleh target audiens Anda. Cari tahu apakah mereka lebih suka menggunakan Facebook, Instagram, atau yang lain.

Perlu Anda ketahui, brand signal dari social media sebenarnya tidak mempengaruhi peringkat web secara langsung. Namun, social media tetap dapat membantu off page SEO karena platform tersebut mudah untuk menjangkau konsumen sehingga lebih banyak orang yang akan mengenal brand Anda. 

Dengan semakin dikenalnya brand Anda, maka akan ada lebih banyak orang yang mencari brand Anda di search engine. Konsumen juga mungkin akan menautkan link ke web Anda di berbagai platform yang mereka gunakan.

3. Mendaftar Google My Business (GMB)

Google My Business adalah layanan dari Google yang memungkinkan para pemilik bisnis untuk mengelola kehadiran online mereka di Google. Di sini, pemilik bisnis dapat mencantumkan informasi kontak mereka, mengelola customer review, serta muncul di halaman Google Maps.

Google My Business memiliki peran penting untuk eksistensi bisnis lokal secara online. Diketahui bahwa sekitar 46 % pencarian di Google dilakukan untuk mencari informasi lokal (sumber: Hubspot). Dengan bergabung dengan Google My Business maka bisnis dan web Anda akan ditampilkan pada GMB listing ketika user mencari kueri atau keyword dengan lokasi spesifik di dalamnya.

Untuk meningkatkan peringkat lokal Anda terdapat beberapa trik yang bisa dilakukan, seperti:

  • Mendeskripsikan bisnis dengan tepat. Google sebenarnya menyediakan 750 karakter namun hanya 250 karakter yang ditampilkan sebelum dipisah dengan fitur “read more”. Oleh karena itu, buat deskripsi semenarik mungkin pada paragraf pertama.
  • Unggah lebih banyak gambar dengan kualitas yang baik.
  • Pantau dan kelola review yang Anda peroleh dari customer. 

Baca Juga: Tips Menangani Online Review Negatif untuk Praktek Dokter Gigi

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa pemasaran digital serta optimasi SEO untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Logique juga menyediakan jasa pembuatan web, pengembangan mobile app, serta penetration testing untuk menjaga keamanan web dan aplikasi Anda. Silakan hubungi kami, dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda. Logique akan memberikan solusi digital terbaik untuk perusahaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com/@Free-Photos
Sumber: pixabay.com/@PhotoMIX-Company
Sumber: pixabay.com/@Suomy
Sumber: pixabay.com https://pixabay.com/id/photos/keamanan-cyber-keamanan-internet-2851201/