6 Panduan Ketika Membuat Desain Aplikasi Mobile

desain aplikasi mobile

Jika Anda saat ini ingin membuat desain aplikasi mobile, maka terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. User berharap aplikasi yang mereka operasikan memiliki kinerja yang baik serta mudah digunakan.

Agar aplikasi disukai oleh banyak user, desain memang harus tetap up to date atau mengikuti tren desain yang sedang berkembang. Meskipun demikian, seorang UI/UX designer tidak boleh mengesampingkan beberapa panduan berikut jika ingin aplikasi yang dikembangkan berhasil meraih minat para konsumen.

Selain itu, sebelum membuat desain aplikasi mobile ada baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu. Riset akan membantu Anda untuk memahami siapa pengguna aplikasi serta apa yang mereka butuhkan. Dengan informasi tersebut, Anda dapat mengembangkan aplikasi mobile yang sesuai dengan keinginan target user Anda.

Setelah memahami user, sekarang saatnya untuk membuat desain aplikasi, berikut ini beberapa panduan yang perlu Anda perhatikan ketika mengembangkannya.

Baca Juga: Tips Mengurangi Biaya Pengembangan Mobile App

desain aplikasi mobile

6 Panduan Ketika Membuat Desain Aplikasi Mobile

  1. Sediakan Navigasi yang Sederhana

Agar user mudah dalam menggunakan aplikasi Anda, maka navigasi yang disediakan harus jelas dan sederhana. Anda juga bisa menggunakan navigasi yang sudah umum digunakan agar user bisa lebih familiar ketika mengoperasikannya.

Selain itu, perlu diperhatikan untuk selalu konsisten. Jangan memindahkan kontrol navigasi ke lokasi baru atau menyembunyikannya di halaman lain karena dapat membuat bingung pengguna.

  1. Sediakan Area Sentuh yang Luas

Ketika membuat desain aplikasi mobile, maka Anda menyediakan desain untuk screen yang berukuran kecil. Salah satu masalah yang sering muncul pada desain aplikasi mobile adalah touch area atau target sentuh yang kecil. Akibatnya, user secara tidak sengaja mengetuk area yang salah dan membuka halaman yang tidak diinginkan.

Untuk mengatasinya, Anda harus menyediakan touch area yang ideal untuk ketukan jari. Pastikan tombol, ikon, dan target yang Anda buat memiliki ruang atau area yang cukup sehingga pengguna tidak akan mengklik sesuatu yang tidak mereka inginkan. Buat kontrol yang berukuran setidaknya 7–10 mm sehingga dapat diketuk secara akurat dengan jari. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa antar touch area memiliki jarak yang tepat.

  1. Kurangi Kekacauan pada Desain

Menampilkan terlalu banyak informasi seperti tombol, gambar, ataupun teks dapat membuat tampilan desain terlihat kacau dan berantakan. Hal tersebut akan diperburuk karena digunakan pada desain aplikasi mobile yang memiliki layar yang sempit dan terbatas.

Oleh karena itu, buat desain terlihat lebih rapi dengan menghilangkan komponen-komponen yang tidak terlalu penting. Agar user tidak bingung dengan desain aplikasi mobile, Anda juga bisa membuat desain minimalis serta fokus pada konten-konten utama yang berguna bagi user. Minimalkan juga penggunaan elemen dekoratif seperti efek gradien atau bayangan agar desain terlihat ringan dan lapang.

Selain meminimalisir penggunaan berbagai komponen dalam satu layar, Anda juga bisa memprioritaskan untuk membuat satu tindakan utama untuk satu layar. Perangkat mobile memiliki ukuran layar yang sempit dan terbatas. Jadi, sebaiknya Anda mendesain setiap layar hanya untuk satu task atau satu call to action saja.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Sebuah Mobile Apps

  1. Buat teks mudah untuk dibaca

Layar perangkat mobile berukuran kecil sehingga Anda harus memastikan bahwa konten berupa teks tetap mudah dibaca oleh user. Pilih jenis font yang berfungsi dengan baik untuk berbagai ukuran layar.

Jenis font yang aman digunakan adalah font default pada platform yang dikembangkan. Sebagai contoh, Apple platform menggunakan jenis font San Francisco family, sedangkan Android platform menggunakan Roboto dan Noto.

Selain itu, agar teks mudah terbaca, Anda juga harus memperhatikan kontras warna pada teks. Usahakan agar rasio kontras minimum adalah 4.5:1 untuk body text dan image text.

  1. Sediakan feedback ketika user melakukan interaksi

Interaksi manusia dengan komputer terjadi pada dua elemen utama yaitu user input dan reaksi komputer terhadapnya. Untuk membuat interaKsi dapat dilihat maka dibutuhkan sebuah feedback sebagai tanggapan dari setiap input yang dilakukan oleh user.

Dengan memberi feedback pada desain aplikasi mobile, user dapat memahami bahwa komputer atau sistem memberikan respon terhadap permintaan yang dia lakukan. Tanpa feedback, user akan kesulitan untuk memahami apa yang sedang dilakukan oleh sistem.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat progress indicators untuk menunjukkan progres dari sebuah pekerjaan yang sedang dikerjakan aplikasi. Anda juga bisa menyediakan sebuah animasi interaktif untuk membantu memperjelas hasil dari input atau permintaan yang dilakukan oleh user di dalam aplikasi.  

  1. Meminimalkan kebutuhan user untuk mengetik

Terkadang sebuah aplikasi meminta user untuk mengisi data atau formulir yang panjang di dalamnya. Hal tersebut harus dihindari karena mengetik di layar smartphone yang kecil tidak memberi pengalaman yang menyenangkan.

Dalam desain aplikasi mobile sebaiknya Anda menyediakan format formulir sederhana dan menghapus komponen yang tidak diperlukan. Ketika user akan menginput data, Anda juga bisa menyediakan daftar pilihan untuk memudahkan user. Pada umumnya, user akan lebih menyukai untuk memilih jawaban dari daftar opsi yang sudah ditentukan daripada harus mengetik secara manual.

Pada dasarnya, user akan menyukai sesuatu yang sederhana serta mampu memudahkan tujuan mereka ketika mengoperasikan aplikasi. Seorang designer aplikasi harus memahami kebutuhan tersebut sehingga desain yang disediakan dapat memberikan user experience yang baik.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa pembuatan aplikasi mobile untuk Anda. Logique dapat mengembangkan aplikasi Android, iOS, ataupun Hybrid dengan kualitas yang tinggi. Kami dapat menyesuaikan pengembangan aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Silakan konsultasikan kepada tim Logique. Hubungi kami atau klik Layanan Pembuatan Aplikasi Mobile kami untuk mendapat informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com/@Free-Photos
Sumber: pixabay.com/@PhotoMIX-Company
Sumber: pixabay.com/@Suomy
Sumber: pixabay.com https://pixabay.com/id/photos/keamanan-cyber-keamanan-internet-2851201/