Apa Itu Trojan ? Bagaimana Trojan Menginfeksi Perangkat Anda ?

Apa itu Trojan? Trojan adalah salah satu jenis malware yang dapat mengancam situs web Anda. Dalam dunia cyber, terdapat berbagai jenis cyber attack yang dapat menimbulkan sejumlah kerugian. Salah satunya berasal dari serangan malware yang dikenal dengan sebutan Trojan. Selain Trojan, malware juga memiliki beberapa jenis yang lain, beberapa diantaranya seperti :

  • Worm :  Disebarkan melalui kerentanan perangkat lunak atau serangan phishing. Setelah worm terpasang sendiri ke dalam memori komputer Anda, maka worm mulai menginfeksi seluruh mesin bahkan seluruh jaringan.
  • Ransomware : Ransomware akan menolak atau membatasi akses pada file Anda sendiri. Peretas yang menjalankan serangan kemudian akan menuntut sejumlah pembayaran agar Anda dapat mengaksesnya kembali.
  • Spyware : Spyware akan bekerja secara diam-diam untuk merekam aktivitas online Anda. Malware ini akan mengambil data Anda, dan mengumpulkan informasi pribadi seperti nama pengguna, sandi , dan mengetahui kebiasaan Anda ketika berselancar di dunia maya.
  • dan lain-lain

Lalu apa itu Trojan ? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa Itu Trojan ?

Trojan adalah perangkat lunak yang terlihat sah tetapi menjalankan fungsi yang berbahaya. Malware ini sengaja didesain agar terlihat tidak berbahaya untuk menipu orang-orang sehingga mereka mau untuk mengunduhnya. Biasanya Trojan akan menyamar dalam bentuk perangkat lunak gratis, video atau musik, antivirus palsu, atau iklan yang terlihat sah. Perangkat berbahaya ini dirancang untuk merusak, mengganggu, mencuri, atau secara umum menimbulkan beberapa tindakan berbahaya lainnya pada data atau jaringan Anda.

Trojan bertindak seperti aplikasi atau file yang kredibel untuk menipu Anda. Ketika korban mengunduh dan menginstalnya pada maka Trojan akan melakukan tindakan merusak.

Beberapa orang menyebut Trojan dengan istilah  virus. Namun hal tersebut tidak tepat karena Virus dapat mengeksekusi dan menggandakan dirinya sendiri sedangkan Trojan tidak bisa melakukannya. Trojan membutuhkan bantuan korban atau seseorang untuk mengeksekusinya.

Perlu Anda ketahui, bahwa Trojan tidak hanya merusak komputer atau desktop namun juga dapat memengaruhi perangkat seluler Anda.  Trojan dapat mencuri informasi dari perangkat Anda, dan menghasilkan pendapatan dengan mengirimkan teks SMS premium. Melalui Trojan, peretas juga dapat mengarahkan lalu lintas pada perangkat yang terhubung pada WiFi  dan menggunakannya untuk melakukan berbagai tindak kejahatan.

Baca Juga: 4 Jenis Malware yang Dapat Mengancam Situs Web Anda

Bagaimana Trojan Menginfeksi Perangkat Anda ?

Setelah mengetahui apa itu Trojan, Anda dapat mulai berhati-hati dengan serangan ini. Secara umum, peretas atau hacker akan menyebarkan trojan dan menginfeksi komputer dengan beberapa metode, seperti :

  1. Seorang pengguna menjadi sasaran phishing atau serangan social engineering lainnya. Target membuka lampiran email yang terinfeksi, atau mengeklik tautan ke situs web berbahaya.
  2. Seorang pengguna mengunjungi situs web sah yang sudah terinfeksi dengan kode berbahaya. Contohnya seperti  malvertising atau cross-site scripting.
  3. Penyerang menginstal trojan dengan mengeksploitasi kerentanan yang ada pada suatu perangkat lunak.
  4. Seorang pengguna mendownload program dari sumber yang tidak dikenal atau bukan dari official store.
  5. Pengguna mengunjungi situs web berbahaya dan diminta untuk mengunduh codec untuk memutar streaming video atau audio.

apa itu trojan

Tipe-tipe Trojan

Berikut adalah beberapa tipe Trojan yang paling umum digunakan peretas untuk menyerang korban.

Backdoor Trojan

Trojan ini dapat membuat backdoor di perangkat komputer yang memungkinkan peretas dapat mengakses komputer Anda dari jarak jauh. Dengan Backdoor Trojan, peretas dapat mengontrol perangkat, memantau, mengunduh atau mencuri data, serta menyebarkan lebih banyak malware di perangkat Anda.

Distributed Denial of Service (DDoS)

Trojan ini melakukan serangan Distributed Denial of Service (DDoS) dengan cara membanjiri lalu lintas server, jaringan, atau sistem untuk membuat lalu lintas normal menjadi overload. Akibatnya, pengguna tidak dapat mengakses website yang diserang.

Trojan Banker

Trojan ini dirancang untuk menyerang akun keuangan Anda. Peretas menggunakannya untuk mencuri informasi perbankan online seperti data perbankan, kartu kredit, pembayaran tagihan, dan lain-lain.

Downloader Trojan

Downloader Trojan dikembangkan oleh peretas untuk mengunduh dan menginstal versi baru dari program berbahaya lainnya di komputer korban. Trojan ini biasanya akan menargetkan komputer Anda yang sudah terinfeksi sebelumnya.

Rootkit Trojans

Rootkit dikembangkan perteas dengan tujuan untuk menyembunyikan atau mengaburkan objek di komputer yang terinfeksi. Serangan ini dilakukan untuk memperpanjang waktu program berbahaya dapat berjalan di perangkat Anda tanpa terdeteksi.

SMS Trojan

Trojan juga dapat menginfeksi perangkat seluler, salah satunya adalah SMS Trojan ini. Ketika SMS Trojan menginfeksi perangkat seluler, trojan dapat membuat korban berlangganan pesan tarif Premium. Akibatnya tarif premium akan menaikkan biaya telepon korban.

Baca Juga: Dampak Buruk yang Ditimbulkan Oleh Serangan Malware

Tips Menghindari Trojan

Mengetahui apa itu Trojan serta banyaknya jenis trojan yang dapat menyerang, maka terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk melindungi perangkat atau sistem Anda. Peretas selalu mencari cara untuk dapat mengakses data-data penting Anda. Oleh karena itu, cyber security perlu diprioritaskan. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah :

  • Jangan mengunjungi situs web yang tidak aman
  • Tidak membuka link di email yang berasal dari pengirim yang mencurigakan.
  • Jangan mengunduh atau menginstal program dari pihak ketiga yang tidak bisa dipercaya.
  • Jika Anda adalah pemilik web atau aplikasi, maka Anda perlu memeriksa apakah sistem yang Anda kembangkan memiliki kerentanan. Peretas dapat memanfaatkan kerentanan pada sistem untuk menyebarkan berbagai jenis malware. Jika ditemukan terdapat kerentanan di dalamnya, maka Anda harus segera menambal kerentanan tersebut.

Layanan Logique Digital Indonesia

Dengan semakin tingginya tingkat serangan cyber, Anda perlu memperkuat sistem keamanan Anda. Logique Digital Indonesia menawarkan jasa penetration testing yang akan membantu menguji sistem Anda untuk mengetahui apakah ada kerentanan di dalamnya. Kami memiliki tim IT Security bersertifikat yang akan memberi beragam solusi untuk mengamankan sistem Anda dari serangan hacker. Segera hubungi kami untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai layanan ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Sumber: pixabay.com https://pixabay.com/id/photos/keamanan-cyber-keamanan-internet-2851201/
Dampak Covid-19 terhadap Cyber Security

Bagaimana Dampak Covid-19 terhadap Cyber Security ?