Remote Working Indonesia: Bagaimana Kerja Remote di Indonesia ?

Bagaimana remote working Indonesia berjalan ? Sejak pandemi Covid 19, banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan sistem kerja remote atau remote working. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan dari penyebaran virus Corona di area perkantoran.

Sebelum pandemi Corona ada, tidak terlalu banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja ini. Namun pandemi ini akhirnya memaksa sebagai besar perusahaan melakukan sistem kerja remote atau work from home (WFH).

Setelah beberapa bulan berjalan, perusahaan melaporkan bahwa remote working memberi dampak positif untuk karyawan dan perusahaan. Tidak menutup kemungkinan, jika sistem kerja ini akan digunakan dalam jangka panjang. 

Jika Anda belum mengetahui bagaimana sistem remote working Indonesia, berikut kami sediakan informasinya untuk Anda.

Baca Juga: Keuntungan Sistem Kerja Remote untuk Perusahaan

Remote Working Indonesia: Apa itu Kerja Remote?

Remote working atau kerja remote adalah suatu sistem kerja dimana para karyawan atau para profesional di dalamnya dapat bekerja di luar lingkungan kantor. Atau dengan kata lain, karyawan tidak harus datang ke kantor untuk bekerja karena perusahaan mengizinkan mereka untuk bekerja di mana saja mereka mau.

Agar sistem ini dapat berjalan dengan baik, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh perusahaan maupun karyawan seperti aplikasi kerja remote, laptop, serta koneksi internet yang kuat.

Dalam remote working, karyawan beserta timnya akan bekerja dari lokasi yang berbeda. Oleh karena itu, agar tim tetap bisa menjaga komunikasi dan bekerja sama dalam menyelesaikan sebuah proyek, mereka akan menggunakan aplikasi atau tools yang terhubung dengan jaringan internet. Itulah sebabnya mengapa jaringan internet memiliki peran yang penting dalam remote working.

remote working indonesia

Tipe-Tipe Remote Working Indonesia

Full Remote Working

Full remote working berarti karyawan akan bekerja secara full time dari jarak jauh. Perusahaan mungkin saja memiliki kantor fisik, namun mereka tidak mewajibkan karyawannya untuk bekerja di kantor. Karyawan akan diberikan kebebasan untuk bekerja dari lokasi mana pun yang mereka mau bahkan di kota yang berbeda.

Meskipun karyawan bekerja dari jarak jauh, karyawan tetap akan mendapatkan hak-hak mereka seperti perkembangan karir, tunjangan kesehatan, asuransi, dan lain-lain. Sistem remote working Indonesia ini sudah mulai banyak diaplikasikan oleh beberapa perusahaan. Dengan sistem ini perusahaan juga memungkinkan untuk bisa mendapatkan karyawan dengan skill terbaik dari berbagai kota di Indonesia tanpa perlu mengkhawatirkan lokasi domisili yang berbeda.

Flexible Remote Working

Tipe kerja ini memberikan fleksibilitas lokasi dan jadwal untuk karyawannya. Karyawan diperbolehkan untuk bekerja secara remote, namun dalam waktu tertentu karyawan harus bekerja dari kantor. Biasanya perusahaan sudah menentukan jadwal agar masing-masing karyawan memiliki kesempatan kerja remote setiap minggunya.

Karena tipe remote working ini masih mengharuskan karyawan untuk datang ke kantor dalam dalam waktu tertentu, terkadang karyawan diharuskan untuk berada di lokasi atau kota yang sama dengan kantor mereka. Hal ini diberlakukan agar karyawan lebih mudah untuk datang ke kantor ketika perusahaan meminta karyawan datang ke kantor untuk urusan tertentu.

Freelancer

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah freelancer. Freelancer menjadi salah satu tipe dari sistem remote working Indonesia. Ketika menjadi seorang freelancer, Anda akan dikontrak untuk mengerjakan suatu proyek. 

Mereka dapat bekerja secara fleksibel dan bisa menentukan jam kerja serta biaya atau harga dari jasa yang mereka berikan. Oleh karena itu, para freelancer juga sering menyebut dirinya sebagai wirausahawan karena mereka bekerja dan menjalankan bisnisnya sendiri. Para pekerja penuh biasanya juga mengambil projek freelancer untuk mendapatkan uang tambahan atau hanya karena ingin mengerjakan tugas yang sesuai dengan passion mereka.

Baca Juga: Tools ini Akan Membantu Anda ketika Bekerja Secara Remote

Bagaimana Pengaruh Remote Working di Indonesia?

Setelah sistem kerja remote berjalan selama beberapa bulan, ternyata perusahaan dan karyawan dapat merasakan beberapa dampak positif.

Remote working memang memiliki sistem kerja yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan sistem kerja tradisional. Dengan sistem ini, karyawan tidak lagi merasa kelelahan karena harus menempuh jarak jauh menuju kantor atau macet di perjalanan. Hal tersebut akhirnya berdampak pada penurunan tingkat stress karyawan sehingga dapat lebih fokus ketika bekerja. 

Dari penelitian yang dilakukan oleh www.robertwalters.co.id diketahui bahwa 5 dari 7 karyawan di Indonesia menunjukkan kepuasan dengan sistem remote working. Penelitian tersebut juga menginformasikan bahwa produktivitas karyawan tetap terjaga dengan baik, bahkan diketahui karyawan juga mengalami peningkatan produktivitas selama bekerja di rumah. Akibatnya, banyak karyawan yang berharap jika perusahaan mereka dapat mengaplikasikan sistem kerja remote ini untuk jangka panjang.

Sistem kerja ini tidak hanya menguntungkan karyawan namun juga pihak perusahaan. Perusahaan atau kantor dapat menghemat pengeluaran untuk biaya operasional.

Sistem ini memang membawa banyak keuntungan, namun perlu diketahui remote working Indonesia masih memiliki beberapa masalah, salah satunya adalah stabilitas internet. Koneksi internet yang tidak cukup kuat membuat karyawan kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan meeting online.

Meskipun demikian, banyak ahli yang menyatakan bahwa metode kerja jarak jauh ini akan tetap bertahan di masa datang. Untuk mempersiapkan agar remote working Indonesia dapat berjalan untuk jangka panjang, perusahaan diharapkan dapat mempersiapkan beberapa hal dengan baik. Perusahaan dapat mempersiapkan kebijakan kerja remote, aplikasi kerja remote, serta memperhatikan kesehatan mental karyawan yang mungkin muncul karena kurangnya interaksi sosial.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memiliki kebijakan kerja remote di Indonesia. Logique merupakan konsultan IT dengan beragam layanan seperti jasa pembuatan website, pengembangan aplikasi mobile, optimasi SEO, dan lain-lain. Anda dapat mengunjungi halaman karir Logique untuk mengetahui lowongan kerja remote yang sedang dibutuhkan.

Logique juga mengembangkan aplikasi kerja remote bernama Dokodemo-Kerja untuk memudahkan perusahaan-perusahaan dalam menjalankan sistem kerja remote. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts