Fungsi Blog untuk SEO : Mengapa Website Membutuhkannya ?

Pada dasarnya, fungsi blog adalah untuk menyampaikan berbagai informasi. Namun di sisi lain, ternyata blog juga dapat memberikan pengaruh pada peringkat website di halaman mesin pencari.

Sekitar 20 tahun yang lalu, blogging menjadi suatu hal yang sangat populer. Pada saat itu, blog adalah personal website yang biasanya diisi tentang rutinitas, pengalaman, atau pemikiran dari sang penulis blog.

Saat ini, penggunaan blog sudah semakin populer. Kehadirannya tidak hanya ditemukan dalam web personal namun juga untuk website perusahaan. Banyak perusahaan yang memanfaatkan blog untuk menjelaskan layanan mereka, berbagi info terbaru tentang perusahaan mereka, dan masih banyak lagi.

Selain itu, banyak perusahaan yang memanfaatkan blog dan mengoptimalkannya untuk memperoleh peringkat yang tinggi di halaman mesin pencari. Jadi, selain berguna sebagai media untuk berbagai informasi, fungsi blog ternyata juga dapat membantu memperbaiki peringkat website Anda di Google. Jika saat ini Anda belum mengetahui apa saja fungsi blog untuk SEO, berikut kami sediakan informasinya untuk Anda. 

Apa Pengaruh dan Fungsi Blog bagi SEO ?

  1. Blog membuat website memiliki content yang fresh

Google tidak ingin memberikan informasi yang sudah usang kepada penggunanya. Oleh karena itu, mereka akan lebih memprioritaskan website yang rutin melakukan pembaruan untuk ditampilkan di halaman pertamanya. Anda mungkin tidak bisa melakukan pembaruan content yang ada pada halaman beranda atau halaman layanan setiap hari.

Di sinilah fungsi blog dibutuhkan oleh sebuah website. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menyediakan blog di halaman website Anda. Dengan mengupdate atau memposting content baru setiap di halaman blog Anda, Google akan menangkapnya sebagai sinyal bahwa situs web Anda masih aktif dan memiliki content yang selalu fresh.

fungsi blog

  1. Blog membuat pengunjung web berlama-lama di web Anda

Fungsi blog yang selanjutnya adalah dapat membuat pengunjung web lebih lama berada di halaman website Anda. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, Google merupakan search engine yang mengutamakan user experience yang baik. Website yang dapat membuat pengunjung berlama-lama di dalamnya akan dianggap sebagai website yang dapat memenuhi kebutuhan user.

Sebaiknya, ketika membuat blog, Anda membuat artikel berkualitas serta mendalam. Hal tersebut dapat membuat pengunjung web lebih lama lagi ketika membaca isi blog Anda. Selain itu, buat internal link yang mengarah ke blog atau artikel yang berkaitan di website Anda. Dengan link tersebut, Anda dapat menawarkan bacaan lain yang mungkin menarik minat pengunjung web sehingga mereka dapat lebih lama berada di halaman web Anda. 

  1. Dapat menargetkan long tail keyword

Long tail keyword adalah kata kunci spesifik yang biasanya menggunakan tiga sampai empat frasa. Dengan memiliki halaman blog, Anda bisa membuat content dengan long tail keyword yang spesifik serta relevan dengan produk atau layanan Anda.

Metode menggunakan long tail keyword termasuk strategi SEO yang baik. Yoast.com di halamannya menginformasikan bahwa long tail keyword lebih mudah untuk menghasilkan peringkat yang baik daripada kata kunci pendek yang lebih umum. Hal ini terjadi karena tidak banyak website yang menggunakan jenis keyword ini.

Selain itu, dengan long tail keyword Anda dapat membuka peluang lebih besar untuk menghasilkan konversi di website Anda. Sebagai contoh, jika perusahaan Anda menjual bahan-bahan untuk membuat kue, Anda dapat membuat blog dengan keyword “bagaimana cara membuat kue”. Kemudian di dalam artikel tersebut, Anda dapat menyisipkan pesan promosi untuk menggunakan bahan kue yang Anda jual. Dengan demikian, dari blog tersebut, Anda dapat menghasilkan penjualan. 

Baca Juga: 4 Tools Gratis yang Dapat Digunakan untuk Riset Kata Kunci

  1. Dapat membuat internal link di dalam blog

Fungsi blog yang lain adalah kesempatan yang besar untuk membuat internal link. Link building merupakan salah satu hal yang dianggap penting dalam SEO.

Internal link adalah link yang mengarahkan suatu halaman ke halaman yang lain di dalam domain web yang masih sama. Internal link yang menghubungkan konten website Anda dapat memberi Google gambaran mengenai struktur situs website. Google akan mengikuti link tersebut untuk menemukan halaman atau konten yang ada di website Anda dan memberinya peringkat di halaman mesin pencari.

Ketika Anda memiliki blog, Anda dapat membuat artikel dan membangun internal link yang mengarah ke halaman tersebut. Dengan link tersebut, Anda dapat memberi panduan pada Google dan pengunjung website untuk menelusuri halaman lain yang ada di halaman website Anda.

  1. Memperoleh backlink

Fungsi blog yang selanjutnya adalah untuk mendapatkan backlink. Backlink juga memiliki peran penting dalam SEO. Dengan menyediakan konten blog yang berkualitas, Anda akan memiliki kesempatan untuk memperoleh banyak backlink dari berbagai website lain.

Google akan menilai setiap backlink yang mengarah ke website Anda sebagai sinyal bahwa artikel atau isi website Anda berkualitas dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, Google akan lebih memprioritaskan website Anda ketika memberi peringkat di mesin pencari.

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan jasa pembuatan website untuk perusahaan Anda. Kami juga menyediakan jasa optimasi SEO agar website Anda memperoleh peringkat yang baik di mesin pencari. Silakan klik Jasa Optimasi SEO kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan ini. Segera hubungi kami dan dapatkan beragam solusi menarik untuk meningkatkan performa website bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts