8 Plugin WordPress untuk Meningkatkan Performa WordPress Anda

WordPress adalah salah satu Content Management System (CMS) open source populer yang digunakan untuk membangun situs website. Saat ini sudah ada beragam plugin WordPress yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan situs web Anda serta meningkatkan performa di dalamnya. Bahkan tidak sedikit diantara plugin tersebut yang disediakan secara gratis.

Plugin adalah perangkat lunak yang berisi sekelompok fungsi yang dapat ditambahkan ke dalam situs WordPress Anda. Plugin ini dapat memperluas fungsionalitas baru ke situs web WordPress.

Dengan plugin WordPress, pengguna dapat menambahkan berbagai fitur seperti toko online, galeri foto, bahkan untuk optimasi SEO. Jika Anda adalah salah satu pengguna CMS ini, terdapat beberapa plugin WordPress yang sebaiknya Anda instal. 

8 Rekomendasi Plugin WordPress

  1. Elementor Page Builder

Elementor page builder adalah plugin yang dapat menggantikan fungsi editor WordPress yang masih sangat basic. Plugin ini menggunakan live frontend editor sehingga Anda dapat mengatur layout dan desain website.

Untuk menggunakan Elementor Page Builder ini, Anda tidak memerlukan pengetahuan mengenai coding. Anda cukup menggunakan fitur “drag and drop” untuk mengatur tampilan website Anda. Elementor juga dapat berjalan dengan baik untuk semua tema WordPress.  

  1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah salah satu plugin paling populer untuk WordPress.  Plugin WordPress ini memiliki berbagai fitur dan tools yang Anda butuhkan untuk meningkatkan SEO on page pada halaman website Anda.

Dengan Yoast SEO, Anda dapat mengatur keyword, menambahkan meta tags, membuat sitemaps, menghubungkannya dengan Google Search Console, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan untuk mengoptimalkan konten yang Anda posting agar memperoleh peringkat yang tinggi di halaman pencarian Google. 

  1. WooCommerce

WooCommerce adalah plugin E-commerce untuk mengembangkan toko online melalui WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda untuk bisa menjual produk dan layanan di WordPress. Di dalamnya terdapat fitur untuk mengelola inventaris toko, shipping, menambahkan rating dan review, mengatur sistem pembayaran yang aman, dan lain-lain. 

WooCommerce memiliki sistem yang mudah dioperasikan bahkan untuk para pemula. Dengan WooCommerce, siapa pun dapat menjalankan toko online profesional dari situs WordPress mereka.

  1. Jetpack

Jetpack mempunyai kumpulan fitur untuk mengoptimalkan performa website WordPress. Ketika menggunakan Jetpack, Anda dapat meningkatkan performa web Anda, yaitu:

  • Customize website dengan tema-tema gratis serta beragam konten.
  • Meningkatkan web traffic: Anda dapat menambahkan tombol social share sehingga dapat meningkatkan kunjungan pada website Anda.
  • Meningkatkan keamanan web: Jetpack memiliki fitur IT security untuk melindungi web Anda dari serangan brute force.

plugin wordpress

Baca Juga: Tips dari Penyedia Jasa SEO Jakarta dalam Meningkatkan Traffic Web WordPress

  1. W3 Total Cache

W3 Total Cache juga menjadi salah satu plugin WordPress yang populer serta digunakan oleh banyak orang. Plugin ini dapat membantu Anda untuk mengatasi dan mengelola cache. Dengan W3 Total Cache, website Anda dapat bekerja dengan lebih cepat ketika diakses pengunjung web.

Perlu Anda ketahui, page speed menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat web di mesin pencari. Dengan W3 Total Cache Anda dapat mengelola pagespeed website menjadi lebih cepat sehingga peluang untuk mendapat peringkat tinggi di Google menjadi semakin besar.

Selain itu, pengunjung juga menyukai website dengan speed yang cepat. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan user experience sehingga dapat menghasilkan konversi yang lebih baik.

  1. MonsterInsights

MonsterInsights adalah plugin Google Analytic untuk WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan situs web WordPress Anda dengan Google Analytic. Dengan demikian, Anda dapat melakukan data tracking dan melihat bagaimana orang-orang dapat menemukan website Anda serta behavior para pengunjung ketika membuka website Anda.

Data-data tersebut tentu akan sangat berguna untuk meningkatkan performa situs web WordPress. Anda bisa menganalisis dan menggunakannya untuk mencari strategi terbaik untuk meningkatkan web traffic serta konversi yang dihasilkan.

  1. WPForms

Situs website membutuhkan contact form agar pengunjung website dapat menghubungi pemilik website. Untuk menambahkan contact form Anda bisa menggunakan WPForms.

WPForms adalah plugin contact form yang ramah pengguna untuk web WordPress. Plug in ini dapat membuat contact forms, formulir untuk langganan email, formulir pesanan online, formulir pembayaran, dan berbagai formulir online lainnya. 

WPForms ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai platform pemasaran dan pembayaran populer, sehingga Anda dapat membuat formulir yang kuat dalam waktu yang singkat.

  1. Sucuri

Keamanan website harus menjadi salah satu hal yang Anda prioritaskan ketika mengembangkan website. Untuk mengatasi serangan cyber crime, Anda bisa menggunakan plugin WordPress Sucuri.

Plugin WordPress ini dapat memantau dan melindungi situs web Anda dari serangan cyber crime seperti DDoS, ancaman malware, brute force, XSS, dan lain-lain. Plugin ini dapat membantu mengamankan web Anda, namun untuk sistem keamanan yang lebih baik Anda juga bisa mencari jasa penetration testing untuk keamanan ekstra pada website Anda.

Baca Juga: Begini Cara Mencegah Serangan Terhadap Akun WordPress Anda

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan berbagai layanan untuk mengembangkan bisnis Anda di era digital seperti saat ini. Kami memiliki jasa pengembangan website, pembuatan aplikasi mobile, penetration testing, digital marketing serta optimasi SEO. Silakan kunjungi halaman Layanan Logique atau hubungi kami untuk mendapat informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts