Cara Membuat Instagram Shopping untuk Toko Online Anda

Fitur Instagram Shopping telah disediakan oleh Instagram untuk memudahkan pengguna ketika ingin berbelanja melalui platform mereka. Pada dasarnya, Instagram (IG) adalah media sosial untuk berbagi foto dan video. Namun dengan semakin banyaknya jumlah pengguna Instagram, para pelaku bisnis mulai memanfaatkan platform tersebut untuk mempromosikan jasa dan produk yang mereka miliki.

Berdasarkan data yang diperoleh dari socialmediatoday.com diketahui bahwa terdapat sekitar 1 milyar pengguna yang menggunakan Instagram setiap bulannya. Selain itu, terdapat sekitar 200 juta user yang mengunjungi akun bisnis atau profil bisnis setiap harinya. Dengan strategi social media marketing yang baik, platform ini juga dapat berfungsi sebagai media penjualan yang cukup kuat. 

Ketika membuka Instagram, Anda dapat menemukan banyak online shop yang sudah memanfaatkan fitur Instagram Shopping ini. Jika Anda juga tertarik untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping di akun Anda, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 5 Tips Menjalankan Sosial Media Marketing bagi Bisnis Anda

instagram shopping

Apa Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk memberi tag harga dan nama produk pada foto produk atau story yang mereka posting di Instagram. 

Ketika user mengetuk label produk tersebut, maka user akan diarahkan di halaman deskripsi produk yang berisi beberapa informasi, yaitu :

  • Gambar produk 
  • Deskripsi produk
  • Harga produk
  • Tautan yang dapat mengarahkan user menuju situs web Anda untuk melakukan pembelian.

Dengan fitur ini, user atau konsumen dapat mengetahui harga barang yang dijual tanpa harus mengunjungi website atau menghubungi customer service untuk mengetahui harga produk tersebut.

Sebenarnya fitur Instagram Shopping juga memungkinkan pengguna untuk langsung melakukan pembayaran di Instagram. Namun sampai saat ini, fitur tersebut baru bisa digunakan oleh user bisnis yang berada di AS serta sejumlah bisnis tertentu.

instagram shopping
Sumber: Instagram Jaspersboutique

Cara Membuat Instagram Shopping

Untuk membuat Instagram Shopping di akun Anda, maka terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Jika Instagram dan Facebook telah meninjau dan memberi Anda akses, maka Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut.

Syarat Mengaktifkan Instagram Shopping

Untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu :

  1. Akun IG yang digunakan adalah akun bisnis.
  2. Harus menjual produk fisik. Akun bisnis yang menjual jasa belum bisa menggunakan fitur ini.
  3. Instagram Anda harus terhubung dengan Facebook Page bisnis Anda.
  4. Akun bisnis Anda harus memenuhi standar kebijakan perdagangan yang disediakan Instagram dan Facebook. Untuk mengetahui kebijakan tersebut, silakan cek di sini 
  5. Terhubung dengan katalog produk di Facebook. Anda dapat membuat katalog baru atau menghubungkannya katalog yang sudah ada.

Jika Anda ingin membuat katalog baru, Anda dapat menggunakan Catalogue Manager dan pilih “e-commerce “. Upload gambar produk Anda di dalam katalog tersebut beserta penjelasannya seperti nama produk, harga, link website dan lain-lain. Ketika katalog Anda sudah selesai dibuat, Anda dapat menghubungkannya dengan akun IG Anda. 

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, maka selanjutnya Anda perlu mengaktifkan fitur Instagram Shopping di akun Anda. 

Baca Juga: 5 Cara untuk Meningkatkan Social Media Engagement

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Setelah akun Anda disetujui untuk menggunakan Instagram Shopping, sekarang saatnya untuk mengaktifkan fitur tersebut di profil Anda. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Buka profil IG Anda.
  2. Buka setting atau pengaturan
  3. Click “Business”.
  4. Click “Sign Up for Shopping”. 
  5. Pilih “Accept Term”

Instagram dan Facebook akan meninjau akun Instagram Anda terlebih dahulu. Biasanya proses ini membutuhkan beberapa hari, namun terkadang Instagram membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Jadi, Anda harus menunggu sampai proses ini selesai terlebih dahulu. Ketika akun sudah terverifikasi, Instagram akan memberikan notifikasi pemberitahuan kepada Anda.

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini di Instagram, sekarang Anda bisa menandai produk atau memberi tag pada postingan serta story toko online Anda.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menandai produk di postingan Anda:

  1. Masuk ke akun IG bisnis Anda.
  2. Masuk ke Instagram setting.
  3. Setelah akun terverifikasi oleh IG. Anda akan melihat menu shopping. Click menu shopping tersebut.
  4. Pilih katalog.
  5. Upload foto dan pilih tag product. Anda dapat menandai 5 produk sekaligus untuk setiap konten yang Anda posting.

Setelah fitur ini aktif, Anda juga dapat memberi tag pada konten lama yang sudah Anda posting sebelumnya. Click edit pada konten yang ingin Anda ubah, dan pilih “tag product”.  Dengan menggunakan fitur ini, baik penjual maupun pembeli akan memperoleh kemudahan untuk ketika berbelanja di Instagram.

Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan beragam layanan untuk Anda. Kami memiliki jasa pembuatan website dan aplikasi, digital marketing, optimasi SEO, dan jasa penetration testing. Jika Anda inginmengembangkan bisnis online Anda, silakan hubungi kami. Logique memiliki beragam solusi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Click Layanan Logique untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts