Apa Itu PBN (Private Blog Network) ? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa itu PBN ?Jika Anda tertarik dengan dunia SEO, mungkin Anda sudah mengetahui apa itu PBN (Private Blog Network). PBN merupakan salah satu teknik yang digunakan para pemilik website untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari. PBN juga dianggap dapat menghasilkan backlink yang bisa memberi dampak positif pada website Anda.

Meskipun demikian, penggunaanya masih menimbulkan pro kontra. Hal ini terjadi karena PBN rawan terkena penalty dari Google. Jika Google memberikan penalty, tentu website Anda akan memperoleh dampak buruk seperti kehilangan peringkat, kehilangan traffic, dan lain-lain. Lalu sebenarnya apa itu PBN ? Berikut informasinya untuk Anda.

Apa itu PBN (Private Blog Network) ? 

PBN (Private Blog Network) adalah website yang digunakan untuk membangun link sehingga dapat memberikan otoritas ke situs web lain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peringkat suatu website di halaman mesin pencari.

Pada dasarnya, PBN merupakan website atau blog biasa. Namun isi website tersebut ditujukan untuk membangun atau mendapatkan backlink yang berkualitas. Backlink adalah link dari website eksternal yang mengarah pada suatu website. 

Ketika website memperoleh banyak backlink, maka Google akan menilai bahwa web tersebut memiliki kualitas yang baik dan dipercaya oleh banyak user. Hal inilah yang membuat Google memberikan peringkat yang baik untuk website tersebut di halaman mesin pencari.

Pada umumnya, PBN dibangun dari situs website berkualitas dengan domain yang sudah expired. Biasanya domain tersebut memang sengaja tidak diperpanjang oleh pemilik web atau mungkin pemilik web lupa untuk memperpanjang masa aktif domain tersebut. Para pemilik web yang lain kemudian memanfaatkan domain tersebut untuk membangun situs PBN.

Meskipun teknik ini sudah digunakan secara umum selama bertahun-tahun, namun penggunaannya masih memiliki resiko. Teknik ini juga dianggap sebagai Grey Hat Method dalam SEO.

Jika terlalu berlebihan dalam link building serta tidak mematuhi pedoman Google, maka Google akan menganggapnya sebagai tindakan manipulasi. Akibatnya, website dapat kehilangan traffic organik atau bahkan hilang dari halaman pencarian.

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

APA ITU PBN

Bagaimana Pro Kontra dari Penggunaan PBN?

Setelah Anda mengetahui apa itu PBN, Anda dapat menilai bahwa PBN memiliki pro dan kontra. Sisi positifnya adalah PBN dapat memberi dampak positif pada peringkat web, namun jika tidak dilakukan dengan benar PBN justru dapat merugikan website Anda sendiri

Kelebihan Penggunaan PBN

Seperti yang sudah Anda ketahui, algoritma Google masih menggunakan link sebagai salah satu sinyal dalam menentukan peringkat web di halaman mesin pencarinya. Backlink akan membantu memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa website yang ditautkan di halaman mereka cukup terpercaya.

Pada umumnya, backlink berkualitas dapat didapat dengan berbagai cara seperti guest blogging, link insertions, membuat konten berkualitas, bekerjasama dengan influencer, atau yang lain. Namun cara tersebut biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itulah, banyak orang membangun PBN agar proses link building dapat berjalan dengan cepat dan mudah.

Dengan PBN, pemilik web memiliki otoritas untuk mengarahkan link web yang akan dituju serta bagaimana link tersebut akan ditampilkan, apakah dalam bentuk anchor text atau yang lain. Dengan cara ini, pemilik web juga memiliki kontrol dalam link building yang baik sehingga akan membawa dampak positif untuk web lain yang ditautkan di dalamnya. Beberapa keuntungan tersebut seperti memperoleh link juice berkualitas, meningkatkan peringkat website, serta meningkatkan jumlah web traffic.

Kekurangan Penggunaan PBN

Penggunaan PBN memang terlihat bagus, namun tetap saja hal ini membawa resiko untuk website Anda. Jika Google mengetahui Anda melakukan manipulasi link building, maka website Anda akan terkena hukuman atau Google penalty . Hal ini tentu akan membawa dampak buruk pada website Anda seperti turunnya peringkat website sampai kehilangan traffic dari pencarian organik.

Google biasanya akan mencurigai sebuah situs website jika website tersebut memiliki sedikit aktivitas di dalamnya, jarang melakukan pembaruan, serta tidak memiliki internal link di dalamnya. Google juga memiliki tim khusus yang akan memeriksa dan meninjau situs website dan link yang diperoleh secara manual. Kemudian, mereka akan menentukan apakah link tersebut terlihat natural.  

Oleh karena itu, jika situs PBN Anda tidak ingin dicurigai oleh Google, maka Anda harus tetap memelihara situs PBN Anda dengan baik. Jika Anda gagal dalam tinjauan manual ini, maka website Anda memiliki resiko terkena hukuman.

Selain itu, kekurangan lain dari PBN adalah proses pembuatannya yang cukup rumit. Biaya yang dibutuhkan pun cukup tinggi jika ingin membangun PBN yang dapat memberi hasil yang maksimal.

Itulah penjelasan mengenai apa itu PBN. Kesimpulannya, setelah Anda mengetahui apa itu PBN serta pro kontra di dalamnya,  Anda dapat menentukan apakah akan menggunakan metode ini atau tidak. Namun perlu diperhatikan, jika Anda memutuskan untuk menggunakan PBN sebagai cara cepat untuk mendapatkan backlink, Anda harus memahami bahwa cara tersebut tetap membawa resiko yang kurang baik untuk performa website Anda sendiri.

Baca Juga: Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking?

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat web, Anda dapat menggunakan jasa optimasi SEO yang kami berikan. Kami juga memiliki jasa digital marketing yang dapat membantu Anda dalam pemasaran produk dan layanan melalui media digital. Silakan hubungi kami atau klik jasa optimasi SEO untuk mendapat informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts