5 Cara untuk Meningkatkan Social Media Engagement

Social media engagement yang kuat dapat menjadi pertanda bahwa suatu perusahaan atau brand membawa impact untuk konsumen. Social media engagement juga tidak hanya akan membuat perusahaan Anda terlihat populer, namun juga menjadi pertanda bahwa perusahaan dan pelanggan memiliki hubungan yang baik.

Di era serba digital seperti saat ini, social media dapat dijadikan sebagai media pemasaran yang baik. Dengan meningkatkan engagement, perusahaan dapat menarik lebih banyak target audiens dan berkembang menjadi lebih besar.

Apa Itu Social Media Engagement ?

Social media engagement adalah interaksi antara konsumen dengan brand Anda melalui platform social media yang dapat dilihat dari jumlah like, komen dan share. Dalam social media engagement, jumlah follower tidak terlalu menjadi perhatian karena ukuran kesuksesan media sosial adalah dari keterlibatan follower atau user dengan brand Anda.

Bayangkan jika Anda memiliki ratusan ribu follower namun tidak ada satupun follower yang memberi komentar ataupun like. Platform social media Anda akan tetap terlihat mati karena tidak ada interaksi di dalamnya.

Social media engagement memiliki peran penting untuk bisnis Anda. Engagement yang diperoleh dapat menunjukan berapa banyak orang yang memperhatikan dan berinteraksi dengan brand Anda setiap harinya. Dengan meningkatkan social media engagement, sebuah perusahaan dapat memperoleh keuntungan lebih tinggi, brand awareness, serta memperoleh lebih banyak konsumen baru.

Baca Juga: 4 Tips Membuat Caption Instagram untuk Meningkatkan Engagement

Bagaimana Cara Meningkatkan Social Media Engagement?

  1. Lakukan Analisa

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan analisa untuk mengetahui bagaimana social media engagement perusahaan Anda. Catat jumlah follower saat ini serta berapa jumlah rata-rata like dan komentar yang didapat untuk setiap konten yang Anda posting. Dengan data tersebut Anda dapat mengetahui bagaimana pertumbuhan social media Anda. Selain itu, Anda juga perlu melakukan monitoring pada social media Anda untuk mengetahui konten seperti apa yang mampu menarik banyak engagement.

  1. Kenali siapa target audiens Anda

Untuk mendapatkan engagement yang baik, sebuah perusahaan tentu harus mengetahui siapa target audiensnya. Perusahaan harus mengetahui bagaimana style mereka, usia, gaya bahasa, nada berbicara, dan lain-lain.

Dengan mengenali target audiens, perusahaan dapat terbantu dalam beberapa hal, seperti:

  • Social media seperti apa yang menarik bagi mereka (brand lain atau pesaing Anda)
  • Menentukan waktu yang tepat untuk mempublish konten
  • Jenis konten yang disukai
  • menentukan ciri khas perusahaan

social media engagement

  1. Sediakan konten yang bernilai

Setelah Anda mengenali siapa target audiens Anda, sekarang saatnya membuat konten yang memiliki nilai bagi audiens. Konten yang berkualitas atau memiliki nilai adalah konten yang dapat memenuhi kebutuhan atau menjawab masalah audiens. Konten juga harus tetap relevan dengan brand perusahaan Anda.

Untuk mendapatkan engagement maka konten tidak hanya berisi informasi mengenai produk, namun juga harus dapat menarik percakapan lebih lanjut. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan kalimat tanya agar audiens terdorong untuk meninggalkan komentar.

Gunakan kreativitas Anda untuk membuat berbagai jenis konten. Beberapa tipe konten untuk social media yang bisa Anda buat seperti:

  • Konten polling
  • Video
  • UGC atau User Generated Content
  • Kuis
  • Humor
  • Q & A (Questions and Answers)
  • dan lain-lain

Setelah Anda memposting berbagai jenis konten tersebut, Anda dapat menganalisis konten seperti apa yang paling banyak mendapat engagement. Setelah itu, sesuaikan kembali jenis konten tersebut dengan informasi yang lain untuk konten posting berikutnya.

  1. Membuat konten yang up to date

Salah satu cara mendapatkan engagement yang tinggi adalah dengan berpartisipasi membuat konten yang berhubungan dengan momen yang sedang trending atau viral. 

Sebagai contoh, Anda dapat membuat konten dengan topik film populer yang sedang banyak dibicarakan orang, lalu kaitkan konten tersebut dengan brand atau produk Anda.  Atau jika Anda menggunakan Twitter sebagai media pemasaran, Anda dapat membuka fitur Top Trend untuk melihat peristiwa apa yang sedang menjadi trending topic saat ini. Manfaatkan momen tersebut untuk membuat konten posting yang berguna untuk konsumen atau target audiens Anda.

Strategi ini dapat dimanfaatkan dengan tepat oleh Netflix US di Twitter. Mereka membuat konten yang berhubungan dengan topik yang sedang trending. Konten tersebut adalah gabungan animasi GIF dengan potongan acara yang sedang populer. Dengan konten tersebut, Netflix US dapat memperoleh banyak like, share (retweet), serta komentar.

  1. Jaga komunikasi

Agar konsumen atau target audiens tetap terlibat dengan social media perusahaan Anda, maka Anda harus terus menjaga komunikasi dengan baik. Sebisa mungkin Anda menjawab direct message, mention, atau comment yang masuk dengan cepat. Hal ini juga dapat menunjukan bahwa perusahaan atau brand peduli dengan konsumennya.

Selain menjawab pertanyaan dari konsumen, Anda juga bisa memulai percakapan dengan orang yang mempunyai peluang untuk mempromosikan brand Anda. Perlu diperhatikan, ketika berbicara dengan konsumen melalui platform social media, Anda harus menunjukkan human sign agar konsumen tidak merasa sedang berbicara dengan robot. Anda bisa menggunakan emoticon atau nada yang hangat dan ramah.

Baca Juga: Google Ads Vs Facebook Ads: Iklan Digital Mana yang Harus Digunakan ?

Layanan Logique Digital Indonesia

Jika Anda ingin meraih banyak keuntungan melalui platform digital, Logique dapat membantu Anda untuk mengatasinya. Logique Digital Indonesia memiliki jasa digital marketing dan jasa optimasi SEO untuk meningkatkan performa website Anda. Kami memiliki tim profesional yang siap membantu Anda. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts